Memperkuat Riset & Kualitas Pengajaran

Sebagai komitmen untuk berpartisipasi aktif dalam pengembangan dan penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi, UII terus mendorong penelitian yang difasilitasi dengan berbagai laboratorium dan pusat studi. UII juga membangun berbagai kolaborasi pengajaran dengan para akademisi dari institusi mitra untuk menghadirkan kualitas pendidikan yang semakin unggul.

Pengembangan Riset dan Pengajaran di UII

Komitmen yang kuat dan semangat yang besar untuk memacu kerja keras kami dalam melakukan berbagai riset dan kolaborasi penelitian telah menempatkan UII sebagai Perguruan Tinggi Swasta dengan Kinerja Penelitian Terbaik di Indonesia (Kemenristekdikti, 2016).

Universitas Islam Indonesia menjadikan penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai salah satu ujung tombak dalam merealisasikan tujuan UII yaitu memberikan kemanfaatan kepada masyarakat (rahmatan lil-alamin) sekaligus sebagai pengembangan universitas.

Selain didukung oleh sejumlah pusat studi dan kajian yang berfokus pada berbagai bidang ilmu pengetahuan dengan tujuan terus meningkatkan inovasi universitas, pengembangan penelitian oleh sivitas akademika UII juga dipayungi oleh Direktorat Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat yang bertugas melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau dan menilai pelaksanaan penelitian dan pengabdian pada masyarakat di Universitas Islam Indonesia.

Informasi lebih lengkap dapat diakses melalui situs web Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) melalui tombol tautan di bawah ini.

Rencana Strategis Penelitian 2016-2020 

Penelitian di perguruan tinggi harus memiliki kedekatan dengan dunia industri serta mempunyai kontribusi yang nyata untuk menyelesaikan masalah di masyarakat dan negara. Untuk itu, Universitas Islam Indonesia menyusun Rencana Strategis Penelitian sebagai acuan untuk pengembangan penelitian yang sesuai dengan visi dan misi UII, sekaligus sebagai pengarah pengembangan keunggulan Universitas Islam Indonesia.

Rencana Strategis Penelitian UII 2016-2020 memiliki tema pokok “Peningkatan Kehidupan Masyarakat Madani dan Lestari”. Tema pokok ini kemudian diuraikan ke dalam 7 (tujuh) bidang unggulan penelitian, yaitu:

  1. Pengembangan model peningkatan kualitas hidup Islami;
  2. Sistem penyelenggaraan negara anti kejahatan kemanusiaan berbasis keadilan;
  3. Pengembangan industri ekonomi kreatif berbasis wirausaha dan etika berdaya saing global;
  4. Pengembangan permukimam yang cerdas, lestari, dan tanggap bencana;
  5. Pengembangan virtual environment (VE) untuk pendidikan, pemerintahan, dan bisnis;
  6. Pengembangan teknologi kesehatan untuk pencegahan, diagnostik, dan terapeutik; serta
  7. Pengembangan minyak atsiri dan fitofarmaka untuk peningkatan kesehatan.

Pengembangan Akademik

UII juga terus mendorong program studi dan dosen untuk meningkatkan kualitas pengajaran melalui berbagai program untuk mendukung pengembangan kurikulum dan peningkatan kapasitas. Berbagai skema hibah internal bersaing juga diselenggarakan setiap tahunnya oleh Direktorat Pengembangan Akademik (DPA) untuk mendukung peningkatan kualitas dan internasionalisasi program studi, serta pengembangan produktivitas dosen dalam menghasilkan karya ilmiah dan inovasi pengajaran.

Informasi lengkap tentang program dan layanan yang disediakan oleh Direktorat Pengembangan Akademik dapat diakses melalui tombol tautan di bawah ini.

Direktorat Penelitian & Pengabdian Masyarakat

Auditorium Abdulkahar Mudzakkir (Lantai 4)
Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia
Telepon: 0274-898444 ext. 2304/2505
E-mail: [email protected]

Direktorat Pengembangan Akademik

Gedung GBPH Prabuningrat – Kantor Rektorat UII (Lantai 3)
Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia
Telepon: 0274-898444 ext. 1311
E-mail: [email protected]

Gedung GBPH Prabuningrat (Rektorat)
Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia
Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

Telepon: +62 274 898444
Faks: +62 274 898459
Email: info[at]uii.ac.id

Akreditasi Institusi A. Universitas Islam Indonesia telah mendapatkan Akreditasi Institusi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sejak tahun 2013.