Memperkuat Riset & Kolaborasi Pengajaran

Sebagai komitmen untuk berpartisipasi aktif dalam pengembangan dan penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi, UII terus mendorong penelitian yang difasilitasi dengan berbagai laboratorium dan pusat studi. UII juga membangun berbagai kolaborasi pengajaran dengan para akademisi dari institusi mitra untuk menghadirkan kualitas pendidikan yang semakin unggul.

Komitmen yang kuat dan semangat yang besar untuk memacu kerja keras kami dalam melakukan berbagai riset dan kolaborasi penelitian telah menempatkan UII sebagai Perguruan Tinggi Swasta dengan Kinerja Penelitian Terbaik di Indonesia (Kemenristekdikti, 2016).

Pengembangan Riset di UII

Universitas Islam Indonesia menjadikan penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai salah satu ujung tombak dalam merealisasikan tujuan UII yaitu memberikan kemanfaatan kepada masyarakat (rahmatan lil-alamin) sekaligus sebagai pengembangan universitas.

Dalam hal penelitian, UII memiliki sejumlah pusat studi dan kajian yang berfokus pada berbagai bidang ilmu pengetahuan dengan tujuan terus meningkatkan inovasi universitas. Selain itu, penelitian oleh sivitas akademika UII juga dilakukan oleh Direktorat Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat yang melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau dan menilai pelaksanaan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Penelitian Bersama

Punya gagasan penelitian yang menarik dan berhubungan dengan bidang riset kami? Anda dapat bergabung dengan para akademisi UII dalam mengembangkan penelitian bersama dan menggunakan sumber daya bersama untuk menghasilkan kemajuan dan kebaruan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat dan dunia.

PUSAT STUDI ISLAM

Pendirian Pusat studi Islam (PSI UII) oleh Universitas Islam Indonesia merupakan upaya strategis untuk mengakomodir pengembangan sumber daya manusia dan pengembangan keilmuan secara interdisipliner, khususnya dalam lingkup ilmu-ilmu sosial (humaniora) keagamaan, namun eksistensinya sebagai lembaga yang independen, non-partisan dan non-profit yang berkomitmen untuk  menampilkan wajah Islam yang humanis yang diusahakan dalam bentuk kajian, penelitian, pendidikan, latihan, dan penerbitan. Pelembagaan Pusat Studi Islam sebenarnya telah dilakukan UII sejak tahun 1997 sebagaimana tertuang dalam Keputusan Pengurus Harian Badan Wakaf UII Nomor: V/TAP/DP/1997 tanggal 30 Nopember 1997.

Telepon               : (0274) 519004

PUSAT STUDI GENDER

Pusat Studi Wanita (PSW) Universitas Islam Indonesia pada awal berdiri tahun 1997 berada di bawah Lembaga Penelitian (LP), namun mulai Oktober 2006 Pusat Studi Wanita berubah menjadi lembaga non struktural yang langsung memiliki alur koordinasi dengan Wakil Rektor I. Berdasarkan kajian yang menunjukkan derasnya perkembangan isu jender dan pemberdayaan perempuan, Pusat Studi Wanita berubah menjadi Pusat Studi Gender berdasarkan Keputusan Rektor pada tanggal 18 Oktober 1998 dan berkedudukan langsung di bawah koordinasi rektoriat Universitas Islam Indonesia dan berlaku sampai sekarang. Pada tahun 2010, Universitas Islam Indonesia melakukan restrukturisasi organisasi dan PSG menjadi salah satu pusat studi non struktural dan non budgeter (tidak lagi menerima subsidi untuk membiayai program-program kerjanya). Fokus Kajian PSG adalah kasus-kasus kekerasan dalam rumah tangga yang terus bertambah jumlah dan intensitasnya, disebabkan oleh salah satu faktornya adalah lemahnya fungsi keluarga. Oleh karena itu PSG perlu mengembangkan solusi, baik melalui kajian, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat dengan tema utama penguatan fungsi keluarga yang rujukan utamanya Al Quran dan Hadits.

Surel: psg@uii.ac.id

Website: psg.uii.ac.id

PUSAT STUDI BIOETIK DAN HUKUM KEDOKTERAN ISLAM

Pusat Studi BIOHUKI berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia, berdiri pada 16 Agustus 2015.Tujuan didirikannya Pusat Studi BIOHUKI adalah untuk mensosialisasikan perangkat-perangkat pendidikan bioetik, hukum kedokteran (Islam) dan HAM Kesehatan di lingkungan fakultas dan universitas; menyusun rencana kurikulum pendidikan bioetik, hukum kedokteran dan HAM untuk mencapai kompetensi 7 etika, moral dan profesionalisme kedokteran; serta bertanggung jawab dalam mengembangkan  disiplin ilmu bioetik, hukum  kedokteran (Islam)  dan HAM Kesehatan melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian.

