Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia Telah dibuka pendaftaran PMB untuk Prodi Pendidikan Kimia, informasi lebih lanjut hubungi: 0274 898444 ext. 1234 Selamat atas diraihnya Akreditasi B oleh BAN PT pada Program Magister Ilmu Ekonomi UII Tes Kompetensi Online Mahasiswa Baru TA. 2014/2015 dimulai tanggal 21-30 September 2014
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Pustakawan UII Diminta Aktif Dalam Penelitian E-mail
Thursday, 20 January 2011

ImageSebagai langkah riil guna meningkatkan profesionalisme pustakawan dan kualitas perpustakaan di lingkungan Kampus UII, dinilai perlu adanya keaktifan pustakawan dalam melakukan peneliatian. Hingga saat ini jumlah pustakawan yang ada di UII  kurang lebih  berjumlah 30 orang. Program penelitian pustakawan sendiri merupakan terobosan baru yang dilakukan UII dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas perpustakaannya. Baru saja 6 pustakawan UII telah selesai melakukan penelitian yang dimulai pada tahun 2010.

Hal tersebut mendasari diadakannya seminar pustakawan yang diselenggarakan Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) bersama Direktorat Perpustakaan UII sebagai momen sosialisasi penelitian yang belum lama telah selesai dilakukan. Acara seminar berlangsung di Ruang Sidang DPPM Kampus Terpadu UII Jl. Kaliurang pada Rabu (19/1), dihadiri Direktur DPPM UII, Dr-Ing. Ir. Widodo Brontowiyono, M.Sc. serta Direktur Direktorat Perpustakaan UII Dr. Farham HM Saleh.

Dalam paparannya, Dr-Ing. Ir. Widodo Brontowiyono, M.Sc. menegaskan bahwa perpustakaan memiliki peranan penting dalam pencapaian menuju World Class University. Untuk itu, UII harus meningkatkan kuantitas dan kualitas perpustakaan dimulai dari peningkatan profesionalisme kinerja pustakawan. Perpustakaan diharapkan tidak hanya disiplin dalam men-download data terbaru melainkan juga memperbanyak uploading dan updating data terutama hasil karya ilmiah mahasiswa, dosen, dan karyawan.

Sementara itu, Dr. Farham HM Saleh menjelaskan bahwa terdapat dua hal arah pengembangan guna mewujudkan perpustakaan sebagai pusat layanan informasi bagi sivitas akademika UII dan masyarakat pelajar yang dilandasi dengan mengutamakan pelayanan Islami. Pertama, peningkatan kualitas SDM, yakni dengan pembangunan karakter dan integritas dalam  peningkatan kemampuan berkomunikasi dan melayani pemustaka (mahasiswa, dosen, karyawan, dan masyarakat umum) dan semua pustakawan secara menyeluruh. Kedua, upaya peningkatan dalam pengadaan koleksi, pelaksanaan program digitalisasi koleksi, dan dukungan aktif terhadap proses teaching dan reseach.

Perpustakaan Kian Teralienasi

Seiring dengan pesatnya kemajuan tekhnologi, perpustakaan sudah mulai terabaikan. masyarakat luas termasuk civitas akademika lebih mengutamakan akses internet guna mengetahui beragam informasi atau mencari literatur dalam penelitiannya. Hal ini sudah lumrah adanya, maka pengembalian citra perpustakaan butuh disegerakan.

Merujuk hal tersebut, DPPM bersama Direktorat Perpustakaan UII menghimbau para pustakawan untuk selalu meningkatkan mutu perpustakaan salah satunya dengan berpartisipasi aktif dalam penulisan karya ilmiah aplikatif atau terapan.

Dalam kesempatan tersebut, terdapat beberapa penelitian pustakawan yang diseminarkan  yakni Gaib Suwasana (Analisis Kecepatan Kerja Pengolahan Bahan Pustaka di Perpustakaan UII Yogyakarta), Sungadi, S.Sos (Hubungan Kepemimpinan Profetik Dengan Produktifitas Kerja Pustakawan UII), Muhammad Jamil (Peran Website Perpustakaan Dalam Peringkat Webometrik UII), Studi Program-Program Direktorat Pepustakaan Universitas Islam Indonesia Dalam Peningkatan Literasi Informasi dan Dampaknya Terhadap Pemustaka).




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!