Universitas Islam Indonesia

Pembekalan Calon Dokter FK UII Angkatan XVI E-mail
Tuesday, 20 March 2012

ImageSelasa (20/3), Fakultas Kedokteran (FK) UII kembali menyelenggarakan pembekalan keagaamaan bagi calon dokternya. Pada angkatan ke-16 ini, pembekalan diikuti 73 calon dokter terdiri dari 26 laki – laki dan 47 perempuan angkatan 2004, 2005, 2006 ini telah lulus Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) sehingga layak untuk diambil sumpahnya sebagai seorang dokter UII pada Kamis (28/3) mendatang.

Bertempat di PPPTK Matematika Jl. Kaliurang 6,2 Sambisari Depok Sleman, pembekalan ini dibuka secara resmi oleh Dekan FK UII dr. Isnatin Miladiyah, MKes. didampingi dr. Zuchairi Dahlan Sp.P serta dirangkai dengan penyampaian materi pertama oleh Rektor UII Prof. Dr. H. Edy Suandi Hamid, MEc.

Dalam laporannya, dr. Zuchairi Dahlan Sp.P mengungkapkan, pembekalan ini merupakan rangkaian pembekalan terakhir untuk menjadi dokter UII. “Dengan pembekalan ini, tentu akan muncul arahan dan masukan aplikatif. Untuk itu, bekal yang didapatkan semestinya diterapkan selama menunaikan profesinya”sebutnya.  

Berkah di Awal Tahun

ImageMengawali sambutannya, Dekan FK UII dr. Isnatin Miladiah, MKes. mengucapkan selamat atas kelulusan para calon dokter UII dari UKDI. “Semoga kabar gembira ini dapat memacu semangat untuk selalu bersyukur sekaligus berupaya lebih maksimal dalam meningkatkan potensi diri”ucapnya.

Pelatihan ini merupakan salah satu keberkahan bagi FK UII di awal tahun 2012 ini, ungkapnya. Menurutnya, pelatihan kali ini diikuti oleh peserta terbanyak semenjak awal diadakannya pelatihan dan pelantikan dokter. “Ini merupakan berkah sebab tembus melebihi 70 orang, ini angkatan terbanyak”sebutnya.

Keberkahan lainnya adalah meningkatnya jumlah wisudawan FK UII pada prosesi wisuda Januari  dan Maret 2012 ini. “Pada Januari lalu, wisudawan FK UII berjumlah 140 orang, dan Maret nanti berjumlah 102 orang. Baru kali ini mahasiswa FK UII yang tembus angka seratus, semoga kabar baik ini dapat terjaga dan meningkat lebih baik”ungkapnya.

Di sela – sela sambutan tersebut, pihaknya juga berharap agar akreditasi FK UII pada tahun 2012 ini dapat memperoleh hasil yang memuaskan. “Saat ini, FK UII telah dipercaya masyarakat sebagai media pendidikan kedokteran reputable untuk mencetak dokter professional, berkarakter, dan berintegrasi. Kami berharap, ini menjadi nilai plus untuk menjadikan FK UII lebih maju”sebutnya.

“Mewakili pimpinan fakultas, kami juga turut mengucapkan terima kasih pada semua peserta yang telah menjaga dan mengharumkan nama baik FK UII selama ini. Kami berharap agar semua ilmu dan pengalaman selama menempuh pendidikan teori maupun klinis dapat bermanfaat, diaplikasikan, tetap dipertahankan, dan ditingkatkan. Selalu junjung tinggi kode etik seorang dokter, apalagi sebagai seorang dokter UII, tentu tidak patut jika berorientasi materi, melanggar kode etik, dan melakukan malpraktek”nasehatnya mengakhiri sambutan.

Rektor: ‘Profesionalitas’ Menjadi Keniscayaan

Image“Di tahun 2012 ini, menjadi dokter professional merupakan keniscayaan”ungkap Prof Edy mengawali penyampaian makalahnya berjudul ‘Profesionalisme, Semangat Enterpreneur, dan Kepemimpinan’. Pasalnya, lanjut Prof Edy, era globalisasi ini menjadikan persaingan meningkat pesat. Hal ini ditandai dengan peningkatan jumlah dokter dalam dan luar negeri, meningkatnya perkembangan dan kesadaran klien, dan kesadaran masyarakat terhadap LSM meningkat. “Untuk itu, jadilah dokter UII yang professional, berkarakter, dan bervisi rahmatan lil `alamin”tegasnya.

Dosen Fakultas Ekonomi UII ini menjabarkan beberapa unsur guna menjadi dokter professional. Di antaranya, disiplin, Bersungguh – sungguh dalam menunaikan segala kewajiban di atas hak, memiliki keseriusan tingkat tinggi, mampu menempatkan diri sesuai dengan profesi, jujur, peka, etos kerja tinggi. “Dokter UII harus peka dengan persoalan kemasyarakatan, keummatan, kebangsaan, tidak terkotak di kampus, bukan menjadikan kampus menjadi mercusuar, menara gading, dan teralienasi dari lingkungan”jelasnya tegas.

Lanjutnya, ayah dari lima anak ini menjelaskan, seorang dokter professional mampu menjadikan profesi dokter sebagai pekerjaan utama, dan lebih dari itu, selalu berupaya menjadi seorang ahli di bidangnya. Meski demikian, pihaknya juga menghimbau peserta untuk meningkatkan jiwa enterpreneurnya. “Mereka adalah para dokter yang selalu menunaikan amanah dengan penuh tanggung jawab, komitmen terhadap waktu, visioner, kerjasama, adil, memiliki kemampuan berkomunikasi efektif. Dan sebagai entrepreneur, berani mengambil resiko, melakukan inovasi dan invensi, tetap menjunjung tinggi kode etik dan menghindari kecurangan dalam melakukan praktiknya”rincinya.

Mewakili pimpinan universitas, Prof Dr Edy Suandi Hamid MEc berpesan, “Selalu junjung tinggi kode etik seorang dokter dan tetap bersemangat dalam pengabdian, jaga nama baik almamater UII”pungkasnya. Pembekalan keagamaan ini rencananya diadakan selama dua hari Selasa – Rabu (20 – 21/3) ini.

 video dapat dilihat di sini





Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
Tentang Universitas
Fasilitas Kampus
Pusat dan Departemen
Direktorat
Fakultas dan Program Studi
Laboratorium
Calon Mahasiswa
Kemahasiswaan
Beasiswa
Media Relations
Kontak
Direktori Web
Blog
Email
Peta Kampus
Peta Situs