Mahasiswa

UII Learning Center

UII Learning Center adalah sebuah fasilitas yang menyediakan bantuan bagi mahasiswa UII untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan akademik di universitas. Layanan ini juga bertujuan untuk mengembangkan karakter dan membantu mahasiswa agar sukses secara akademik. Setiap mahasiswa dapat memilih layanan yang sesuai dengan permasalahan akademik masing-masing.

Peranan UII Learning Center adalah untuk membantu mahasiswa menjalani transisi yang baik dari kehidupan di SMA ke kehidupan dan situasi berbeda di perguruan tinggi. UII Learning Center juga memberikan fasilitas kepada mahasiswa berupa workshop tentang solusi dari berbagai masalah akademik yang mungkin berdampak pada kelancaran studi di UII, misalnya permasalahan manajemen waktu, penyesuaian akademik, manajemen stres, keterampilan presentasi, penulisan akademik, ataupun keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Mahasiswa yang memiliki hambatan dalam hal tersebut dapat menghubungi UII Leaning Center untuk berdiskusi dan mendapatkan solusi. UII Learning Center akan membantu mahasiswa untuk mengidentifikasi permasalahan dengan bantuan dari tutor yang ahli di bidangnya.

Kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut: learning.uii.ac.id

Mobilitas Internasional

Universitas Islam Indonesia (UII) mendorong staf akademik/non-akademik dan mahasiswanya untuk berpartisipasi dalam kegiatan mobilitas internasional. Saat ini UII telah bermitra dengan lebih dari 100 lembaga di lebih dari 10 negara, oleh karena itu UII telah membuka akses kesempatan memperoleh pengalaman internasional untuk memperluas wawasan dan membuka peluang mengembangan karir di level internasional. Untuk itu, optimalkan pengalaman internasional dan perluas cakrawala anda.

Program Mobilitas Internasional untuk Mahasiswa

Peluang mobilitas internasional terbuka bagi semua mahasiswa UII. Anda dapat memilih jenis program yang sesuai dengan bidang kelimuan yang sedang ditempuh dan karir Anda di masa depan.

Jenis program mobilitas internasional di UII dapat dikategorikan sebagai berikut:

  1. Program pendek – berdurasi kurang dari satu semester seperti program musim panas/musim dingin, program magang, pelatihan praktis, kursus singkat, lomba, seminar internasional/konferensi dll;
  2. Program transfer kredit – berdurasi satu semester atau lebih. Program ini dilaksanakan berdasarkan pada perjanjian kerjasama antara UII dan Universitas mitra;
  3. Gelar ganda – berdurasi 1 hingga 2 tahun.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai jenis program yang dapat diikuti, silakan akses ke laman ini.

Isu Permasalahan Mobilitas Internasional

Untuk aktivitas internasional tertentu, dukungan keuangan mungkin tersedia untuk memfasilitasi pengalaman luar negeri anda, namun demikian skema pendanaan akan tergantung pada jenis program dan perjanjian dengan lembaga mitra.

Mayoritas program yang ditawarkan di Universitas mitra di luar negeri dilakukan dalam bahasa Inggris, sehingga jika anda merasa bahwa kapasitas bahasa Inggris anda masih perlu ditingkatkan, anda dapat mengikuti kursus bahasa Inggris baik di pusat bahasa UII – CILACS atau di lembaga kursus bahasa lainnya di Yogyakarta. Kemampuan berbahasa Inggris akan menjadi salah satu manfaat berpartisipasi dalam kegiatan internasional.

Anda dapat memilih dari berbagai program yang sesuai dengan cita-cita dan kebutuhan anda. Program pendek dapat menjadi pilihan karena biasanya ditawarkan pada masa liburan semester. Selain itu, anda juga dapat berpartisipasi pada program transfer kredit  dengan durasi satu semester yang memungkinkan anda untuk mendapatkan poin kredit akademik dari Universitas mitra UII. Partisipasi anda dalam setiap aktivitas mobilitas internasional akan memberikan anda peluang menimba pengalaman lintas budaya dan ketrampilan diri yang menjadikan nilai tambah pada kemampuan akademik anda.