Beasiswa

Universitas Islam Indonesia berkomitmen untuk memberikan kesempatan pendidikan yang lebih luas dengan menawarkan berbagai skema beasiswa dan bantuan biaya pendidikan untuk mahasiswa baru, mahasiswa aktif, dan juga mahasiswa asing melalui pendanaan internal UII maupun sumber dana eksternal dari institusi mitra kami.

Beasiswa untuk Mahasiswa Baru (Domestik)

Pada Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2021/2022, Universitas Islam Indonesia memberikan kesempatan bagi mahasiswa baru program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan melalui seleksi program beasiswa sesuai dengan ketentuan. Program beasiswa yang ditawarkan meliputi: Beasiswa Hafiz Al-Qur’an 15 juz dan 30 juz; Beasiswa Duafa; Beasiswa Santri Unggulan UII; Beasiswa Atlet & Juara Seni; serta Beasiswa Unggulan.

Kategori ini ditujukan bagi siswa yang memiliki keunggulan berupa capaian prestasi cabang olahraga atau seni sesuai dengan tabel di bawah ini. Khusus kategori ini, peserta yang dinyatakan diterima diberikan beasiswa berupa dibebaskan biaya studi (maksimal 8 semester untuk S1 dan 6 semester untuk D3) dan Dana Catur Darma. Beasiswa ini dibuka untuk semua Program Studi S1 dan D3, kecuali Program Studi Kedokteran.

No. Cabang Olahraga No. Cabang Seni
1 Bola Basket 1 Musabaqah Tilawatil Qur’an
2 Bola Voli 2 Musabaqah Tartilil Qur’an
3 Softball 3 Musabaqah Qira’at Sab’ah
4 Bulutangkis 4 Musabaqah Hifzhil Qur’an (5, 10, 20, atau 30 Juz)
5 Sepakbola 5 Musabaqah Khaththil Qur’an (Kaligrafi)
6 Futsal 6 Debat Bahasa Arab
7 Tenis 7 Debat Bahasa Inggris
8 Panjat Tebing 8 Paduan Suara
9 Pencak Silat 9 Marching Band
10 Taekwondo 10 Fotografi
11 Karate 11 Desain Grafis
12 Kempo 12 Animasi

Program Beasiswa Duafa ditujukan bagi siswa berprestasi dengan kemampuan akademik yang tinggi dan membutuhkan bantuan biaya pendidikan. Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini akan dibebaskan dari biaya studi (maksimal 8 semester untuk S1 dan 6 semester untuk D3) dan Dana Catur Darma.

Program ini ditujukan bagi calon mahasiswa pada program studi jenjang sarjana (S1) dan diploma (D3) di semua fakultas, dengan kuota per program studi adalah maksimal 3 (tiga) mahasiswa.

Persyaratan dan prosedur program beasiswa ini mengikuti ketentuan pada Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB) Beasiswa Duafa.

Detail informasi tentang pola seleksi PSB Beasiswa Duafa dapat diakses di laman https://pmb.uii.ac.id/psb-beasiswa/

SASARAN PROGRAM

Sasaran program beasiswa ini adalah mahasiswa baru UII Tahun Akademik 2021/2022 atau lulusan pondok pesantren Tahun Akademik 2020/2021 yang memiliki kemampuan menghafal Al-Qur’an minimal 15 juz serta memiliki kemampuan akademik tinggi.

JENIS BEASISWA
Beasiswa ini terdiri atas 2 (dua) macam, yakni:

  • Beasiswa Hafiz Alquran 30 Juz
  • Beasiswa Hafiz Alquran 15 Juz

PERSYARATAN
Persyaratan pendaftaran Beasiswa Hafiz Alquran 30 Juz

  1. Dinyatakan lolos seleksi sebagai calon mahasiswa baru UII Tahun Akademik 2021/2022 melalui jalur seleksi Penelusuran Hafiz Al-Qur’an (PHA).
  2. Calon mahasiswa yang hafal Al-Qur’an 30 juz dibuktikan dengan syahadah dari mursyid/ pengasuh.
  3. Menyerahkan rekomendasi dari mursyid/ pengasuh.
  4. Lulus tes hafalan dan seleksi wawancara yang dilakukan oleh Tim Penguji yang telah ditunjuk oleh UII.
  5. Tidak berstatus sebagai penerima beasiswa dari sumber lain.

