Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia Telah dibuka pendaftaran PMB untuk Prodi Pendidikan Kimia, informasi lebih lanjut hubungi: 0274 898444 ext. 1234 Selamat atas diraihnya Akreditasi B oleh BAN PT pada Program Magister Ilmu Ekonomi UII
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
11 Balon Rektor Siap Pimpin UII E-mail
Wednesday, 20 January 2010

Image Sebanyak 11 kandidat, bakal calon (balon) rektor siap pimpin Universitas Islam Indonesia (UII) periode 2010-2014. Pemilihan calon rektor akan dilaksanakan Kamis, 21 Januari 2010 di 9 Tempat Pemungutan Suara (TPS). TPS untuk tingkat Universitas di gedung Prof. Dr. Sardjito, sedang 8 TPS lainnya berada di setiap kampus fakultas masing-masing, FE, FH, FTSP, FTI, FIAI, FMIPA, FPSB, dan FK. Sebanyak 758 pemilih akan memberikan suaranya, terdiri Dosen 405 suara, Tenaga Kependidikan (Pegawai Administrasi) 334 suara, dan Perwakilan Mahasiswa 19 suara. Ada 3 unit UKM yang tidak mengirim nama, yaitu Kopma, Menwa, dan Marching Band.

Menurut Ketua Panitia Pemilihan (PP), Drs. H. Muqodim, MBA, Ak, pemilihan berlangsung mulai pukul 09.00-11.00 WIB dengan mengundang para pemilih yang tercatat di Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah diumumkan di setiap unit/fakultas, dalam sebuah rapat umum di TPS masing-masing. Untuk tingkat Universitas rapat dipimpin Rektor, sedang di fakultas oleh Dekan masing-masing. “Pemilih yang namanya sudah tercantum dalam DPT dimohon kehadirannya di masing-masing lokasi pemilihan untuk menggunakan hak pilihnya,” pinta Muqodim.

Disinggung tentang persiapan pemilihan calon rektor, Muqodim mengaku sudah siap semuanya, tinggal distribusi surat suara, dan pengecekan lokasi pemilihan di setiap TPS. “Rabu kami akan keliling lokasi pemilihan untuk pengecekan terakhir persiapan pemilihan calon rektor,” papar Muqodim didampingi panitia lainnya usai rapat pleno di kantor PP kampus Cik Ditiro, Yogyakarta, Jumat,15 Januari 2010.

Cara pemberian suara, adalah dengan memberi lingkaran pada salah satu nomor urut bakal calon rektor. Surat suara berukuran kertas A-4, kuarto 21,5 x 29,7 cm, memuat 11 nama Balon Rektor UII diurutkan secara alphabet. 1. Achmad Sobirin, Drs. Ak, MBA, Ph.D, 2. Edy Purwanto, Ir. DEA. Dr. 3. Edy Suandi Hamid, Drs. M.Ec, Dr., Prof. 4. Farham HM Saleh, Ir, MSIE, Dr. 5. Jawahir Thontowi, SH, Ph.D, Prof. 6. Muhammad Teguh, Ir. MSCE, Ph.D. 7. R. Chairul Saleh, Ir, MSCE, Ph.D. 8. Riyanto, S.Pd, M.Si, Ph.D. 9. Ruzadi, Ir. MS, Dr. 10. Sarwidi, Ir. MSCE, Ph.D, Prof. IP-U. 11. Widodo, Ir. MSCE, Ph.D, Prof.

Balon terbanyak berasal dari FTSP ada 5 yaitu Edy Purwanto, Mochamad Teguh, Ruzardi, Sarwidi, dan Widodo, FE ada 2 balon Achmad Sobirin, dan incumbent Edy Suandi Hamid, FTI 2 balon Farham HM Saleh, dan R. Chairul Saleh, FH satu balon, Jawahir Thontowi, dan FMIPA juga seorang balon, Riyanto.

Setelah dilaksanakan pemungutan suara, hasilnya langsung dihitung di TPS. Kemudian di kirim ke PP di kampus Cik Ditiro untuk dilakukan rekapitulasi secara keseluruhan. Sehingga Kamis sore itu juga bisa diketahui hasil akhir. Selanjutnya PP akan menetapkan 5 perolehan suara terbanyak untuk diajukan ke Senat Universitas sebagai calon rektor.

