Universitas Islam Indonesia

REUNI AKBAR DAN MUNAS IKA UII E-mail
Tuesday, 22 December 2009

Image Reuni Akbar merupakan forum hubungan silaturahmi antara alumni dengan civitas akademika UII, yang perlu diperkuat  dengan harapan terbangun titik temu antara input dan pemikiran kritis alumni dengan prospek pengembangan program studi di masing-masing fakultas. Dengan harapan  akan mampu merespon kebutuhan pasar kerja bagi alumni, dan sekaligus sebagai upaya membangun kebanggaan alumni akan almamater UII tercinta.    Penyelenggaraan acara tersebut   semakin nyata dibutuhkan oleh karena keberadaan  UII  saat ini,  menujukan kemajuan semakin pesat. UII dengan delapan (8) fakultas, terdiri dari dua puluh tiga (23) program studi unggulan, sekitar delapan be1as ribu (18.000) mahasiswa, dan tidak kurang dari  lima puluh delapan ribu alumni (58,000) tersebar di berbagai penujur tanah air Indonesia mustahil dapat dilakukan suatu konsolidasi organisasi, baik secara iternal maupun eksternal jika tidak dilakukan upaya seperti reuni alumni secara teratur dan berkelanjutan. Keunggulan sistem pendidikan dan pengajaran UII, dalam menjunjung tinggi nilai kebenaran dan obyektifitas ilmu pengetahuan- teknologi dan  nilai-nilai dasar ke-Islaman, serta moralitas kamanusiaan universal harus tetap menjadi komitmen dan spirit para alumni dalam melanggengkan pola hubungan silaturahmi.

Sesuai Anggaran Dasar dan Rumah Tangga 2004 IKA UII dan dalam rangka meingkatkan peran organisasi serta kepengurusan, perlu diselenggarakan Musyawarah Nasional Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII) untuk memilih kepengurusan yang baru dan membuat rekomendasi penting, baik untuk kepentingan internal  UII maupun kepentingan nasional, dengan melibatkan unsur utusan-utusan Pengurus Pusat, Pengurus Wilayah, dan Pengurus Daerah, serta alumni-alumni semua fakultas dan lintasan angkatan turut hadir dalam acara tersebut.  Sehingga Musyawarah Nasional IKA UII saat ini,  diharapkan dapat memperjuangkan terciptanya suatu visi dan misi organisasi yang mampu melakukan terobosan positif, untuk meminimalisir adanya  ketimpangan kifrah, kinerja dan bahkan citra antara fakultas-fakultas yang lahir lebih dulu  dengan fakultas-fakultas yang datang kemudian menjadi lebih merata, dalam pengabdian dan loyalitasnya pada masyarakat, bangsa dan negara,  baik  dalam skala lokal, nasional maupun dalam skala internasional.

Perlu dilakukan upaya memerlihara komitmen alumni UII untuk mengawal perjalanan bangsa, negara dan pemerintahan dengan mempersiapkan suatu forum dialog dan tukar pikiran dengan para alumni untuk memberikan kontribusi pemikiran terhadap aspek-aspek kemasyarakatan, terutama terhadap dalam penegakan hukum yang berkeadilan serta peduli pada upaya-upaya mengentaskan kemiskinan, sebagai akar penyebab utama timbulnya gangguan stabilitas politik dan keamanan nasional.

Maksud dan Tujuan

Penyelenggaraan Reuni Akbar dan MUNAS IKA UII dimaksudkan sebagai berikut:

  1. dapat menghadirkan alumni-alumni dari berbagai fakultas yang ada di UII agar dapat berikteraksi dengan pimpinan-pimpinan Fakultas dan Prodinya masing-masing. Sehingga akan terbangun suatu dialog atau berbagi pemikiran bagi pengembangan dan pemberdayaan fakultas dan prodi yang semakin tepat sasaran bagi kepentingan dan pemenuhan pasar kerja yang memiliki keunggulan daya saing dalam nilai-nilai keislaman dan integritas moral.
  2. Terselenggaranya musyawarah nasional sehingga dapat terbentuk pengurus-pengurus baru yang masih progresif, kreatif, dan inovatif dan juga terakomodirnya pengembangan IKA UII ke dalam AD/ART, sehingga aspirasi anggota terkait dengan pemeliharaan jati diri dan kebanggaan atas almamater dapat terakomodir dengan komprehensif.
  3. Terselenggaranya tukar menukar pemikiran antar alumni akademisi dengan alumni praktisi unutk mempersiapkan pokok-pokok pikiran bagi penegakan hukum yang berkeadilan dan solusi atas konsepsi pengentasan kemiskinan melalui pengembangan ekonomi syariah pada kabinet baru Presiden SBY – Boediono 2009 – 2014.