Telpon  : (0274) 898444 ext 2031

Web      : http://biohuki.fk.uii.ac.id

PUSAT STUDI FORENSIKA DIGITAL

Pusat Studi Forensika Digital (PUSFID) berdiri sejak tahun 2014 dan berada di bawah Jurusan Teknik Informatika FTI. Pusat Studi ini berfungsi sebagai unit yang memfasilitasi pengembangan bidang ilmu forensika digital. Terdapat tiga misi utama dari Pusat Studi ini, yaitu: mengembangkan kajian keilmuan dalam bentuk penelitian maupun kurikulum pendidikan pada bidang digital forensics, cybercrime, digital evidence, steganography and watermarking, serta computer security secara umum; memberikan edukasi, training dan penyiapan SDM dengan kompetensi forensika/investigator/analis digital baik untuk kalangan umum ataupun untuk kalangan terbatas (penegak hukum, pendidikan); dan memberikan layanan masyarakat untuk jasa investigasi kasus kasus yang melibatkan aktivitas dan penanganan bukti digital serta penyediaan tenaga ahli untuk memberikan klarifikasi temuan dan uji barang bukti digital.

Telepon               : (0274) 895 287 Ext. 151

Surel                      : forensics@uii.ac.id

Website               : http://forensics.uii.ac.id

PUSAT STUDI SERAT DAN ZAT WARNA ALAM

Pusat studi ini berada di bawah naungan Program Studi Teknik Kimia UII yang berfokus pada pengkajian, penelitian, dan pengembangan potensi serat dan zat warna alam sebagai salah satu bahan baku utama industri tekstil di Indonesia. Didirikan sejak tahun 2005, Pusat Studi Serat dan Zat Warna Alam berupaya memberikan sumbangsih dalam hal pemanfaatan serat dan warna alam guna mendorong kemandirian industri tekstil nasional. Upaya yang dikembangkan pusat studi ini selalu bermuara pada inovasi dan invensi atas pemanfaatan serat dan warna alam yang menjadi kekayaan hayati Indonesia.

Telepon               : (0274) 895287 ext.130

Mobile Phone    : 085292402444

PUSAT STUDI INFORMATIKA MEDIS

Didirikan sejak tahun 2008, Pusat Studi Informatika Medis (PSIMed) merupakan excellent center yang dibentuk guna merespon tingginya antusiasme penelitian dan kajian di bidang informatika kesehatan dari para mahasiswa maupun dosen UII. Bernaung di bawah Program Magister Teknik Informatika UII, PSIMed memiliki fokus penelitian dan pengembangan di beberapa bidang, seperti sistem informasi kesehatan, sistem pendukung keputusan klinis, Computer Aided Instruction (CAI) untuk keperluan medis, sistem pencitraan medis, pengolahan citra medis, dan sistem informasi geografis untuk surveillance kesehatan. PSIMed juga berkontribusi mengembangkan berbagai aplikasi di bidang sistem informasi medis.

Telepon               : (0274) 895287 ext 164

PUSAT STUDI ENERGI TERBARUKAN

Semakin menipisnya cadangan sumber daya alam dan energi konvensional, tidak hanya menjadi isu hangat di dunia internasional namun juga di Indonesia. Pusat Studi Energi Terbarukan (PSET) diresmikan berdirinya pada tahun 2013 di bawah naungan Prodi Teknik Kimia, FTI UII sebagai bentuk kepedulian terhadap permasalahan energi tersebut. PSET UII meyakini bahwa dalam dasawarsa mendatang potensi terbesar bidang teknologi yang akan mempunyai aplikasi luas adalah penelitian tentang energi terbarukan, seperti energi matahari, energi angin, energi hidro, energi biomasa, energi laut, energi hidrogen, energi bionabati, dan lain sebagainya. Hal inilah yang menjadi fokus penelitian dan aktifitas PSET UII.

Telepon               : (0274) 895287

CENTRE FOR ISLAMIC & NUSANTARA TRADITIONAL ARCHITECTURE

“Centre for Islamic and Nusantara Traditional Architecture” atau biasa disebut dengan CITAR adalah pusat studi Jurusan Arsitektur yang dibentuk untuk mengembangkan pemikiran perancangan arsitektur yang secara kreatif (menekankan pada kebaruan) dan inovatif (menekankan pada kemanfaatan) mengeksplorasi khasanah arsitektur Islam dan Nusantara guna memenuhi kebutuhan kontemporer dengan dilandasi oleh kajian intensif tentang khasanah tersebut. Secara substansi pemikiran ini dilandasi oleh filsafat tata nilai (keselarasan dengan alam, ketuhanan, hakikat diri manusia), tradisi bangunan (bentuk, konstuksi, susunan ruang, orname, pencahayaan, material), perilaku dan kebiasaan (adat istiadat, etika, perilaku, kebiasaan), bangunan bersejarah (pelestarian dan pengembangan bangunan atau kawasan bersejarah).