Proses selanjutnya adalah penyelenggaraan pemilihan calon rektor yang dilakukan Senat Universitas, yang berlangsung di gedung Prof. Dr. Sardjito lantai 2, Kamis, 11 Februari 2010. Menghadapi proses ini ke 5 calon rektor akan menyampaikan rekcana aksi (action plan) sebanyak dua kali. Pertama dihadapan civitas akademika UII dalam sebuah rapat umum yang dilangsungkan di Auditorium KHA Kahar Muzakkir, Kamis, 4 Februari 2010. Sedang penyampaian rencana aksi kedua menjelang pemilihan di hadapan Senat Universitas, Kamis, 11 Februari 2010. “Pemilih Senat sesuai SK Pengurus Yayasan Badan Wakaf No 23/SK/Prs/YBW/VI/2009 tertanggal 11 Juni 2009 tentang Komposisi dan Personalia Anggota Senam UII berjumlah 99 orang, tetapi karena Prof. Dr. Dahlan Thaib SH, M.Si meninggal dunia, maka anggota Senat UII tinggal 98 orang,” tambahnya.

Komposisi Senat Universitas adalah, Guru Besar 13, Dosen Tetap dengan Jabatan Akademik Minimal Lektor Kepala, Pangkat, Golongan/ruang IV/b sebanyak 46, Pimpinan Universitas 4, Dekan 8, serta Wakil Dosen Tetap Fakultas Hasil Pemilihan 47 orang.

Setelah diperoleh tiga nama calon rektor, maka Pengurus Yayasan Badan Wakaf (PYBW) akan melakukan Rapat Pengurus untuk menetapkan Rektor Terpilih, pada Selasa, 16 Februari 2010, dan keesokan harinya akan diumumkan Rektor UII Periode 2010-2014. Namun bila tidak ada kesepakatan, maka untuk penetapan Rektor baru diajukan pada Rapat Pembina, yang dijadwalkan, Sabtu, 27 Februari 2010. Pemilihan Wakil Rektor oleh Senat Universitas dilaksanakan Jumat, 12 Maret 2010. “Mudah-mudahan bisa lancar semuanya, sehingga 1 April 2010 Rektor baru berikut Wakil Rektor akan dilantik untuk mengemban amanah 4 tahun ke depan,” imbuh Muqodim.

Ditambahkan, dosen UII yang memenuhi syarat untuk balon rektor sebanyak 30 orang, tetapi yang mengembalikan surat pernyataan kesediaan calon rektor UII periode 2010-2014 hanya 11 nama tersebut. Format surat pernyataan kali ini memang ada perbedaan, setelah menyatakan bersedia atau tidak, para balon juga harus bersedia bekerja penuh waktu minimal 36 jam per minggu jika terpilih sebagai Rektor UII periode 2010-2014. “Ke sebelas balon rektor, sudah menandatangani surat pernyataan bekerja penuh waktu minimal 36 jam per minggu di atas meterai,” tegas Muqodim.

Surat suara yang berukuran A-4 (kuarto) formatnya vertikal, berisi 11 nama balon rektor tersusun dari atas ke bawah secara alphabet. Kertas suara dilipat dua ke atas sebanyak 2 kali, kemudian baru dilipat lagi kanan ke kiri yang menampakkan satu sisi lokasi pemilihan, ketua panitia pemilihan, berikut paraf dan distempel. Sedang sisi lainnya tercantum Surat Suara Pemilihan Bakal Calon Rektor UII 2010-2014, 21 Januari 2010 berikut logo, mengadopsi surat suara Pilpres.

Muqodim menambahkan, kepada lima calon rektor terpilih, untuk maju ke tahap berikutnya, PP meminta Pas Foto berwarna terbaru ukuran 4x6 cm dan Daftar Riwayat Hidup (curriculum vitae) dari masing-masing Calon Rektor. “Kemudian PP akan mengumumkan nama-nama Calon Rektor beserta foto dan Daftar Riwayat Hidup di Universitas dan Fakultas masing-masing,” katanya.

