Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Humas UII Sosialisasikan Pentingnya Branding Guideline dan Penggunaan Videotron E-mail
Wednesday, 28 December 2016

ImageKetatnya persaingan di antara lembaga pendidikan tinggi telah memunculkan inovasi dalam hal pembentukan citra. Tidak dipungkiri, setiap institusi yang berinteraksi dengan publik baik itu lembaga pemerintah, entitas bisnis, maupun lembaga pendidikan senantiasa tidak dapat terlepas dari upaya pembentukan citra. Citra merupakan salah satu komponen penting untuk menanamkan gambaran yang diinginkan tentang suatu perusahaan di mata masyarakat. Sebelum memperkenalkan citra, diperlukan upaya mendefinisikan nilai-nilai internal perusahaan ke dalam citra tersebut. Upaya ini diwujudkan dalam dokumen yang dikenal dengan branding guideline.

Sebagaimana tergambar dalam acara Sosialisasi Branding Guideline dan SOP Videotron UII yang berlangsung di Gedung Prof. Dr. Sardjito, kampus terpadu UII pada Selasa (27/12). Acara yang diadakan oleh Direktorat Humas UII itu dihadiri oleh tamu undangan dari berbagai unit di lingkungan UII, seperti Direktorat, Badan, Fakultas, Program Studi, dan perwakilan dari lembaga kemahasiswaan. Tujuan diadakannya sosialisasi adalah untuk menyebarluaskan pentingnya branding guideline dan optimalisasi layanan videotron yang dapat diakses sivitas akademika.

Wakil Rektor II UII, Dr. Drs. Nur Feriyanto, M.Si menggarisbawahi pentingnya branding sebagai representasi wajah UII yang akan dilihat baik oleh publik maupun stakeholder. Ia menilai keberadaan branding dapat menentukan posisi suatu institusi di mata masyarakat. Sebagai contoh, dalam hal penggunaan logo universitas, telah diatur secara detail dalam branding guideline. Penggunaan logo yang terlalu variatif dan tidak mengindahkan ketentuan dalam branding akan membuat ambigu publik yang melihatnya.

“Sebagai universitas swasta yang tengah bergerak maju di tengah ketatnya persaingan, UII telah memiliki dokumen branding guideline yang disusun guna mempertegas identitas citra UII”, ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I UII, Dr.-Ing. Ilya Maharika, MA lebih menyoroti nilai filosofis dari branding guideline yang telah disusun. Menurutnya branding merupakan upaya untuk merefleksikan nilai-nilai yang dianut oleh sebuah organisasi ke dalam citra yang kemudian dilihat oleh pihak luar. Menurutnya, menjadi tantangan tersendiri untuk dapat menyusun sebuah branding yang berhasil mewakili nilai-nilai keseluruhan dari suatu organisasi yang relatif kompleks.

Direktur Humas UII, Karina Utami Dewi, S.IP., MA menjelaskan kepada peserta sosialisasi tentang berbagai ketentuan dan tata cara mengajukan permohonan penayangan videotron. Ia mengatakan para pemohon videotron kini dimudahkan dengan hadirnya sistem pengajuan yang dapat diakses secara online. Untuk mengajukan penayangan videotron, pemohon tinggal mengunjungi alamat http://videotron.humas.uii.ac.id/ dan melengkapi data-data yang ada. Selanjutnya, pihaknya akan melakukan verifikasi kelayakan konten. Apabila konten sudah dianggap layak maka dapat segera ditayangkan.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map