KOMPONEN BEASISWA
Komponen Beasiswa Hafiz Alquran 30 Juz

Sebagai Penerima Beasiswa Hafiz Alquran 30 juz, mahasiswa berhak untuk mendapatkan beasiswa yang meliputi:

  1. Bebas biaya Pendidikan di UII
  2. Bebas Dana Catur Darma
  3. Bantuan Biaya Hidup sebesar Rp. 450.000,- (empat ratus luma puluh ribu rupiah) per bulan.

PERSYARATAN
Persyaratan pendaftaran Beasiswa Hafiz Alquran 15 Juz

  1. Dinyatakan lolos seleksi sebagai calon mahasiswa baru UII Tahun Akademik 2021/2022 melalui jalur seleksi Penelusuran Hafiz Al-Qur’an (PHA).
  2. Mahasiswa yang hafal Al-Qur’an 15 juz atau lebih yang dibuktikan dengan syahadah dari mursyid/ pengasuh.
  3. Menyerahkan rekomendasi dari mursyid/ pengasuh.
  4. Lulus tes hafalan dan seleksi wawancara yang dilakukan oleh Tim Penguji yang telah ditunjuk oleh UII.
  5. Tidak berstatus sebagai penerima beasiswa dari sumber lain.

KOMPONEN BEASISWA
Komponen Beasiswa Hafiz Alquran 15 Juz

Sebagai Penerima Beasiswa Hafiz Al-Qur’an 15 juz, mahasiswa berhak untuk mendapatkan beasiswa yang meliputi:

  1. Bebas biaya pendidikan di UII
  2. Bebas Dana Catur Darma

Rincian dan besaran dana sebagaimana dimaksud sebelumnya ditetapkan dengan Keputusan Rektor berdasarkan usulan pengelola beasiswa (Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan – DPK UII).

KUOTA PENERIMA BEASISWA
Kuota penerima beasiswa Hafiz Al-Qur’an adalah 1 (satu) orang per program studi di UII.

JANGKA WAKTU PEMBERIAN BEASISWA
Beasiswa Hafiz Al-Qur’an UII diberikan kepada mahasiswa:

  1. Selama menempuh pendidikannya pada program sarjana di Universitas Islam Indonesia dan paling lama sampai semester 8 (delapan) secara berurutan; atau
  2. Selama menempuh pendidikannya pada program diploma di Universitas Islam Indonesia dan paling lama sampai semester 6 (enam) secara berurutan.
  3. Beasiswa akan dievaluasi tiap semester yang berupa evaluasi hafalan dan evaluasi akademik.
  4. Beasiswa dapat diperpanjang jika penerima beasiswa memenuhi kualifikasi minimal dalam proses monitoring dan evaluasi yang dilakukan tiap semester oleh universitas.

MEKANISME PENDAFTARAN DAN SELEKSI
Secara umum, mekanisme pendaftaran untuk mengikuti seleksi Beasiswa Hafiz Al-Qur’an adalah dengan mengikuti proses pendaftaran dan seleksi pada pola Penelusuran Hafiz Al-Qur’an (PHA) sesuai ketentuan yang berlaku.

WAKTU PENYELENGGARAAN SELEKSI
Seleksi Beasiswa Hafiz Al-Qur’an mencakup tes hafalan dan wawancara, dan diselenggarakan bersamaan dengan pola seleksi PHA (lihat jadwal selengkapnya pada halaman Pola Seleksi):

Catatan: Apabila kuota penerima Beasiswa Hafiz Al-Qur’an untuk program studi sudah terpenuhi pada PHA I, maka kuota tersebut tidak dibuka untuk seleksi PHA II.

