Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
UII Rintis Kerjasama dengan University of Iowa E-mail
Friday, 03 July 2009

Pada Kamis sore, 2 Juli 2009, Wakil Rektor III UII, Ir. Sutarno, M.Sc. menerima kunjungan Prof. Adrien Katherine Wing, dari College of Law University of Iowa. Selain sebagai Bessie Dutton Murray Distinguish Professor of Law, Prof. Wing juga adalah Associate Dean pada Faculty of Development. Kunjungan ini menurut Wakil Rektor III merupakan langkah awal UII untuk menjalin kerjasama lebih lanjut di masa mendatang dengan University of Iowa.

ImageSelain menemui pimpinan universitas, rombongan juga berkunjung ke beberapa pusat studi dan lembaga di lingkungan FH UII, diantaranya Pusham (Pusat Studi Hak Asasi Manusia) dan LKBH (Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum). Inisiasi kunjungan ini menurut Wakil Rektor III tidak terlepas dari upaya salah satu sivitas akademik UII, yaitu Nandang Sutrisno, Ph.D., yang saat ini menjadi Wakil Dekan FH UII. Nandang Sutrisno, menurut Wakil Rektor III cukup aktif menyampaikan kepada perguruan tinggi luar negeri terkait kualitas pendidikan hukum di UII sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia.

“Oleh karena yang menjadi pijakan awal adalah aktivitas terkait hukum, maka kerjasama yang nantinya muncul akan banyak berkaitan dengan Fakultas Hukum. Kami di Rektorat lebih banyak memberikan bantuan dan memfasilitasinya,” Wakil Rektor III menjelaskan. Bentuk kerjasama yang akan dinisiasi pada tahap awal meliputi kerjasama pelaksanaan kuliah umum, seminar, dan aktivitas ilmiah lainnya. Pada Sabtu besok misalnya akan dilaksanakan kuliah umum untuk program pascasarjana FH UII dengan tema ‘Teori Diskriminasi Rasial’ yang merupakan kompetensi utama Prof. Murray. Selain itu Wakil Rektor III juga menjelaskan bahwa kedua belah pihak sama-sama berkomitmen agar nantinya kerjasama akan dituangkan dalam bentuk MoU sehingga langkah strategis lanjutan dapat dirumuskan.

ImageUniversity of Iowa juga menyatakan minat untuk menjalin kerjasama studi lanjut. Menurut Direktur Kerjasama, Pemasaran, dan Alumni, Akhsyim Affandi, Ph.D., yang mendampingi Wakil Rektor III, banyak akademisi Amerika yang menaruh minat pada studi hukum di Indonesia namun ada keterbatasan funding untuk hal tersebut. “Untuk itu, mereka akan mengusahakan adanya pendanaan dari Pemerintah Amerika untuk memberi kesempatan studi di Indonesia pada musim panas, “ ujarnya. Hal semacam ini sudah dipraktekkan UII dengan perguruan tinggi Australia yang menempatkan mahasiswanya untuk studi di International Program FE UII,” Direktur PKA menambahkan.

“Untuk tahap awal, kerjasama yang paling mungkin dilakukan adalah dengan mengirim mahasiswa University of Iowa untuk studi bahasa dan budaya Indonesia,” Direktur PKA menjelaska. Menurut Wakil Rektor III, upaya University of Iowa untuk membangun kerjasama dengan UII tidak terlepas dari kebijakan luar negeri pemerintahan Amerika Serikat dibawah Presiden Barrack Obama yang ingin membangun hubungan lebih baik dengan Negara Muslim. “Jadi ada keinginan dari pemerintah Amerika untuk lebih koordinatif dengan Negara Muslim,” ujarnya.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
Tentang Universitas
Fasilitas Kampus
Pusat dan Departemen
Direktorat
Fakultas dan Program Studi
Laboratorium
Calon Mahasiswa
Kemahasiswaan
Beasiswa
Media Relations
Kontak
Direktori Web
Blog
Email
Peta Kampus
Peta Situs