Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Inherent E-mail
Monday, 14 July 2008

Program INHERENT DIKTI 2007

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2006 telah membangun suatu jaringan komputer antar perguruan tinggi yang dinamakan INHERENT. Adapun tujuan dan fungsi utama jaringan ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menunjang kegiatan tridarma serta pengelolaan perguruan tinggi.
Pemanfaatan TIK dalam pendidikan tinggi juga diharapkan dapat memacu penggunaansumber daya secara bersama baik berupa sumber daya informasi maupun sumber daya komputasi dan yang tak kalah pentingnya adalah sumber daya manusia. Sumber daya informasi seperti perpustakaan digital, pangkalan data, atau repository informasi diharapkan dapat dimanfaatkan secara bersama dengan memanfaatkan keterhubungan maya yang difasilitasi oleh INHERENT, dengan tentu saja tetap memerhatikan aturan universal seperti hak cipta atau hak atas kekayaan intelektual lainnya. Sementara itu,
setiap unit komputer atau piranti elektronik lainnya yang terhubung pada jaringan INHERENT merupakan sumber daya komputasi yang dapat dimanfaatkan secara bersama misalnya dalam keperluan penelitian atau praktikum.
Fasilitas jaringan INHERENT diharapkan juga dimanfaatkan untuk keperluan
pembelajaran jarak jauh (distance learning), khususnya berbasis TIK (e-learning) dengan memanfaatkan fasilitas video-conference atau video-streaming. Untuk itu, perguruan tinggi perlu mengembangkan sistem dan tata aturan agar pembelajaran semacam ini dapat diintegrasikan sebagai bagian integral dari kurikulum akademik dan pembelajaran mahasiswa.

Tujuan Hibah
Mengembangkan content dan sistem aplikasi yang dapat menunjang peningkatan mutu pelaksanaan akademik, penelitian dan layanan akses agar dapat bermanfaat bagi sivitas UII dan PT lain sebagai user atau partner INHERENT .

Keterlibatan PT di Program INHERENT
Untuk mendorong dan memfasilitasi perguruan tinggi yang ingin mengembangkan inovasinya dalam memanfaatkan jaringan INHERENT ini, maka pada tahun 2007 ini Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi kembali meluncurkan Program Hibah TIK yang terdiri dari empat komponen yaitu:
K-0: Program Hibah Perluasan Akses Jaringan INHERENT
K-1: Program Hibah Kompetisi Pengembangan Sistem Aplikasi dan Konten
K-2: Program Hibah Kompetisi Peningkatan Kapasitas Institusi dalam TIK (bagi PTN)
K-3: Program Hibah Kompetisi Peningkatan Kapasitas Institusi dalam TIK (bagi PTS)

Ketentuan Hibah K1
Skema Hibah bersifat proposal based yaitu hanya mendanai program yang dinilai layak




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
Tentang Universitas
Fasilitas Kampus
Pusat dan Departemen
Direktorat
Fakultas dan Program Studi
Laboratorium
Calon Mahasiswa
Kemahasiswaan
Beasiswa
Media Relations
Kontak
Direktori Web
Blog
Email
Peta Kampus
Peta Situs
Disable Campus Map