Program Beasiswa Santri Unggulan UII merupakan upaya implementasi atas misi dan tujuan Universitas Islam Indonesia (UII) yang secara spesifik bertujuan untuk memberikan bekal kepada kader-kader pemimpin umat di masa yang akan datang, yang siap konsep dan siap praktik serta memantapkan dan memadukan antara agama, sains dan teknologi. Program ini ditujukan bagi calon mahasiswa pada program studi jenjang sarjana di semua fakultas, kecuali Prodi Kedokteran (FK).

Kuota beasiswa ini adalah maksimal 40 mahasiswa.

Mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi akan mendapatkan beasiswa berupa:

  1. Pembebasan dari pembayaran uang kuliah, dana Catur Darma Perguruan Tinggi dan pembayaran lain sesuai dengan ketentuan yang berlaku di universitas;
  2. Pembebasan biaya pendidikan dan pengajaran di Pondok Pesantren UII; dan
  3. Menempati Pondok Pesantren UII dan menggunakan fasilitas yang diperuntukkan bagi santri sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Pondok Pesantren UII.

Persyaratan dan prosedur program beasiswa ini mengikuti ketentuan pada Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB) Beasiswa Santri Unggulan UII.

Detail informasi tentang pola seleksi PSB Beasiswa Santri Unggulan UII dapat diakses di laman https://pmb.uii.ac.id/psb-beasiswa/

SASARAN PROGRAM

Sasaran program beasiswa ini adalah mahasiswa baru UII Tahun Akademik 2021/2022 yang memiliki prestasi baik akademik maupun non akademik.

PERSYARATAN

  1. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif program sarjana Universitas Islam Indonesia Angkatan 2021, dibuktikan dengan fotokopi Kartu Mahasiswa;
  2. Memiliki nilai rata-rata rapor selama SMA minimal 7,5 untuk skala 1-10, minimal 75 (tujuh puluh lima) untuk skala nilai 1 – 100, atau minimal 3,00 (tiga koma nol) untuk skala 1 – 4;
  3. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik (setara dengan skor 450 TOEFL), dibuktikan dengan Sertifikat TOEFL (atau sejenisnya);
  4. Memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an yang benar dan hafal beberapa surat dalam juz amma, dibuktikan dengan hasil tes Baca Tulis Al-Qur’an (BTAQ) oleh Tim Penguji;
  5. Memiliki kepribadian dan karakter yang baik, dibuktikan dengan hasil wawancara psikologis oleh Tim Penguji;
  6. Memiliki prestasi akademik dan non akademik (olahraga, seni, penalaran) selama pendidikan sebelumnya, dibuktikan dengan sertifikat penghargaan; dan
  7. Tidak berstatus sebagai penerima beasiswa lain baik internal maupun eksternal, dibuktikan dengan surat keterangan dari Dekan Fakultas.

KOMPONEN BEASISWA

Sebagai Penerima Beasiswa Unggulan Universitas Islam Indonesia, mahasiswa berhak untuk mendapatkan beasiswa yang meliputi:

  1. Bantuan Biaya Pendidikan di UII (bebas biaya SPP tetap, bebas biaya SPP variabel sesuai dengan pengambilan jumlah SKS tiap semester, bebas biaya KKN)
  2. Bantuan Dana Catur Darma sebesar maksimal Rp.5.000.000,-

Rincian dan besaran dana sebagaimana dimaksud sebelumnya ditetapkan dengan Keputusan Rektor berdasarkan usulan pengelola beasiswa (Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan – DPK UII)

KUOTA PENERIMA BEASISWA

Kuota penerima beasiswa ditentukan berdasarkan keputusan hasil rapat pimpinan UII dengan pengelola beasiswa (DPK UII).

JANGKA WAKTU PEMBERIAN BEASISWA
Beasiswa Unggulan UII diberikan kepada mahasiswa selama menempuh pendidikannya pada program sarjana di UII dan paling lama sampai semester 8 (delapan) secara berurutan jika penerima beasiswa memenuhi kualifikasi minimal dalam proses monitoring dan evaluasi yang dilakukan tiap semester oleh universitas.

