Peningkatan peran dan reputasi institusi bisa dilakukan dengan berbagai hal termasuk bekerjasama dengan berbagai industri eksternal. Untuk itu, Universitas Islam Indonesia (UII) melakukan beberapa kerjasama dengan berbagai perusahaan yang bergelut di bidang ilmu pengetahuan, sains, dan teknologi (IPTEKS). Penandatanganan kerjasama Memorandum of Understanding (MoU) dilaksanakan di Auditorium Kahar Mudzakir pada Selasa (7/11) yang bersamaan dengan event UII Open Days.

Disampaikan Kepala KAUNI UII, Dr. Ir. Sugini, MT. IAI bahwa kerjasama bertujuan mewujudkan kesepahaman bersama dengan memanfaatkan potensi, keahlian, dan fasilitas yang dimiliki kedua instansi. Keduanya sepakat untuk meningkatkan kerjasama di bidang pemanfaatan sumber daya ipteks, advokasi, dan pelayanan industri.

“Terjalinnya kerjasama antara UII dan industri-industri ipteks bisa menaikkan peran UII dalam mensejahterahkan masyarakat. Serta meningkatkan reputasi UII dalam kerjasama eksternal dan meningkatkan struktur finansial keuangan”, jelas Dr. Sugini.

Ia juga menambahkan Perjanjian MoU tersebut akan menaungi Memorandum of Association (MoA) yang akan terjadi setelah kerjasama ini. Harapannya hal ini bisa membentuk matris dalam bentuk pelayanan sertifikasi dan training untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia.

Perjanjian yang pertama yaitu kerja sama antara UII dengan Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir Badan Teknologi Nuklir Nasional (STTN BATAN) dalam penyediaan program dan anggaran implementasi kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Rektor UII, Nandang Sutrisno S.H.,LL.M.,M.Hum.,Ph.D dan Ketua STTN BATAN Edy Giri Rachman Putra, Ph.D. Sehubungan dengan potensi kerja sama dalam perluasan ruang lingkup antara Program Studi D III Analisis Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UII dengan Program Studi D IV Teknokimia dan Nuklir STTN BATAN Nomor 73 Tahun 2014.

Kemudian dilanjutkan perjanjian kerja sama Kantor Aliansi Universitas dan Industri (KAUNI) UII dengan dengan Direktur PT Surya Unggul Nusa oleh Kukuh Santiko Wijaya, ST. Kerjasama akan berfokus pada bidang pemanfaatan sumber daya ipteks dalam rangka riset, advokasi dan pengembangan industri.

Perjanjian terakhir yaitu kerja sama antara  KAUNI UII dan Pusat Studi Transportasi dan Logistik (PUSTRAL) Universitas Gadjah Mada. Penandatanganan dilakukan oleh Ketua KAUNI dengan Kepala Pustral UGM Prof. Ir. Nur Yuwono, DipHE, Ph.D. (SDS)

Save