Program dan Aktifitas

Adapun maksud dan tujuan tersebut di atas diharapkan dapat dicapai program dan aktifitas sebagai berikut:

  1. JUMAT 25 s/d 27 Desember 2009, Jam 19.00 Acara Opeing Ceremony: Penyerahan dari Ketua Umum IKA UII kepada Rektor UII dan dari  Rektor UII kepada Dekan dan Ketua-ketua Program, Acara Makan Malam Lesehan, dan Kesenian Tradisional, Kreasi Kampus dan Kampung.
  2. Sabtu pagi, 26 Desember 2009, Sarasehan antar alumni-alumni dengan pimpinan fakultas, prodi dan ketua program dalam membangun jaringan kerja (networking) dan meningkatkan pemberdayaan pengembangan dan kerjasamam keilmuan dan pengalaman untuk masing-masing fakultas, prodi dan program pasca sarjana.
  3. Penyampaian pokok-pokok pikiran tentang konstribusi alumni UII tentang pembangunan ekonomi, khususnya penegakan hukum berkeadilan dan solusi atas kemiskinan yang mendera sebagian masyarakat Indonesia.
  4. Minggu, 27 Desember 2009, Musyawarah Nasional:  Menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus IKA UII 2004 – 2009 dan evaluasinya. Sidang Komisi Perubahan AD/ART, Sidang Komisi Rekomendasi, dan Sidang Pleno Komisi. Pembuatan dan Pembacaan dan Pengesyahan Tata Tertib Pemilihan Ketua Umum IKA UII dan pembentukan formaturnya.
  5. Pameran pendidikan, JIH dan juga Jualan Cindra Mata dan Sovenir Cinta Almamater (Jasket, Kaos, PIN IKA UII, Bendera Almamater dan IKA UII, Payung dan lainnya).

Waktu dan Tempat:

  • Waktu    : JUMAT, SABTU MINGGU ( 25 – 27) Desember 2009
  • Tempat    : Auditorium Kampus Terpadu UII, Jl. Kaliurang Km 14.5

Jadual Kegiatan

25 Desember 2009
14.00 – 18.00    => Registrasi dan Hiburan Pra MUNAS IKA  UII
18.00 – 19.00    => Rehat dan Makan Malam

Opening Ceremony

  • 19.00 – 19.05    => Pembukaan Dipandu MC
  • 19.05 – 19.10    => Kalam Ilahi
  • 19.10 - 19.25    => Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne  &    Mars UII(Oleh Paduan Suara  UII)
  • 19.25 – 19.30    => Sambutan Ketua Panitia Oleh Bpk. Sutarno, M.Sc
  • 19.30 – 19.35    => Sambutan ketua IKA UII oleh Jawahir Thontowi
  • 19.35 – 19.50    => Hiburan Musik Ambar Polah Band
  • 19.50 – 20.00    => Sambutan Rektor UII Oleh Bpk.Prof.Dr.Edy Suandi Hamid, M.Ec.
  • 20.00 – 20.25    => Sambutan Ketua Badan Wakaf Oleh Bpk. Dr.Ir.Luthfi Hasan. MS
  • 20.25 – 20.50    => Sambutan  Gubernur DIY & Pembukaan Munas dan Reuni Akbar IKA UII Oleh Sri Sultan HB XI
  • 20.50 – 21.05    => Penyerahan Peserta Reuni Akbar Ke Fakultas-Fakultas
  • 21.05 – 23.00    => Doa Pembuka
  • 21.05- 23.00    => Ramah Tamah Peserta Munas, Makan Malam Tradisional  Lesehan ala Jogja disponsori oleh Bupati Bantul dan Bupati Gunungkidul dan Hiburan bersama Ambar Polah dan Vline Band

