Konferensi dan Seminar

Pengembangan ilmu pengetahuan dan perluasan wawasan memerlukan wadah aspirasi dan ruang diskusi akademik yang luas. Berbagai kegiatan seminar dan konferensi ilmiah diselenggarakan oleh Universitas Islam Indonesia sebagai jembatan untuk mempertemukan berbagai gagasan dan pengetahuan lintas bidang ilmu. Temukan berbagai informasi tentang kegiatan kami di UII.

Konferensi

Universitas Islam Indonesia telah menyelenggarakan berbagai kegiatan konferensi ilmiah baik di tingkat nasional maupun internasional yang mengundang komunitas akademik secara luas untuk berbagi gagasan dan mempresentasikan hasil penelitian terkini yang mereka lakukan. Beberapa agenda konferensi di UII bahkan telah dilaksanakan sebagai agenda dan menjadi program unggulan kami.

Seminar

Pelaksanaan seminar yang mengangkat berbagai tema yang berkaitan dengan disiplin ilmu dan isu populer juga mewarnai kampus UII sebagai ruang belajar yang luas untuk berbagai gagasan dan pengetahuan. Tak hanya itu, kegiatan dialog dan seminar yang secara khusus mengangkat tema moderasi Islam dan nilai kebangsaan juga menjadi agenda kegiatan unggulan yang dilaksanakan oleh Universitas Islam Indonesia

Jadwal Konferensi & Seminar di UII

5th National Conference on Accounting and Finance

Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta termasuk dalam jajaran universitas swasta terbaik di Indonesia, menurut data dari Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia pada tahun 2018. UII juga menyandang status sebagai universitas swasta tertua di Indonesia yang dididirikan pada 8 Juli 1945. Program Magister Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika (Prodi MAKSI FBE) UII menyelenggarakan pendidikan berkualitas tinggi dalam bidang Akuntansi yang telah memperoleh akreditasi tertinggi “Unggul” dari BAN-PT, juga mendapatkan ranking 451-500 dari QS World University Asia. Sebagai bagian dari universitas tertua dan terbaik di Indonesia, Program Magister Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika (Prodi MAKSI FBE) UII berusaha untuk menjaga standar tinggi dalam pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Prodi Maksi FBE UII telah bekerjasama dengan berbagai lembaga/institusi baik nasional maupun internasional. Pada level nasional, salah satunya dengan lembaga profesi di bidang Audit Forensik (LSPAF-Lembaga Sertifikasi Profesi Auditor Forensik) dan telah ditunjuk untuk mengelola Tempat Ujian Kompetensi (TUK) bagi para mahasiswa dan praktisi yang ingin memperoleh Sertifikasi di bidang Audit Forensik dengan gelar C.Fr.A pada tahun 2018. Sedangkan di level internasional, salah satunya prodi Maksi FBE UII mempunyai kerjasama dalam bentuk program dual degree dengan program Master of Professional Accounting (MPA) di bawah UWA Business Scool, University of Western Australia. Program dual-degree ini juga telah memperoleh ijin dari DIKTI dengan No. T/937/C.C5/KS.00.02/2019. Prodi Maksi FBE UII juga aktif dalam kegiatan dengan berbagai asosiasi yang berhubungan dengan perkembangan, baik untuk kepentingan akademik dan riset maupun institusional dalam upaya untuk mendapatkan informasi yang terkini.

Melanjutkan kesuksesan NCAF sebelumnya pada tahun 2018, 2019 dan 2020, Prodi Magister Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII akan mengadakan 5th National Conference on Accounting and Finance. Dalam seminar sebelumnya, NCAF UII berhasil menarik partisipan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia dari Provinsi Aceh sampai Papua. Mereka mempresentasikan artikel yang relevan dengan topik konferensi. 5th NCAF akan mengusung tema “Strategi dan Kebijakan Perpajakan dalam Pemulihan Ekonomi Nasional”, sebagai komitmen kami untuk berbagi dan mendiseminasikan pengembangan ilmu pengetahuan secara berkelanjutan, tepatnya di bidang akuntansi, bisnis dan ekonomi untuk beradaptasi dengan kondisi terkini dan turut berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional. Melalui seminar ini, kami turut mendukung kolaborasi nasional maupun internasional, berbagi ide dan mengembangkan jaringan antar ahli dan peserta pada bidang akuntansi dan bisnis.

  1. Sri Mulyani Indrawati, M.Sc., Ph.D. (Menteri Keuangan Republik Indonesia)
    Topik: Strategi dan kebijakan pemerintah di bidang perpajakan dalam pemulihan ekonomi nasional
  2. Prof. Dr. Mardiasmo, MBA., Ak., CA., QIA. (Ketua Komite Pengawas Perpajakan 2019-2022 dan Ketua Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia)
    Topik: Pengawasan pajak untuk perbaikan tata kelola pajak yang efisien, efektif, modern, transparan, dan akuntabel
  3. Darussalam, S.E., M.Si., LL.M, Int. Tax, CA. (Managing Partner of Danny Darussalam Tax Center)
    Topik: Perencanaan dan Manajemen Pajak era Pandemi dan Pascapandemi
  4. Hery Zudianto, S.E, MM. (Pengusaha, Owner Margaria Group)
    Topik: Dampak kebijakan Pajak terhadap pelaku usaha

5th National Conference on Accounting and Finance akan memilih artikel untuk dipresentasikan setelah melalui proses review. Artikel-artikel yang terpilih berkesempatan untuk dipublikasikan pada berbagai jurnal akademik di antaranya:

  • Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia (Sinta 2, Proquest,Google Scholar RePEc)
  • Jurnal Siasat Bisnis (ProQuest, DOAJ, RePEc, Google Scholar, Proses Akreditasi Sinta)
  • Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam (Sinta2, ProQuest, RePEc, Google Scholar)
  • Journal of Contemporary Accounting (Google Scholar, RePEc, Proses Akreditasi Sinta)

5th NCAF terdiri dari kegiatan utama yaitu seminar nasional dan call for papers yang dilaksanakan selama 2 hari, dengan rincian kegiatan sebagai berikut:

  • Seminar Nasional
Hari/Tanggal : Rabu, 29 September 2021
Waktu : 08:00 – 12:00 WIB
Tempat : Daring
  • Call for papers
Hari/Tanggal : Rabu-Kamis, 29-30 September 2021
Waktu : 08:00 – 16:00 WIB
Tempat : Daring
Batas Akhir Penerimaan Paper : 20 Agustus 2021
Pengumuman : 28 Agustus 2021
Pengumpulan Revisi Paper : 4 September 2021
Pelaksanaan Konferensi : 29-30 September 2021

Sangkalan: Jadwal kegiatan di atas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Silakan mengontak narahubung masing-masing kegiatan seminar atau konferensi ilmiah untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Gedung GBPH Prabuningrat (Rektorat)
Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia
Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

Telepon: +62 274 898444
Faks: +62 274 898459
Email: info[at]uii.ac.id

Akreditasi Institusi Unggul. Universitas Islam Indonesia telah mendapatkan Akreditasi Institusi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2021.