Universitas Islam Indonesia

MENWA UII Sambut Kepengurusan Baru Periode 2011/2012 E-mail
Friday, 21 January 2011

ImageMerujuk pada Keputusan Musyawarah Kerja XXI No : 8/KEP/MENWAUII/I/2011, hari Kamis siang (20/1) Resimen Mahasiswa (MENWA) UII menyelenggarakan prosesi Serah Terima Jabatan Komandan dan Pelantikan Unsur Staf Menwa Universitas Islam Indoneisa periode 2011-2012 di Auditorium Fak. Teknologi Informatika (FTI) UII. Acara ini dihadiri oleh Direktur Kemahasiswaan UII, Drs. AF Junaidi, M.Ag serta jajaran lembaga kemiliteran yang ada di Yogyakarta, Polda DIY/ Kasubditkerma: AKBP Djundjung M., Yonif 403 /WP: Asmuni, Korem 072 / Pamungkas: Jawa Heru, Malanud Adi Sucipto: Junardi HS, Kaslops Lanal Yogyakarta: Rumadi, Kodim 0732 Sleman : Windu Kiyadi.

Penyerahan Jabatan Komandan ini diberikan kepada Vendy Prabowo sebagai Komandan baru periode 2011/2012 dengan Ratna Chaeranni sebagai wakilnya dari komandan lama periode 2009/2010 Nur Wachid Setiara dan wakilnya, Lutfi Febriana.

Menurut Ketua Panitia penyelenggara, M. Hidayatullah, acara serah terima jabatan dan pelantikan unsur staf ini seharusnya dilaksanakan pada bulan November 2010, namun pada bulan tersebut Yogyakarta khususnya daerah Sleman sedang dilanda bencana erupsi Merapi sehingga kegiatan ini diundur untuk sementara waktu guna mengutamakan program tanggap darurat bencana tersebut. Karenanya, acara Serah terima Jabatan Komandan ini baru dapat dilaksanakan pada Januari 2011. Dengan kata lain, masa jabatan komandan dan para unsur staf Resimen Mahasiswa (MENWA) UII periode 2009/2010 lebih lama dibandingkan waktu semestinya yakni 16 bulan.

Dalam sambutannya Nur Wachid Setiara mengucapkan terima kasih atas segala pengorbanan, kebersamaan, dan jiwa persatuan yang selama ini terbangun dalam setiap unsur staf dan anggota khususnya periode 2009/2010. Perjalanan selama 16 bulan merupakan perjalanan panjang yang telah memberikan berbagai pengalaman berarti.

“Setelah jabatan ini resmi diserahkan pada komandan baru periode 2011/2012, bukan berarti tanggung jawab dan komitmen dalam keanggotaan Menwa UII juga berakhir. Saya tetap akan mengabdi, memberikan dukungan, bantuan, dan pengorbanan seluruh jiwa bilamana diperlukan, kapanpun dan dimanapun saya berada,” pungkasnya.  

Sementara itu, komandan baru, Vendy Prabowo, mengucapkan terima kasih kepada komandan dan unsur staf periode 2009/2010 yang telah memberinya kepercayaan dalam mengemban amanah ke depan. Vendy pun berharap bahwa kerja sama dengan seluruh kelembagaan militer di Yogyakarta khususnya tetap bisa terjaga dan dapat ditingkatkan.

Tingkatkan Jiwa Patriotisme

Drs. AF Junaidi, M.Ag menegaskan bahwa menjadi seorang generasi penerus dalam menjalankan kepengurusan dalam organisasi pastinya banyak hal yang akan dihadapi. Jika pengurus periode baru itu melalukan peningkatan atau berhasil membuat suatu trobosan baru dalam pola kinerjanya maka hampir tidak ada yang menyanjung. Berbeda halnya jika hal sebaliknya terjadi, pengurus organisasi melakukan sedikit kesalahan, maka seluruh keluarga besar yang ada di dalam organisasi tersebut serempak merespon negatif.

Dalam kaitannya dengan MENWA UII, Drs. AF Junaidi turut berbangga dan mengapresiasi kemajuan yang telah dilakukan selama ini. Dari MENWA, tumbuh jiwa patriotisme yang patut dicontoh oleh seluruh mahasiswa UII. Diharapkan jiwa patriotisme ini akan selalu tumbuh, berkembang, dan meningkat dalam tubuh MENWA UII.

Selain itu, Junaidi mengingatkan agar para pengurus (komandan dan unsur staf) periode baru, memahami apa yang sedang diurusi. “Pengurus yang baru, harusnya sadar dengan apa yang diurusi, jangan sampai malah menjadi urusan bagi organisasinya,” tegasnya.

Harapannya pengurus ke depan tetap mengutamakan konsolidasi, komunikasi, dan koordinasi aktif baik dalam lingkup internal maupun eksternal. Di lingkup internal, pengurus seharusnya mampu menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan di tubuh MENWA ini. Sedangkan dalam lingkup eksternal, segenap jajaran pengurus baru diminta untuk tetap bisa mempertahankan sekaligus meningkatkan hubungan baik yang telah terjalin selama ini dengan seluruh kelembagaan militer di Yogyakarta. “Para pengurus bisa ngangsu kawruh dengan para abdi negara ini,” pintanya.

Di akhir sambutannya, Drs. AF Junaidi, M.Ag kembali mengingatkan kepada seluruh jajaran pengurus Menwa UII untuk tetap mengutamakan kegiatan studi di kampus UII. Hal ini mengingat para orang tua yang rela melepas anaknya hanya untuk keberhasilan dalam menuntut ilmu di perguruan tinggi.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!