Image Drs. H. Achmad  Sobirin, MBA.,Ph.D. atau Pak Birin, demikian panggilan akrabnya adalah Dosen Negeri DPK UII dengan Jabatan Fungsional: Lektor Kepala III/D dan IV/B untuk Yayasan/UII. Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada (FE UGM) pada tahun 1983 ini menyelesaikan Master/S2 (MBA) di University of the Philipines pada 1993, kemudian melanjutkan jenjang S3 (Ph.D.) di Graduate School University of Santo Tomas Philippines, lulus pada 1997 dengan predikat Magna cum laude.

Pria kelahiran Pemalang, 12 April 1957 sejak 1984 menjadi dosen tetap (DPK) di FE UII, saat ini mengajar di program studi S1, S2, dan S3 bidang konsentrasi Manajemen Sumberdaya Manusia (MSDM) dan Organisasi, Co-Promotor Disertasi bidang kajian MSDM dan Organisasi. Pembantu Dekan Bidang Akademik Periode 1998-2006 juga pernah menjadi Anggota Tim Penguji Disertasi bidang konsentrasi MSDM dan Organisasi FE UGM (2004-2007). Kemudian sejak 2008 sampai sekarang sebagai Dosen Tidak Tetap Fak. Psikologi UGM, Co-Promotor Disertasi S3 bidang konsentrasi Psikologi Industri Fak. Psikologi UGM. Pada tahun 2009 sampai saat ini sebagai Co-Promotor Disertasi S3 bidang konsentrasi MSDM pada Pasca Sarjana Universitas Airlangga Surabaya.

Program unggulan sebagai calon rektor ia sampaikan dalam bahasa Inggris, Rector as a manager is called upon. 1) To stabilize the unstable and destabilized the rigid; 2). Adapt to the present and anticipate the future, 3). Improve what is and invent what is to be. 4) Lead the renaissance while preserve the tradition. Dalam terjemahan bebasnya kira-kira:

  1. Menstabilkan yang belum stabil dan melenturkan (“membuat luwes”) yang dirasa kaku.
  2. Beradaptasi terhadap yang sedang berjalan dan mengantisipasi masa depan.
  3. Meningkatkan apa yang ada dan menemukan yang seharusnya. Keempat,  Memimpin pembaharuan, sambil mempertahankan tradisi.

Image DR. Ir. Edy Purwanto, CES., DEA, dilahirkan di Gombong, 21 Agustus 1959, tercatat sebagai dosen jurusan Teknik Sipil, FTSP UII, bertempat tinggal di Krangkungan 52A, Rt.03 / Rw.08 Condong Catur, Depok, Sleman 55283. Jabatan Akademik/Golongan: Lektor Kepala/IVc. Pendidikan S1 di Teknik Sipil UII, 1985. CES (S2) diraih di Ecole Nationale des Travaux Publics'd'Etats , Lyon Perancis, 1991, DEA Ecole Centrale de Lyon, Lyon, Perancis, lulus tahun 1992. DR Geoteknik (S3) di Universite  Joseph FOURIER, Grenoble, Perancis, 1996. Jabatan institusi yang pernah disandangnya sebagai Direktur Pusat Studi Geoteknik (Geotechnic Studys Center), FTSP UII, Kepala Laboratorium Mekanika Tanah, Jurusan Teknik Sipil, FTSP UII, 2006 - sekarang. Direktur Program Pasca Sarjana UII, 2003-2006. Kepala Bidang PPT FTSP UII, 2001-2002, Pembantu Dekan III FTSP UII, 1998-2001. Dia menguasai bahasa Jawa, Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Perancis. Anggota HATTI (Himpunan Ahli Teknik Tanah Indonesia), dan IGS (International Geosynthetics Society). Pengalaman kerja, Site Manager “Pembangunan Perumahan Sedayu Permai”, Sedayu, Kulon Progo, Yogyakarta, 1989. Tim Perencana “Proyek Pembangunan Gedung 5 Lantai FTSP UII, Yogyakarta 1997. Tim Pelaksana “Pembangunan Gedung 4 Lantai Perpustakaan Terpadu UII” Yogyakarta 2003. Pimpinan Proyek “Pembangunan Gedung 5 Lantai FTI UII”, Yogyakarta 2005. Team Leader “Proyek Pemetaan Wilayah Banjir Propinsi Kalimatan Timur, Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia”, Jakarta 2006.

