Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
UII Adakan MTQ Mahasiswa 2010 E-mail
Wednesday, 01 September 2010

ImageUniversitas Islam Indonesia melalui Direktorat Pengembangan Minat Bakat dan Kesejahteraan Mahasiswa (DPBMKM) telah mengadakan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) 2010. Bertempat di Fakultas Teknologi Industri (FTI) dan Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI), Acara tersebut berlangsung sejak 23-25 Agustus. Perlombaan ini melibatkan Mahasiswa dan Mahasiswi yang menjadi wakil fakultas masing-masing yang ada di lingkungan universitas.

Meskipun bertepatan dengan bulan Ramadhan, namun hal  tersebut tidak menyurutkan antusiasme peserta dari fakultas masing-masing. Terbukti dengan banyaknya peserta yang mengikuti musabaqah. Cabang lomba yang diadakan pada tahun ini adalah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Tartil Qur’an (MTrQ), Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), Musabaqah Khattil Qur’an (MKQ), Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ), Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ) dan Lomba Karya Tulis al-Qur’an (LKTQ). Tercatat peserta terbanyak adalah dalam cabang Hifdzil Qur’an yang diikuti 26 peserta, dan diikuti pada cabang lain dengan jumlah yang tidak jauh berbeda.

Pengumuman para pemeroleh juara pada MTQ kali ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Nuzulul  Qur’an bertempat di Masjid Ulil Albab, Universitas Islam Indonesia pada 27 Agustus yang di isi oleh ust. Sholihudin, S.Q. al-Hafidz. Dalam salah satu pesannya beliau mengatakan bahwa mengingat banyaknya generasi muda yang kurang memperhatikan Al-Qur’an, sehingga perlu ditumbuhkan lagi kecintaan generasi muda kepada Al-Qur’an. Di kesempatan lain Direktur PBMKM UII, Drs. A.F. Djunaidi, M.Ag. menyampaikan bahwa kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an semacam ini merupakan kegiatan yang sangat positif sebagai salah satu sarana untuk kembali menggali nilai-nilai yang ada di dalam kitab suci Al-Qur’an dikalangan Mahasiswa disamping untuk mempersiapkan kontingen UII untuk even-even serupa ditingkat yang lebih tinggi.

Setelah melalui proses penjurian, maka didapatkanlah pemenang-pemenang di masing-masing cabang musabaqah. Dibandingkan dengan MTQ tahun lalu, perolehan juara pada MTQ kali ini lebih merata. Hal ini tentu merupakan hal yang bagus karena menunjukan eksistensi mahasiswa yang peduli dengan Al-Qur’an di setiap fakultas, untuk meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an dikalangan mahasiswa. Berdasarkan perolehan juara terbanyak, maka pada MTQ kali ini, juara umum diraih oleh Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI).




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Pemilu UII 2014