International Program

Globalization at Home

International Program (IP) UII adalah kelas internasional yang diselenggarakan oleh program studi tertentu di lingkungan UII yang menggunakan bahasa asing sebagai bahasa pengantar perkuliahan. IP UII memiliki aktivitas pendukung berupa program matrikulasi (Bridging Program) serta program pengembangan karakter (Character Building Program) yang bertujuan untuk menguatkan keterampilan non teknis (soft skills) mahasiswa sehingga mampu bersaing di dunia global (global leadership). Mahasiswa IP UII juga memiliki kesempatan mengakses kegiatan mobilitas internasional dengan universitas luar negeri mitra UII, seperti pertukaran mahasiswa, program gelar ganda, dan sebagainya.

International Program di UII

Bahasa pengantar pada kelas IP UII sepenuhnya diselenggarakan dalam bahasa Inggris. Untuk Program Studi Ahwal Al Syakhshiyah, bahasa pengantar adalah bahasa Arab (70%) dan Inggris (30%). Khusus untuk Program Studi Ilmu Komunikasi, perkuliahan dengan bahasa Inggris dilaksanakan separuh dari total jumlah mata kuliah yang diselenggarakan.

Pada tahun akademik 2018/2019, terdapat 10 (sepuluh) program studi di lingkungan UII yang menawarkan International Program yaitu sebagai berikut:

Program Studi
Bahasa Pengantar
Manajemen (Management) Inggris
Akuntansi (Accounting) Inggris
Ekonomi Pembangunan (Economics) Inggris
Hukum (Law) Inggris
Teknik Industri (Industrial Engineering) Inggris
Teknik Kimia (Chemical Engineering) Inggris
Informatika (Informatics) Inggris
Teknik Sipil (Civil Engineering) Inggris
Arsitektur (Architecture) Inggris
Farmasi (Pharmacy) Inggris
Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyah) Arab & Inggris
Ilmu Komunikasi (Communication Science) Inggris
Hubungan Internasional (International Relations) Inggris

Sebagian program studi dengan IP menawarkan pilihan kegiatan mobilitas, seperti program gelar ganda dengan beberapa universitas mitra di luar negeri, seperti dengan Saxion University of Applied Sciences (Belanda), University of Gloucestershire (Inggris), Youngsan University (Korea Selatan), The University of Queensland (Australia), dan Nanjing Xiaozhuang University (Tiongkok). Mahasiswa yang masuk dalam International Program juga dapat mengikuti program credit transfer selama satu semester, seperti yang telah dilaksanakan di Solbridge International School of Business (Korea Selatan) dan kegiatan mobilitas global lainnya yang ditawarkan oleh berbagai universitas mitra UII di luar negeri.

Keunggulan IP UII tak hanya sebatas pada penggunaan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam kegiatan perkuliahan. IP UII telah mengembangkan Character Building Program (CBP) yang terdiri atas rangkaian pelatihan pengembangan karakter dan soft skills melalui berbagai kegiatan seperti Bridging Program, Outbound Management Training, Leadership Training, dan beberapa kegiatan lainnya.

Prospek Karier

Hasil penelusuran alumni IP UII menunjukkan bahwa sebagian besar lulusan IP UII memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan kompetensinya, baik di dalam maupun di luar negeri, dalam jangka waktu kurang dari 4 (empat) bulan setelah lulus. Hal ini membuktikan bahwa IP UII telah berhasil membentuk lulusan yang dapat diandalkan dalam persaingan global.

Beberapa lulusan IP UII yang saat ini telah menempati jabatan dan posisi eksekutif pada perusahaan multinasional di antaranya seperti Syah Rizal Hamdallah, Director, Fellow Global Innovation & Breakthrough Navigation, SC Johnson; dan Dimas Novriandi, Head of Business Development di Mirum Agency, dan Iswoyo Seno Saputro, Marketing Director di Maesindo Indonesia. Tak sedikit pula alumni IP UII yang berkarir di institusi pemerintahan seperti Amita Pramasufi, Third Secretary for Protocol and Economic Affairs, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Sofia, Bulgaria; dan Adib Zaidani Abdurrochman, Third Secretary for Economic Affairs (Trade Specialist) di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Pretoria, Afrika Selatan.

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 4 program diploma, 24 program sarjana, 11 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2018/2019 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below:

Gedung GBPH Prabuningrat (Rektorat)
Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia
Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

Telepon: +62 274 898444
Faks: +62 274 898459
Email: info[at]uii.ac.id

Akreditasi Institusi A. Universitas Islam Indonesia telah mendapatkan Akreditasi Institusi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sejak tahun 2013.