Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Warga Desa Wisata Brajan Menuju Sukses Dunia Akhirat E-mail
Wednesday, 25 April 2012

ImageMenjadi desa wisata di daerah Kabupaten Sleman yang terkenal dengan anyaman bambunya, Desa Brajan terus berupaya meningkatkankan potensinya, baik hasil alam maupun masyarakatnya. Di samping keinginan sukses di jagad internasional, warga Brajan juga ingin sukses di akhiratnya kelak. Keinginan ini menjadi landasan utama Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UII bersama PT Jasa Raharja Cabang Yogyakarta untuk menyelenggarakan pembinaan keagamaan bagi masyarakat setempat, Rabu (25/4).

Acara yang berlangsung di Masjid Al Mustaghfirin Dusun Brajan Sendangmolyo Minggir Sleman ini dihadiri Kepala Pusat Penelitian Sosial Humaniora (PSH) Jaka Sriyana, SE., M.Si., Ph.D, Kepala Pusat Penelitian Sain dan Teknologi (PST) Setya Winarno, ST., MT., Ph.D beserta staf DPPM lainnya dan para staf Jasa Raharja Cabang Yogyakarta. Sebagai narasumber, Kepala Jasa Raharja Cabang Yogyakarta Hj. Aeni Syamlawi, SE. MM dan Kadiv Pengkajian dan Pengembangan Keislaman (PPK) DPPAI UII Drs. Zamroni, MSI.

Kepala Cabang Jasa Raharja Yogyakarta Hj. Aeni Syamlawi, SE. MM. saat memberikan tausyiyahnya mengajak para warga guna memaksimalkan potensi desa wisata Brajan sebagai wujud kesyukuran pada Allah SWT. Menurutnya, segala kekayaan alam termasuk bambu dan sebagainya merupakan rahmat Allah yang patut untuk disyukuri, dibudidayakan, dan dioptimalkan.

Berwirausaha, terang Hj. Aeni, menjadi hal lumrah dihadapkan beragam masalah. Untuk itu, pihaknya menghimbau para warga untuk selalu mendekatkan diri pada Allah SWT. “Saat menganyam, perbanyaklah dzikir. Nantinya, proses pembuatan anyaman akan menjadi ibadah dan anyaman akan lebih barokah”ajaknya.  

Di samping itu, Hj Aeni juga banyak mengulas kiat – kiat sukses dunia dan akhirat. Dengan merujuk pada Qur`an Surat AlFurqan (25) : 53, Al `Ankabut (29) : 26, Al Baqarah (2) : 86, juga beberapa hadits Nabi, dirinya menyeru untuk meningkatkan ketaqwaan lewat perbaikan diri setiap harinya. Bersikap rendah hati, menahan amarah, membina keluarga sakinah, dan mengamalkan sunah Rasul menjadi kunci kesuksesan itu. “Selalu berupaya memberikan kemanfaatan bagi pelanggan juga patut diutamakan”tambahnya.

Senada dengan Hj Aeni, Drs. Zamroni, MSI juga memberikan kulasan kiat – kiat sukses baik di dunia dan akhirat. Hanya saja, Drs. Zamroni lebih merujuk pada Quran dan Hadis Qudsi mengenai Luqman (sahabat Nabi Musa AS). “Ada beberapa kiat menuju sukses mengarungi samudera kehidupan. Yakni, taqwa, iman, keinginan, cita – cita, dan semangat juang tinggi, serta tawakkal pada Allah SWT”jelas Drs. Zamroni sesuai nasehat Luqman pada anaknya.

Sementara itu, Kepala Dusun Brajan Lisman mengapresiasi positif adanya pembinaan keagamaan ini. Pihaknya berharap agar kegiatan ini akan berkesinambungan. Selama ini kerjasama antara PT Jasa Raharja dan DPPM UII telah banyak memberikan dukungan konkrit, seperti bantuan pengadaan modal, gapura, renovasi masjid, pelatihan manajemen pemasaran, dan bimbingan keagamaan ini. “Semestinya masyarakat dapat memberikan hasil maksimal”ungkapnya.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!