Telepon: 0274 898444 Ext. 3238

Surel: architecture[at]uii.ac.id

Pengelola: Dr. Ir. Revianto Budi Santosa, M.Arch. (revianto[at]uii.ac.id)

PUSAT STUDI CENTRE FOR SOCIOUS DESIGN

Dalam ranah sistem yang eksternal bagi arsitektur, kekuatan globalisasi telah menciptakan ruang-ruang yang merupakan duplikasi kekuatan multinational enterprises di level lokal dan reteritorialisasinya ke ruang. Reteritorialisasi ini terwujud dalam bentuk ruang-ruang insular di mana arsitektur menjadi wahana terciptanya ruang-ruang insular tersebut. Manusia didorong untuk beradaptasi dan menerima bentuk ruang insular itu ke dalam ruang hidup, namun proses adaptasi ini bukan tanpa konflik terlebih ketika lapisan dasar masyarakat kita masih sangat kental dengan kehidupan yang cair – kekeluargaan – informal. Pertemuan dua sistem ini menjadikan arsitektur mempunyai efek samping karena insularisasi ruang juga telah menciptakan batas-batas yang tak terlintasi oleh masyarakat secara sosial, ekonomi dan budaya. Dalam konteks inilah Centre for Socius Design (CSD) berpendapat bahwa dimensi teritorial dan identitas yang terinsularisasi itu harus dicari jalan perlintasannya yang memitrakan dengan peri kehidupan masyarakat kita. CSD adalah wahana untuk eksperimentasi arsitektural yang secara langsung memihak pada usaha untuk mencari keseimbangan, mempromosikan rekonsiliasi dan kemitraan agar lebih berkelanjutan secara sosial.

Telepon               : 0274 898444 Ext. 3238

Email                     : architecture@uii.ac.id

PUSAT STUDI LINGKUNGAN BERKELANJUTAN

Pusat Studi Lingkungan Berkelanjutan (PSLB) Atau  Sustainable Built Environment Centre (SUSBEC) berada di bawah naungan program studi arsitektur dan memiliki visi untuk menjadi pusat kajian pengembangan lingkungan binaan berkelanjutan dengan eksistensi terakui pada level nasional, dan memberikan peran nyata dan  berarti pada pemecahan  permasalahan keberlanjutan di lingkungan buatan pada masyarakat sekitar. Misinya adalah melakukan kegiatan riset untuk pengembangan teori dan rekayasa dalam domain lingkungan buatan berkelanjutan. Melakukan knowledge sharing untuk meningkatkan kesadaran pada masyarakat terhadap isu lingkungan buatan berkelanjutan. Melakukan kerja nyata untuk usaha penyelesaian masalah aktual dalam penciptaan lingkungan buatan berkelanjutan. Jenis kegiatan meliputi tiga bentuk. Bentuk kegiatan tersebut meliputi: (1) Kegiatan riset untuk pengembangan teori  dan teknologi tentang lingkungan buatan berkelanjutan. (2) Kegiatan knowledge sharing  tentang isu, teori dan teknologi tentang lingkungan buatan berkelanjutan seperti: Kursus, training dan workshop baik mandiri atau terkolaborasi dalam kuliah pilihan atau praktikum. (3)Kegiatan kerja lapangan baik untuk penyelesaian masalah riel di masyarakat: proyek nyata dan pengabdian masyarakat.

Telepon               : 0274 898444 Ext. 3238

Email                     : architecture@uii.ac.id

Pengelola            : Sugini Dr. Ir. M.T. (sugini@uii.ac.id)

 

CENTER FOR INNOVATION IN BUILDING TECHNOLOGY

CIBTEC atau Center for Innovation in Building Technology adalah pusat studi yang didedikasikan untuk inovasi teknologi dalam bangunan. Dengan semakin berkembangnya teknologi, maka penerapan pada bangunan semakin tidak dapat dihindarkan dan sudah menjadi kebutuhan. Arsitek dituntut untuk selalu berinovasi agar bangunan yang didesain tidak ketinggalan zaman, bahkan harus di depan dalam hal aplikasi teknologi, baik teknologi terkini ataupun teknologi tepat guna. CIBTEC adalah pusat studi dengan kajian pada structural design (High-rise building, long-span building, appropriate structure), material (environmental friendly, material and techniques, innovative material and construction, recycle  materials and innovative structural system), energy dan environment (small scale renewable energy, energy efficient innovative housing and waste water recycling), building and components (building envelope design, knockdown design, movable building), building and disasters (earthquake proof building, flood proof building, fireproof buildings).