Program kerja yang ditawarkan adalah:

  1. Meningkatkan akreditasi nasional dan internasional di bidang Pendidikan dan Penelitian
  2. Mewujudkan pembelajaran yang berbasis riset
  3. Mewujudkan lingkungan kerja yang aman,  nyaman, bersih, kondusif dan islami
  4. Menjamin kesejahteraan karyawan UII.

Image Prof. Dr. H. Edy Suandi Hamid, MEc. Lahir di Muara Enim,  1956. Dosen Program Studi Ilmu Ekonomi FE UII. Jabatan Akademik/Golongan, Jabatan Institusi, Guru Besar Bidang Ekonomi – IV/e, Rektor  UII (2006-2010), Ketua Forum Rektor Indonesia  (2008-2009), Ketua Dewan Pembina BKS PTIS (2006-2009), Ketua BKS PTIS (2009-2912). Tinggal di Karangwaru Lor TR 2/270 Yogyakarta  55241 Pendidikan, S1 dari FE UGM. S2 (MEc) Thammasat University, Bangkok. S3 (DR) dalam bidang ekonomi UGM, dengan sandwhich program  pada Monash University Melbourne, Australia. Penghargaan yang diperoleh: Sebagai Penulis Karya Ilmiah Terproduktif di lingkungan UII (3 kali), tahun 1996, 1997, dan 1999. Kalam Kencana Award (1983), Sebagai penulis nasional terbaik tentang Keluarga Berencana dari BKKBN-Jakarta. Penulis terbaik II nasional tentang Kebangkitan Nasional dari Departemen Penerangan dan PWI Pusat (1984).

Program Kerja unggulan, Prof. Edy Suandi Hamid: Akan melanjutkan apa yang saat ini sudah berjalan on the right track, seperti meningkatkan peringkat world class university yang sudah diraih pertama kali 2 tahun lalu. Juga meningkatkan kompetitivenes UII, yang secara langsung berdampak pada stabilitas pendapatan dosen/karyawan UII dari tahun ke tahun.

Peningkatan perolehan hibah/dana penelitian, beasiswa dan sumber-sumber lainnya yang porsi ketergantungan dana dari mahasiswa menurun. Meningkatkan suasana Islami dan mendorong DPPAI secara internal memperbaiki proses terkait pembelajaran agama di UII, mewujudkan target-target sasaran mutu UII sehingga mendorong meningkatnya daya saing UII. Bekerja dengan target dan quick evalution atas setiap hasil yang diperoleh. Peningkatan kualitas SDM keluarga UII dan perhatian lebih banyak pada kesejahteraan keluarga besar UII, termasuk karyawan kontrak. Diakui Prof. Edy, keberhasilan yang terjadi selama ini adalah keberhasilan bersama civitas akademika UII.

Image DR. Ir. Farham HM Saleh, MSIE. Lahir di Bima, 5 Juni 1957. Dosen Tetap Yayasan pada Program Studi Teknik Kimia dan Program Magister Teknik Industri FTI UII, memiliki keahlian Teknik Kimia Dasar, Analisis dan Optimasi Sistem. Jabatan Akademik/Golongan: Lektor Kepala/IIId. Jabatan Struktural, Kepala Laboratorium PTK, Ketua Jurusan Tekstil, 1992-1995. Tinggal di Ploso Kuning II, Jl Plosokuning Raya, Sleman, Yogyakarta. Pendidikan, S1 (Ir.) dari Jurusan Teknik Kimia, FTK UPN “Veteran” Yogyakarta, 1985. S2 (MSIE) dari Teknik Industri ITB Bandung, 1991. S3 (DR) dari Teknik Industri Bidang Analisis dan Permodelan Sistem, ITB Bandung, 2004.

