Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil meraih penghargaan sebagai perguruan tinggi dengan kinerja Situs Pengelolaan Edukasi Kebanksentralan Online (SPEKTRO) terbaik dari Bank Indonesia (BI) Institute. Penghargaan secara simbolis diterima oleh Listya Endang Artiani SE., M.SI selaku dosen prodi Ilmu Ekonomi UII dalam acara Workshop SPEKTRO dan Training of Trainer (ToT) Kebanksentralan pada Rabu (18/4) hingga Jum’at (20/4) di Hotel Borobudur Jakarta.

Listya Endang Artiani SE., M.Si menjelaskan acara workshop tersebut dilaksanakan oleh BI Institute dalam rangka menjalin kerjasama kebanksentralan. “Bank Indonesia telah menggunakan Situs Pengelolaan Edukasi Kebanksentralan Online (SPEKTRO) dan secara rutin menyelenggarakan Training of Trainer (ToT) bagi dosen pengampu mata kuliah (MK) kebanksentralan,” ungkapnya.

Ia menambahkan SPEKTRO dan ToT diperuntukkan khusus bagi seluruh Perguruan Tinggi (PT) yang telah menandatangani Nota Kesepahaman terkait Kebanksentralan dengan Bank Indonesia yang terdiri dari 74 perguruan tinggi. UII termasuk salah satu di antaranya.

Selain UII beberapa perguruan tinggi lainnya yang mendapatkan penghargaan adalah Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Malang, Universitas Jenderal Soedirman, dan Universitas Trisakti.

Pada kesempatan yang sama, BI Institute juga membentuk Community of Practice sebagai sarana sharing pengetahuan para spesialis Kebanksentralan. Komunitas tersebut beranggotakan para akademisi dari 74 perguruan tinggi yang telah menandatangani nota kesepahaman. Dosen Ilmu Ekonomi UII, Listya Endang Artiani SE., M.SI terpilih sebagai Alternate moderator dan peserta terbaik dalam workshop SPEKTRO dan ToT Kebanksentralan tersebut. (EF)