MEKANISME PENDAFTARAN DAN SELEKSI
Secara umum, mekanisme pendaftaran untuk mendapatkan beasiswa adalah dengan mengajukan permohonan secara tertulis disertai dengan bukti-bukti pelengkap sesuai dengan persyaratan yang diminta. Setelah itu, mahasiswa akan mengikuti seleksi dengan Tim Penguji pada waktu yang sudah ditentukan oleh pengelola beasiswa.

WAKTU PENYELENGGARAAN SELEKSI
Seleksi Beasiswa Unggulan diselenggarakan pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022 dengan mengikuti jadwal akademik yang berlaku. Detail informasi mengenai proses seleksi Beasiswa Unggulan akan diumumkan di laman kemahasiswaan.uii.ac.id.

Beasiswa untuk Mahasiswa Asing

UII memberikan kesempatan bagi siswa asing (bukan pemegang paspor Indonesia) untuk dapat menempuh pendidikan di Universitas Islam Indonesia melalui penawaran beasiswa internal UII maupun program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah dan pihak eksternal.

Universitas Islam Indonesia (UII) is committed in educating students to become future global leaders by providing opportunities for international students to learn along with UII.

Every year, UII has offered Future Global Leaders Scholarships to 50 foreign students to study in a Bachelor or a Diploma program at UII. These Scholarships are given to high school graduates who are citizens of countries other than Indonesia and have completed their education in high school or equivalentT. The FGLS scholarship recipient will be free of registration fees and tuition fees throughout their undergraduate study at UII.

Further information, please click the following link:

The Kemitraan Negara Berkembang (KNB) Scholarship is financial assistance offered by the Indonesian Government to International students coming from developing countries to pursue their master’s and doctorate degrees in Indonesian Universities.

KNB offers an experience of studying in top universities in Indonesia and at the same time living in one of the world’s most diverse and vibrant societies. By getting the scholarship, students will experience quality postgraduate programs managed by 23 prominent universities in Indonesia, including Universitas Islam Indonesia (UII).

Further information, please click the following link:


Mitra/Sumber Beasiswa Eksternal

Skema beasiswa yang ditawarkan tak hanya berasal dari pendanaan internal saja. Berbagai skema beasiswa eksternal juga ditawarkan oleh institusi mitra UII. Total nilai beasiswa yang disalurkan setiap tahunnya mencapai lebih dari 10 miliar rupiah dan didistribusikan kepada lebih dari 1.500 mahasiswa.

Informasi lebih lengkap tentang layanan beasiswa bagi mahasiswa baru dan mahasiswa aktif UII dapat diakses melalui situs web Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan (DPK) melalui tautan di bawah ini atau hubungi 0274-898444 Ekstensi 1221

UII Excellent Community

Mahasiswa UII yang berstatus sebagai penerima beasiswa dibina secara khusus oleh Universitas melalui program-program DPK UII. DPK UII membentuk sebuah unit khusus atau komunitas yang diberi nama UII Excellent Community yang beranggotakan semua mahasiswa penerima Beasiswa Bidik Misi, Beasiswa Unggulan UII, Beasiswa Hafidz/Hafizah.

Program-program bagi UII Excellent Community didesain dan dikawal secara sungguh-sungguh oleh Divisi Kepribadian dan Kesejahteraan DPK UII bekerja sama dengan Pusat Psikologi Terapan UII dengan harapan bahwa para mahasiswa penerima beasiswa benar-benar mampu menjadi pribadi yang unggul dan berkontribusi aktif dalam kegiatan di kampus maupun di luar kampus.

Area pengembangan yang diterapkan pada UII Excellent Community adalah Islamic characters, academic skills, social skills, leadership skills, dan sensitivity to social problems. Sedangkan aktivitas pembinaan yang rutin dilaksanakan di antaranya meliputi pelatihan intrapersonal, pelatihan interpersonal, pelatihan kepemimpinan Islami (outbond training), kelas inspirasi, social project competition.

.

Gedung GBPH Prabuningrat (Rektorat)
Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia
Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

Telepon: +62 274 898444
Faks: +62 274 898459
Email: info[at]uii.ac.id

Akreditasi Institusi A. Universitas Islam Indonesia telah mendapatkan Akreditasi Institusi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sejak tahun 2013.