Program Kerja Unggulan, untuk program internal, Pak Farham adalah melakukan pendekatan manajerial dan lokal genius melalui penerapan nilai-nilai Islam yang diimplementasikan ke setiap program, serta aturan main dengan membangun sistem. Sedangkan program ke luar (eksternal) akan melihat potensi setiap program studi dan kinerja seluruh dosen dan karyawan UII. Sebab jika UII akan menempatkan diri setara dengan perguruan tinggi di luar negeri harus dipenuhi kriteria dan potensi yang dimiliki. Terlebih dulu akan dilakukan penggalian kekhasan masing-masing prodi, baru setelah memahami potensi dilakukan sinergi dengan luar negeri. Untuk itu program yang akan dilakukan:

  1. Membangun sistem, aturan main serta mengendalikan personil di lingkungan UII serta membangun jaringannya.
  2. Tahun pertama akan mengenal betul potensi setiap prodi, kemudian dibuat sinergi, sebagai basis dasar UII.
  3. Membangun jaringan dengan memunculkan potensi dosen-dosen UII merata setiap prodi. Jangan seperti sekarang ini, yang unggul hanya di fakultas tertentu, sedang lainnya tengelam. Potensi dosen yang dimiliki UII cukup banyak dan bisa dikembangkan. Selama ini hanya tidak diberi jalan dan kesempatan. Untuk mendukung semua itu, kesejahteraan dosen dan karyawan harus diperhatikan dari pucuk pimpinan sampai petugas parkir.

Image JAWAHIR THONTOWI, SH, Ph.D, Prof. Lahir di Bandung, 8 September 1956. Guru Besar FH UII. Jabatan Akademik/Golongan, Lektor Kepala/IVa. Menguasai Bahasa Indonesia, Inggris dan Arab, serta mampu mengoperasikan Microsoft Word Xp. Pendidikan, PHIN Yogyakarta 1972, S1 FH UII, 1976, S2 dan Ph.D (S3) di Western Australia University, 1998. Kiprah Nasional, Anggota Komisi Konstitusi 2003=2004, Staf Ahli DPD RI, Asesor BAN Dikti untuk Fakultas Hukum S1, S2, S3 dan Institusi 2007-sekarang. Kiprah Internasional, JICA Japan 2007, Human Rights Training Central European University in Hongaria, Budapest. A speakers Castan Center of Human Right Law, Monash University, Melbourne, Australia Desember 2004, a speker in International Training on CLS in Kampuche. Kiprah Dakwah “Aktif di Yayasan Masjid Syuhada dan Yayasan Raudatun Na'im di Klaseman, Sleman. Aktif menjadi khatib Jumat di Masjid-masjid di DIY.

Program Unggulan yang ditawarkan adalah:

  1. Pemberdayaan dan Peningkatan SDM (baik Dosen maupun Tenaga Kependidikan/karyawan). Pengembangan UII kedepan sangat tergantung kepada subyek yang memiliki peran dalam manajemen akademik yaitu pendidikan, pengajaran,penelitian dan pengabdian masyarakat.
  2. Sebagai jaminan kesejahteraan, pemberian beasiswa untuk anak dosen/karyawan yang menempuh studi di UII tidak berdasarkan Indeks Prestasi (IP) anak, tetapi ditentukan dengan pembatasan masa studi 4 tahun + 1 tahun. Pembayaran dilakukan langsung pada jumlah kewajiban yang ditanggungnya, bukan dengan cara membayar penuh lalu dikembalikan sisa prosentasenya.
  3. Program Manajemen Kepemimpinan Modern. Untuk mewujudkan visi dan misi UII seperti yang tertuang di Statuta UII 2009, kedepan setiap pimpinan mulai Rektor dan wakilnya, Dekan dan Prodi sampai Kepala urusan harus mempunyai kesepahaman dalam pencapaian program guna mewujudkan Visi dan Misi UII. Pimpinan dari lini rektoriat dan prodi harus mempunyai persepsi yang sama.

 

Image Mochammad Teguh, MSCE, Ph.D, lahir di Kudus, 5 Agustus 1958, tercatat Dosen Negeri DPK pada Jurusan Teknik Sipil FTSP UII dengan  jabatan akademik  Lektor Kepala (Usulan Guru Besar sedang dalam proses penilaian) Golongan  IV-C. Pendidikan S1 di Jurusan Teknik Sipil UII, 1985, meraih MSCE (S2) di Structures, Department of Civil Engineering, the University of the Philippines, Philippines, 1990, dan P.h.D (S3) Department of Civil and Environmental Engineering, The University of Melbourne, Australia, 2007. Dia menjadi Asesor Sertifikasi Dosen Bidang Teknik, Direktorat Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, 2009-sekarang, Kepala Laboratorium Mekanika Rekayasa dan Struktur, JTS, FTSP, UII, 2009-sekarang. Pernah menjadi Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Universitas Islam Indonesia, 1998-2002, Ketua Jurusan Teknik Sipil FTSP UII, 1990-1992. Penghargaan yang pernah didapat dari World Bank (2007), University of Melbourne, Australia (2007), Karya Siswa Program Ph.D dari Rektor UII (2002-2006), Dosen Telada dari Mendikbud (1994). Tercatat sebagai anggota Concrete Institute Australia, Anggota Earthquake Engineering Group, CEE Department, University of Melbourne, sejak 2002, Anggota Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI), 1990-1992.

