Doktor Ilmu Hukum

Fakultas Hukum
Program Studi Hukum Program Doktor

Rekognisi Global Untuk Doktor Hukum Profesional

Keberhasilan seseorang mahasiswa S-3 sekurang-kurangnya ditentukan oleh kemampuan memahami (understanding), menjelaskan (explanation teori-teori dan fakta-fakta (facts) secara utuh mengenai persoalan hukum melalui suatu pendekatan yang komprehensif dan mampu memecahkan suatu problema dengan mengajukan berbagai alternatif secara ilmiah. Pemecahan persoalan secara sistematis tersebut mengisyaratkan mahasiswa untuk menguasai hakekat ilmu dan cara memperoleh kebenaran ilmiah. Dengan cara pemahaman seperti itu diharapkan mahasiswa mampu membangun suatu paradigma ilmu hukum dengan menggunakan metode penelitian yang kondusif bagi tujuan-tujuan akademik yang kritis, kontributif, inovatif dan aplikatif.

Lebih dari sekedar standar akademik, Doktor lulusan UII memiliki ciri yang khusus. Mereka selain harus memahami kaitan-kaitan sinergis antara problem hukum dengan fungsi Filsafat Ilmu dan Filsafat Hukum serta Teori Ilmu Hukum dengan asas-asas hukum, teori-teori dan peraturan hukum, juga mampu membangun paradigma baru Ilmu Hukum yang Islami, dengan menempatkan Kedudukan Al-Qur’an, Hadist dan Ijtihad sebagai sumber hukum yang dapat menjadi inspirasi intelektual dan ketauladanan.

Dari hasil penelitiannya tersebut diharapkan mampu memberikan kontribusi teoritik pada perkembangan ilmu hukum dan memberi kontribusi secara pragmatik terhadap kebijakan pemerintah dan perbaikan pada umat Islam serta masyarakat secara luas. Suatu pandangan yang ideal menempatkan Islam sebagai kebenaran dan sistem nilai yang memiliki kemampuan ferifikatif dan daya saing tinggi atas teori-teori lainnya. Kerena itu, metode dan analisis perbandingan antara sistem hukum yang satu dengan yang lainnya, termasuk antara hukum Islam dan Barat mendapatkan tempat yang seimbang dalam kurikulum.

Atas dasar itu maka proses pendidikan S-3 diarahkan kepada kemampuan melakukan penelitian, baik penelitian doktrinal (menganalisis persoalan hukum melalui penelusuran peraturan, perundang-undangan dan jurisprudensi), maupun penelitian non-doktrinal atau sosio-hukum yang akan melihat persoalan hukum dalam hubungannya dengan sistem sosial, politik, ekonomi dan budaya masyarakat. Kedua kemampuan tersebut merupakan proses terpadu yang diarahkan untuk melahirkan SDM yang kompeten dan penuh integritas dalam melakukan pendidikan, pengajaran dan penelitian serta pengabdian pada masyarakat secara mandiri.

Peluang Karier

Lebih dari sekedar standar akademik, Doktor lulusan UII memiliki ciri yang khusus. Mereka selain harus memahami kaitan-kaitan sinergis antara problem hukum dengan fungsi Filsafat Ilmu dan Filsafat Hukum serta Teori Ilmu Hukum dengan asas-asas hukum, teori-teori dan peraturan hukum, juga mampu membangun paradigma baru Ilmu Hukum yang Islami, dengan menempatkan Kedudukan Al-Qur’an, Hadist dan Ijtihad sebagai sumber hukum yang dapat menjadi inspirasi intelektual dan ketauladanan.

Syarat Umum

SYARAT UMUM

  1. Lulus Magister (S-2) Ilmu Hukum atau Syariah
  2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) S-1 dan S-2 minimal 3,25
  3. Mengisi formulir pendaftaran yang dilampiri dengan :
    • Surat rekomendasi akademik dari 2 orang minimal setingkat Doktor.
    • Fotocopy ijazah S-1 dan S-2 serta transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh yang berwenang, masing-masing 2 lembar.
    • Surat pernyataan kesediaan menjadi “full time students” bermaterai.
    • Draft proposal penelitian untuk penulisan Disertasi (kuarto, 1.5 spasi, maksimal 15 halaman).
    • Surat keterangan beasiswa (jika ada).
    • Fotocopy artikel atau karya ilmiah yang pernah dipublikasikan pada Jurnal Hukum Terakreditasi (jika ada).
    • Fotocopy karya ilmiah berupa buku atau hasil penelitian (jika ada).
    • Fotocopy kartu identitas pribadi (KTP/SIM).
    • Fotocopy paspor bagi mahasiswa asing (WNA).
    • Pas foto berwarna ukuran 4×6 dan 3×4 masing-masing 4 lembar.
    • Kuitansi/slip pembayaran pendaftaran dari Bank. Biaya pendaftaran sebesar Rp 1.000.000,- dibayarkan melalui Bank Syariah Mandiri Yogyakarta an Pasca Doktor Hukum UII no.rek : 2290018844
  4. Mengikuti Tes Masuk yang terdiri dari tes potensi akademik (TPA), tes CEPT, dan tes wawancara
  5. Lulus seleksi. Kriteria kelulusan ditentukan berdasarkan hasil Tes TPA, CEPT, wawancara, dan penilaian terhadap berkas-berkas yang dilampirkan
Waktu Pendaftaran

Waktu pendaftaran dibagi menjadi 2 gelombang.

  • Gelombang I dilaksanakan pada bulan Februari minggu ke-1 s.d. Mei minggu ke-1. Tes masuk dilaksanakan pada Mei minggu ke-2.
  • Gelombang II dilaksanakan pada bulan Mei minggu ke-2 s.d. Agustus minggu ke-1. Tes masuk dilaksanakan pada Agustus minggu ke-2.

Brosur dan formulir dapat diunduh di sini :

Komponen & Perkiraan Biaya Studi

KOMPONEN BIAYA STUDI

  1. Kuitansi/slip pembayaran pendaftaran dari Bank. Biaya pendaftaran sebesar Rp 1.000.000,- dibayarkan melalui Bank Syariah Mandiri Yogyakarta an Pasca Doktor Hukum UII no.rek : 2290018844
  2. Mengikuti Tes Masuk yang terdiri dari tes potensi akademik (TPA), tes CEPT, dan tes wawancara
  3. Lulus seleksi. Kriteria kelulusan ditentukan berdasarkan hasil Tes TPA, CEPT, wawancara, dan penilaian terhadap berkas-berkas yang dilampirkan

Mobilitas Global

Informasi Lebih Lanjut

Situs web Program Doktor Ilmu Hukum, klik di sini.

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 4 program diploma, 24 program sarjana, 12 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2018/2019 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
Dr.Doktor (S3)
Durasi Studi
8 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Sekretariat Program Doktor Ilmu Hukum
Kampus
Jl. Cik Di Tiro No.1 Yogyakarta 55283
Telp/fax : 0274 – 520661
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯ Akreditasi A (BAN-PT)

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: