Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Seminar Seri Tadarus 3, Al-Qur’an sebagai Pondasi Peradaban Islam Rahmatan Lil Alamin E-mail
Thursday, 22 December 2016

ImageIslam sebagai agama dan identitas religius bagi seseorang dalam kehidupan sehari-hari memiliki empat pilar penting. Empat pilar itu diantaranya adalah Islam sebagai agama yang membawa rahmat, keadilan, pondasi peradaban, dan kesaksian. Selain itu Islam juga membawa tiga unsur penting dalam membentuk peradaban, yaitu unsur spiritualitas, prosperity, dan security seperti yang tertuang dalam Al-Qur’an QS Al-Quraish (3-4).

“Ketiga unsur itu dijabarkan oleh Allah SWT dalam ayat fal ya’budu rabba hadzal bait (mewakili unsur spiritualitas), alladzi ath’amahum min juu’ (mewakili unsur prosperity), dan wa amanahum min khouf (mewakili unsur security)”, demikian seperti disampaikan Prof. Din Syamsudin ketika menyampaikan Key Note dalam acara Seminar Nasional Seri Tadarus 3 dengan tema Al-Qur’an sebagai Pondasi Peradaban Islam Rahmatan Lil Alamin, Rabu-Kamis (21-22).

Seminar nasional yang diadakan oleh Pusat Studi Islam Universitas Islam Indonesia (PSI UII) kali ini juga mengundang beberapa pembicara diantaranya Dr. Suwarsono Muhammad, MA., Drs. H. M. Husni Muadz, MA., Ph.D., Dr. Hamim Ilyas, MA., Dr. Aly Abdoel Mun’im, MSI., Dr.-Ing. Ir. Ilya Fadjar Maharika, MA., IAI., Agus Purwanto, D.Sc., Dr. Akhsin Wijaya, MA., Dr. M. Wahyuni Nafis, MA., dan Dr. Yusdani, M.Ag.

Turut hadir membuka Seminar Nasional tersebut Rektor UII Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc., dimana dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan seminar semacam ini perlu dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan ghirah keimanan dan wawasan Keislaman kita semua yang kadang kala naik turun.

“Kita sebagai muslim diperintahkan untuk mengikuti Islam secara keseluruhan (kaffah), maka dari itu upaya membentuk konsep peradaban Islam yang rahmatan lil alamin melalui pondasi Al-Qur’an adalah sebuah keniscayaan”, pungkasnya.

Sementara itu Kepala PSI UII, Dr. Asmuni, MA., melaporkan bahwa kegiatan seminar yang sudah dilaksanakan selama tiga kali ini terus menuai respon positif dari peserta dan masyarakat. “Antusias masyarakat untuk mengikuti seminar ini cukup tinggi, hal ini akan menjadi bahan pertimbangan kami untuk melaksanakan kegiatan lanjutan dengan konsep dan tempat acara yang lebih baik,” tuturnya.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
Tentang Universitas
Fasilitas Kampus
Pusat dan Departemen
Direktorat
Fakultas dan Program Studi
Laboratorium
Calon Mahasiswa
Kemahasiswaan
Beasiswa
Media Relations
Kontak
Direktori Web
Blog
Email
Peta Kampus
Peta Situs
Disable Campus Map