Adapun program unggulan yang ditawarkan:

  1. Perbaikan Sistem Penggajian (Sistem Renumerasi) di UII. Peningkatan kesejahteraan bagi dosen dan karyawan.
  2. Upaya Pencapaian International Recognition. UII merupakan universitas besar yang memiliki sumber daya manusia yang cukup banyak dan secara akademik memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing akan  dioptimalkan ke depan melalui peningkatan kualitas terukur pada proses belajar mengajar, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
  3. mplementasi Nilai-nilai Keislaman UII. Sasaran penguatan atau peningkatan nilai-nilai keislaman tidak semata-mata ditujukan hanya kepada para mahasiswa saja tetapi diarahkan juga untuk sivitas akademika UII lainnya.

Image Prof. Ir. H. R. Chairul Saleh, MSc., Ph.D. Lahir di Pamekasan, 17 Mei 1957. Dosen Program Studi Teknik Industri dan Program Magister Teknik Industri UII. Jabatan Akademik/Golongan, Pembina Tk I/IVb. Jabatan Institusi, Guru Besar FTI UII, Direktur Pascasarjana MTI, 2006-2008 dan Ketua JurusanTenik Industri, FTI. UII, 2006-sekarang. Tinggal di Jl Cempaka 3, Perum PLH Gunungsempu, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Pendidikan, S1 (Ir.) dari Jurusan Teknik Kimia, FTK UPN “Veteran” Yogyakarta, 1986. S2 (M.Sc.) dari Mechanic and Material Engineering, UKM Malaysia, 1998. S3 (Ph.D.) dari Electric, Elektronic and Engineering, UKM Malaysia, 2002. Pengalaman mengajar di Magister Management Agribisnis IPB Bogor, 2005. Prestasi Akademik yang diraih antara lain: Juara I Dosen Berprestasi UII 2006, Juara I Dosen Berprestasi UII 2007, Juara I Dosen Berpreatasi Tingkat Kopertis Wilayah V 2007. Konsultan Saintech SDN.BHD Malaysia untuk Aplikasi RFID Jamaah haji Indonesia dan Kehutanan RI, 2009-sekarang. Saat ini menjabat Direktur Pascasarjana MTI dan Ketua JurusanTenik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia.

Program Unggulan:

  1. Meningkatkan Standar Mutu Akademik melalui Research dan Pengabdian  Masyarakat yang berasaskan kepada Ahklaqul Karimah.
  2. Membangun International E-Library/Digital Library (dalam 2 tahun ke depan), dalam rangka membangun Islamic Reaserch Center.
  3. Melaksanakan program-program sosial bagi masyarakat UII dan masyarakat diluar UII khususnya anak yatim, fakir dan miskin serta yang memiliki kemampuan akademik dan semangat juang untuk perjuangan Islam.

Image Riyanto, S.Pd, M.Si, Ph.D, lahir di Ngawi, 4 Mei. Jabatan fungsional: Lektor Kepala/IIId, dosen Jurusan Kimia FMIPA UII. Bertempat tingal di Perum Griya Unisia Blok I No 8, Prumpung Rejodani, Sardonoharjo, Sleman, Yogyakarta. Pendidikan S1 di Kimia, Unja, 1996, M.Si (S2) Kimia UGM, dan Ph.D (S3) Kimia UKM Malaysia, 2008. Pengabdian masyarakat, bidang Pengelolaan Laboratorium di SMA 1 Muntilan, 2005, Pontensi Minyak Atsiri di Indonesia, 2008, Aplikasi Kimia di Dunia Kerja di SMA 1 Bambanglipuro, 2009, dan Biogas di Desa Margoluwih, 2009. Saat ini sebagai sekretaris Jurusan Kimia FMIPA UII.

