Universitas Islam Indonesia

Tim ADMIRAL UNISI 09 Raih Juara 2 KRCI Divisi Humanoid Soccer Regional III E-mail
Thursday, 03 May 2012

ImageTim ADMIRAL UNISI 09 yang terdiri lima mahasiswa Fakultas Tekhnologi Industri (FTI) UII Angkatan 2009 sukses meraih juara 2 Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Divisi Robosoccer humanoid  Regional III 2012 di Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Sabtu – Senin (26 – 28/4) lalu. Tim ini beranggotakan Muhammad Fatakhurrazaq (Programming, Teknik Mesin), Novian Mahardika Putra  (Programming, Teknik Informatika), Agung Dedi Pratama (Programming, Teknik Mesin), Ahmad Martin Dagdo Subroto (Teknik Mesin, Designer/system), Risma Arohcayana (Teknik Mesin, Designer/system. Mereka menampilkan 2 robot dari 3 buah robot sesuai ketentuan pertandingan.

Semula, kompetisi ini diikuti delapan tim dari beragam kampus dan dibagi menjadi dua grup yaitu grup A yang terdiri dari Alfarobi (UGM), AL_AADIYAT(UNY), ADMIRAL UNISI 09 (UII), dan ACCRETIA(UDINUS). Sementara grup B terdiri dari R2C-R7(Univ Kristen Satya Wacana), FUTBOLISTA_RDC (UAD), POLI_REVO H.1(Politeknik Negeri Semarang) dan Robo Green(Universitas Negeri Semarang).

Dari hasil pertandingan yang dilakukan secara setengah kompetisi untuk masing-masing grup, tim Alfarobi (UGM) dan tim R2C-R7 (UKSW) masing-masing sebagai pemenang di grup A dan B, sedangkan tim ADMIRAL UNISI 09 (UII) dan tim POLI_REVO H.1 (POLINES) sebagai runner up untuk grup A dan Grup B. Juara dan runner up grup dari masing-masing grup lolos ke babak semifinal dan tim ADMIRAL UNISI 09 pun berhasil melaluinya. Dalam pertandingan final, mempertemukan tim ADMIRAL UNISI 09 dengan tim Alforobi dan hasilnya tim UII harus kalah tipis 1 poin. Tim ini harus mengakui kekalahannya setelah berjuang hingga babak penalti. “Kami kalah saat babak penalti, kalah tipis, satu angka”ucap Martin.

Namun demikian, tim asuhan Dosen FTI UII Tri Setia Putra S.T., M.Eng. ini sudah sedikit lega dengan prestasi yang diraihnya itu. Menurut Novian, KRCI Regional III 2012 ini merupakan ajang tahunan yang paling bergengsi guna menuju tingkat nasional maupun internasional. “Kami sangat bangga sudah bisa berkompetisi antarkampus dalam regional ini. Kami sangat kagum, ternyata banyak saingan yang hebat. Kami hanya berupaya maksimal dan lebih baik dari mereka”sampainya.

Dengan meraih juara 2 KRCI Divisi Humanoid Soccer Regional III yakni wilayah Jateng dan DIY ini, tim ADMIRAL UNISI 09 berpeluang maju dalam KRCI tingkat nasional yang rencananya akan diadakan di kampus ITB Bandung. “Perjuangan belum berakhir. Kami ingin memperbaiki kesalahan dan kekurangan komponen robot kami. Harapannya, kami bisa lebih baik dan berhasil menggondol juara utama”pinta mereka bergantian.  

Disambut hangat

Bertempat di Gedung GBPH Prabuningrat UII, Rabu (2/5), Tim Admiral Unisi 09 disambut hangat oleh Wakil Rektor (WR) III Ir Bachnas, MSc. Turut hadir mendampingi Dosen pembimbing Tri Setia Putra S.T., M.Eng. dan Dr Izzati Muhimmah, ST., M.Sc. Dalam kesempatan itu, WR III mengapresiasi positif prestasi ini. Pihaknya memberikan arahan dan motivasi pada tim untuk selalu percaya diri dan pantang menyerah. “Mewakili pimpinan, kami sangat mengapresiasi hal ini. Kita patut berbangga dengan raihan ini seraya tetap meningkatkan kreasi dan prestasi. Untuk itu, tetap percaya diri, pantang menyerah, dan selalu berupaya maksimal”tegas Ir Bachnas.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
Tentang Universitas
Fasilitas Kampus
Pusat dan Departemen
Direktorat
Fakultas dan Program Studi
Laboratorium
Calon Mahasiswa
Kemahasiswaan
Beasiswa
Media Relations
Kontak
Direktori Web
Blog
Email
Peta Kampus
Peta Situs
Pemilu UII 2014