26 Desember 2009
Reuni di masing-masing fakultas

27 Desember 2009

  • 08.00 – 08.30    => Presensi
  • 08.30 – 09.30    => Laporan Pertanggungjawaban disampaikan oleh Ketua Umum PP IKA UII, Prof. Jawahir Thontowi, SH, Ph.D., dengan pimpinan sidang Drs. Imam Mujiono, M.Ag., dan sekretaris sidang Nurjihad, SH, MH.
  • 09.30 – 10.30    => Sidang Komisi. Komisi A (Amandemen AD/ART) diketuai oleh Ir. H. Bachnas, M.Sc., Komisi B (Internal dan Program Kerja), diketuai Drs. Suwarsono Muhammad, MA, dan Komisi C (Eksternal) diketuai Drs. Syafaruddin AR. MM.
  • 10.30 – 12.00    => Pleno Hasil Sidang Komisi, dengan Ketua Sidang Ir. Darwis Darlis, dan Sekretaris: Amin Ru’ati, SH, MH, Not.
  • 12.00 – 13.00    =>  Ishoma
  • 13.00 – 14.00    => Pembahasan Tata tertib Pemilihan Ketua Umum dan Formatur
  • 14.00 – 15.00    => Pemilihan Ketua Umum dan Formatur, dilanjutkan Sambutan Singkat Ketua Umum Terpilih. Pimpinan Sidang oleh Drs. H. Syafaruddin Alwi, M.S.
  • 15.00 – 15.30    => Istirahat Sholat
  • 15.30 – 16.00    => Pembacaan Ketetapan Hasil Sidang: (1) Penerimaan pertanggungjawaban Ketua Umum Pengurus IKA 2004 – 2009, (2) Ketetapan tentang Penetapan Ketua Umum IKA UII 2009 – 2014 dan Formatur, (3) Ketetapan Rekomendasi Sidang. Disampaikan oleh Sumitro Sufian, SE.
  • 16.00 – 16.15    => Penutupan dan Doa oleh Prof. Zaini Dahlan, MA

Kontribusi Peserta

Kontribusi Peserta  Rp. 100.000,-/orang mendapat souvenir IKA UII.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
Image Penyelesaian Kasus Utang BLBI Dikaji dengan Pendekatan Hukum Responsif dan Represif Krisis moneter yang menghantam perekonomian Indonesia di tahun 1997/1998 tidak hanya berdampak pada jatuhnya nilai mata uang rupiah namun juga lembaga perbankan nasional. Tidak sedikit lembaga perbankan yang mengalami guncangan hingga terancam diliku...
 
Image UII Terus Membangun Sinergi Dengan Pemilik Kost dan Rumah Kontrakan Sekitar Kampus Banyaknya perilaku kejahatan yang dilakukan oleh kalangan usia muda beberapa tahun terakhir telah menimbulkan keresahan di masyarakat. Pendidikan moral serta keagamaan yang minim serta tidak kondusifnya lingkungan dinilai sebagai faktor yang membentu...
 
Image DPPM UII Selenggarakan Workshop Meraih Hibah Penelitian Internasional Banyaknya hibah penelitian yang dikompetisikan di tingkat nasional menuntut kesiapan para dosen dalam memperebutkannya, beberapa hal perlu disiapkan, yang paling penting adalah kapasitas yang cukup dalam penguasaan metodologi penelitian. Selain itu, ...
 
Image Islamisasi Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan sebagai Bentuk Penerjemahan Renstra UII Dalam menjalankan langkah strategis, UII berkomitmen terhadap prinsip values berupa nilai-nilai dasar keislaman, innovation yang dihimpun dalam upaya pembentukan masyarakat akademik yang visioner dalam membangun paradigma berilmu amaliah dan beramal ...
 
Image Laboratorium Tersertifikasi Tingkatkan Kemandirian dalam Inovasi Teknologi Keberadaan laboratorium pengujian di perguruan tinggi yang telah tersertifikasi dinilai berperan penting bagi pembangunan kemandirian bangsa, khususnya dalam bidang inovasi industri dan teknologi. Hal ini tidak berlebihan sebab laboratorium tersebut ...
 
More News ...

LOGIN UNISYS






Forgot your password?
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
SAP University Alliances

Edoc UII

Document Centre

Journal UII

Formulir Tracer Alumni UII