Pengalaman penulisan buku: Pendahuluan Elektrosintesis 2008, Petunjuk Keamanan laboratorium 2004, Kimia Analisis Kuantitatif Volumetri 2004, Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) 2002, Validasi Metode 2009.

Program-program Unggulan:

  1. Penerapan nilai-nilai Islam untuk semua civitas akademika UII: mahasiswa, dosen dan karyawan sehingga meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT (QS 2:282)
  2. Optimalisasi pemanfaatan Sumber Daya yang dimiliki UII seperti: dosen, karyawan, mahasiswa dan sumber daya non manusia untuk mencari sumber dana selain mahasiswa. Seperti: technopreneurship, rumah sakit, perusahaan dari hasil penelitian, minyak atsiri dll.
  3. Peningkatan kesejahteraan karyawan dan peningkatan status karyawan.
  4. Perhatian khusus kepada Prodi dengan jumlah mahasiswa sedikit.
  5. Membangun jaringan dengan PT lain baik nasional maupun Internasional.
  6. Mewujudkan UII sebagai World Class University (WCU) dengan cara mempertahankan ISO 9001, ISO 17025 dan ISO-ISO yang lain.

Image Dr. Ir. Ruzardi, MS, lahir di Pariaman, 29 September 1955, dia dosen yayasan yang kemudian diangkat menjadi dosen negeri yang dipekerjakan (DPK). Jabatan Akademik/Golongan: Lektor Kepala/IVb. Jabatan structural Kepala Lembaga Penelitian UII, 2002-2006, Dekan FTSP UII 2006-sekarang, bertempat tinggal di Sedan, Sariharjo, No. 48 D. Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Pendidikan S1 di Teknik Sipil UII, 1985, MS (S2) Teknik Sipil Hidro ITB Bandung, 1992, DR (S3) Teknik Sipil Hidro, UKM Malaysia, 2002. Dalam berorganisasi, dia tercatat sebagai Ketua Keluaga Besar Padang-Pariaman, 2002 – sekarang, Ketua Komite Sekolah SMP 12 Yogyakarta, 2004-sekarang, Ketua Pembangunan Pondok Pesantren Yayasan Bina Umat Yogyakarta, 2003-sekarang, Ketua Alumni Haji Bina Umat 2003, 2006-sekarang. Dalam organisasi profesional tercatat sebagai anggota Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia (HATTHI), dan Ahli Prefesional Madya Sumber Daya Air. Karya Ilmiah: Simulasi potensi energi listrik tenaga pasang surut bagan siapi-api. (Prosiding Semiloka UNDIP, Semarang) 2008. Karakteristik guna tanah dan kerusakan daerah aliran sungai (DAS) kali code, Yogyakarta. (Jurnal Teknisia) 2006.

Program unggulan yang ditawarkan:

  1. Meningkatkan keunggulan keilmuan dan komitmen sivitas akademika serta tenaga kependidikan dalam penyelenggaraan aktivitas akademik dengan berbasis kepada Penjaminan Mutu.
  2. Meningkatkan kesejahteraan dosen dan karyawan pada standard layak (profesional) dengan menggali dari sumber-sumber profit non-mahasiswa.
  3. Memberdayakan dosen, karyawan dan mahasiswa dalam membentuk lingkungan yang Islami baik di dalam kampus maupun di luar kampus.

