Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Minimalisir Kecelakaan Kerja, FTSP UII Sosialisasikan Kebijakan K3 Fakultas ارسال لصديق
06/01/2017

ImageSesuai dengan regulasi yang mengatur tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) UU No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan terutama pasal 86 dan 87 mengenai kewajiban untuk melaksanakan keselamatan dan kesehatan kerja, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia mengesahkan kebijakan K3 Fakultas. Kebijakan tersebut disosialisasikan kepada seluruh civitas akademika FTSP UII pada Selasa (3/1) bertempat di Gedung FTSP UII, Jalan Kaliurang.

“Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) UII berkomitmen untuk melaksanakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Fakultas. Sebagai wujud komitmen tersebut maka kami tanda-tangani Kebijakan K3 dan Visi Misi K3 Fakultas.” Ujar Dekan Dekan FTSP UII Dr.-Ing. Ir. Widodo, MSc,

Kebijakan tersebut ditandatangani oleh Dekan, Wakil Dekan, Ketua Prodi masing-masing Program Studi serta Kepala Divisi di lingkungan FTSP UII. Selain itu juga sudah membentuk Panitia Pembina Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (P2K3L), yang di pimpin oleh top management sekaligus Dekan FTSP yaitu sedangkan untuk sekertaris P2K3L menurut dalam regulasi Permenaker No.2/Men/1992 tentang Ahli K3 bahwa sekertaris harus seorang yang Ahli K3 dan

Salah satu dosen Prodi Teknik Lingkungan Azham Umar Abidin, SKM, MPH. Yang telah mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) mengatakan bahwa penerapan K3 di institusi pendidikan tidak kalah penting dibandingkan di industri karena untuk melindungi karyawan, dosen, mahasiswa maupun visitor yang berada di lingkungan fakultas.

“Tujuan dari pelaksanaan K3 yaitu untuk meminimalisir potensi bahaya, mencegah terjadinya kecelakaan dan Penyakit Akibat Kerja (PAK). Regulasi terbaru juga mengatur mengenai K3 yaitu PERMENKES No 48 Tahun 2016 mengenai Standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di perkantoran.” Ujarnya.

“Disamping itu, merujuk pengalaman proses akreditasi international yang dilakukan oleh tiga Prodi S1 di FTSP yakni Teknik Sipil oleh JABEE, Arsitektur oleh KAAB dan Teknik Lingkungan yang diakreditasi oleh ABET, maka K3 ini juga menjadi keharusan untuk diimplementasikan di kampus.” Lanjutnya.

FTSP telah melaksanakan K3 dari manajemen sampai ke pelaksanaan teknis di lapangan maupun di laboratorium salah satu contohnya apabila ada visitor ataupun orang yang memasuki lingkungan FTSP akan mendapatkan safety induction (video), pemasangan sign jalur evakuasi, exit, Alat Pemadam Api Ringan (APAR), sirine kebakaran, smoke dan heat detector, hydrant, ataupun tanda-tanda lainnnya yang berkaitan dengan K3. Selain itu juga membentuk tim tanggap darurat untuk mengantisipasi apabila terjadi keadaan darurat yang tidak diinginkan seperti kebakaran, gempa bumi dan lainnya. Para petugas juga dibekali dengan pelatihan penanggulangan kebakaran, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) serta melakukan simulasi tanggap darurat di gedung FTSP.

Dijelaskan Azhar, sebelum melakukan sosialisasi pihak FTSP UII telah menyelenggarakan serangkaian kegiatan K3. "Untuk serangkaian kegiatan K3 di FTSP itu mulai dari bulan September mengenai manajemen, komitmen serta di tanda tangani nya Kebijakan K3, visi misi K3, SOP pembentukan tim dan lain-lain. Kegiatan pelatihan penanggulangan kebakaran pada tanggal 19 November 2016, simulasi tanggap darurat 25 november 2016, serta yang terakhir kegiatan yang dilakukan yaitu tanggal 3 Januari 2017 tempat di FTSP mengenai sosialisasi K3, pemantuan dan pemeliharaan fasilitas2 safety building." Ujarnya.

 




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
Tentang Universitas
Fasilitas Kampus
Pusat dan Departemen
Direktorat
Fakultas dan Program Studi
Laboratorium
Calon Mahasiswa
Kemahasiswaan
Beasiswa
Media Relations
Kontak
Direktori Web
Blog
Email
Peta Kampus
Peta Situs
Disable Campus Map