Image Prof. Ir. H. Sarwidi, MSCE., Ph.D., IP-U. Lahir di Sleman, 24 Agustus 1960. Dosen Program Studi Teknik Sipil dan Program Magister Teknik Sipil UII. Jabatan Akademik: Guru Besar. Jabatan Institusi, Wakil Rektor I UII. Jabatan Nasional, Pengarah Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia (BNPB RI), Eselon I. Tinggal di Tegalsari No. 11, Jl. Palagan TP Km 7, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. 55281. Pendidikan, S1 (Ir.) dari Jurusan Teknik Sipil, FTSP UII, 1986. S2 (MSCE.) dari Rensselaer Polytechnic Institute (RPI), New York, Amerika Serikat. Jurusan: Teknik Sipil dengan pendalaman pada bidang Rekayasa Kegempaan/Bangunan Tahan Gempa, 1993. S3 (Ph.D.) dari Rensselaer Polytechnic Institute (RPI), New York, Amerika Serikat. Jurusan: Teknik Sipil dengan pendalaman pada bidang Rekayasa Kegempaan/Bangunan Tahan Gempa, 1998. Istri: Hj. Nindya Dewi Purnamasari, Anak, Muh. ARNOLD Widhi Wibowo (Solo, Maret 1992), Nuha BORNINUSA Sarwidi (New York, Oktober 1997), Nabiha ANINDYA Sarwidi (Sleman, 8 Februari 2009). Pengalaman menjadi narasumber, Domestik, Departemen Pekerjaan Umum, Kementrian Perumahan rakyat, Departemen Kelautan dan Perikanan, Departemen Pendidikan nasional, Bank BRI, Perprov DIY dan Pemkab Sleman. Internasional, Uni Eropa, GAP Inc, Amerika Serikat, GTZ Jerman, Kedutaan besar Jepang, UNDP, JICA Jepang.

Program Kerja Unggulan:

  1. Mewujudkan kepemimpinan yang lebih berbasis pada kenabian (Sidiq, Amanah, Tabligh, Fathonah) melalui keteladanan dan pemanfaatan secara optimum TIK (teknologi informasi dan komunikasi) untuk silaturahmi.
  2. Meningkatkan perolehan hibah dan kolaborasi, baik dengan institusi domestik maupun dengan institusi internasional, untuk meningkatkan kualitas dan reputasi akademik (termasuk perbaikan rangking world class university).
  3. Meningkatkan jumlah dan mengembangkan pusat-pusat studi sebagai wahana berekspresi jiwa kecendekiawan, keislaman, kepemimipinan, keprofesionalan, dan kewirausahaan Dosen UII dalam peningkatan catur darmanya.

Image Prof. Ir. Widodo, MSCE, Ph.D. Lahir di Sragen, 8 September, 1953, dosen Teknik Struktur, Teknik Kegempaan, Jabatan Akdemik, Guru Besar, Pangkat/Golongan, Pembina Utama Madya, IV/b. Pendidikan S1 Teknik Sipil UII, 1982, S2 (MSCE) Civil Engineering University of the Philippines, 1987. S3 (Ph.D) Civil Engineering University of Canterbury, Christchurch, New Zealand, 1995. Sebelum menjabat Ketua Program Magister Rekayasa Kegempaan (MRK) 2007 – sekarang, pernah menjabat Dekan FTSP, 2 periode 1998 -2006, Ketua Jurusan Teknik Sipil 1988-1990. Dia juga penulis buku, Respons Dinamik Struktur Elastik, UII Press 2001, Rumah Tahan Gempa TUKU KALI, FTS UII 2007, serta Analisis Tegangan Bahan, dan Teknik Kegempaan, dalam proses.

Adapun program yang diunggulkan adalah :Adapun program yang diunggulkan Widodo yang akan dilaksanakan adalah :

  1. Berpartisipasi aktif bersama Badan Wakaf dalam mewujudkan kampus yang hijau, bersih  dihiasi taman bunga yang akan menjadi karakter Kampus UII dimasa yang akan datang. Mendorong dan berpartisipasi aktif dengan Badan Wakaf dalam membangun karakter fisik bangunan kampus,
  2. Membangun karakter yang kuat dalam bidang akademik dengan segala prasaratnya (termasuk perbaikan kualitas input mhs baru, kualitas proses pembelajaran, semua sumberdaya yang diperlukan dan pengelolaan output)  sebagaimana dicontohkan  sebelumnya. Membangun karakter mahasiswa yang  mampu mendorong tidak saja kecerdasan otak tetapi juga kecerdasan emosional dan spiritual,
  3. Memberdayakan alumni untuk memperkuat interaksi dan perannya dengan kegiatan Kampus, mengefektifkan semua organisasi-organisasi internal UII dan sumber daya karyawan potensial, serta mewujudkan Kampus UII sebagai kampus yang accountable di mata stakeholders dan memperkuat networking dengan lembaga/instansi luar.

Setiap kamu adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya.” (HR. Bukhari Muslim)




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!