Telepon               : (0274) 898444 Ext. 3238

Email                     : architecture@uii.ac.id

Pengelola            : Supriyanta Ir. H. M.Si. (supriyanta@uii.ac.id)

PUSAT STUDI KOTA HIJAU

Pusat Studi Kota Hijau (C-GUS) merupakan lembaga yang fokus terhadap proses pembangunan mencakup kegiatan perencanaan, perancangan, pelaksanaan, pembangunan dan penghunian dengan berbasis (mainstream) kehidupan yang harmonis menuju green urban, city, area, landscape and architecture dan human behaviour. Lingkup kajian C-GUS dalam aspek keruangan di antaranya mencakup Urban Planning and Design, Landscape Design, Tourism, Housing and Human Settlement, Architecture and Site Planning, Spesific Areas (Water front, wetland, industrial area, marine, hilly). Aktivitas yang dilakukan mencakup kegiatan edukasi, penelitian, publikasi dan layanan sosial. Nilai kualitatif yang disasar oleh pusat studi ini adalah kemampuan merancang dengan menginterkorelasikan karakter visual dalam desain dan membangun hubungan antara rancangan bangunan dengan alam (Environmental Relationship).

Telepon               : 0274 898444 Ext. 3238

Email                     : architecture@uii.ac.id

Pengelola            : Muhammad Iftironi Ir. MLA. (iftironi@uii.ac.id)

PUSAT STUDI REAL ESTATE BERKELANJUTAN

Pusat studi Real Estate Berkelanjutan ini mendalami pengembangan berbagai hal yang terkait dengan bidang real estate. Terutama pemikiran perancangan yang didasarkan keterpaduan nilai – nilai keruangan (space), waktu (time), nilai ekonomi dan nilai – nilai keberlanjutan (sustainble). Area yang akan dikaji antara lain adalah komersial (pusat perbelanjaan, rental office, deparment store, convention centre) hunian (apartemen, kondominium, rumah susun ), fasilitas pariwisata (hotel, resort, villa), industri (kawasan industri, pabrik, pergudangan) dan infrastruktur (rumah sakit, bandara, terminal, stasiun, pelabuhan).

Telepon               : 0274 898444 Ext. 3238

Email                     : architecture@uii.ac.id

Pengelola            : Ahmad Saifudin Mutaqi Ir. M.T. (ahmadsaifudin@uii.ac.id)

PUSAT STUDI BANJIR DAN KEKERINGAN

Pusat Studi Banjir dan Kekeringan (Pusbanker) merupakan salah satu pusat studi yang ada di bawah Program Studi Teknik Sipil UII. Pusat Studi ini berdiri pada tahun 2002 diprakarsai oleh dosen-Dosen Teknik Sipil Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Hidro. Pusbanker berfokus kepada bidang kajian survei dan investigasi tentang kejadian banjir dan kekeringan sebagai salah satu fenomena alam yang sering terjadi akhir-akhir ini. Kegiatan yang dilakukan merupakan kunjungan lapangan untuk mendapatkan data primer mapun sekunder. Melalui kegiatan lapangan mencari akar masalah, melakukan analisis serta solusi dari penyelesaian dari sisi bidang keajlian teknik sipil hidro. Seiring dengan semakin mencairnya sekat-sekat bidang keilmuan, dewasa ini Pusbanker juga semakin meluas keanggotaannya. Keanggotaan Pusbanker dapat terdiri dari bidang dispilin ilmu lainnya seperti ilmu teknik lingkungan dan perencanaan wilayah dan tata ruang.

Telepon               : 0274 898444 Ext. 3235

Email                     : teknik.sipil@uii.ac.id

SENTRA INFORMASI & PENGKAJIAN TRANSPORTASI

Sentra Informasi dan Pengkajian Transportasi atau SIPTRANS (Centre for Information and Transportation Study) dibangun dan dikembangkan oleh dosen yang tergabung dalam kelompok bidang keahlian (KBK) Transportasi, untuk turut berkontribusi dalam pembangunan dan pemecahan masalah teoritik maupun isu-isu kontemporer dalam bidang transportasi, serta berkomitmen mendukung agenda transportasi nasional yang terpadu, berkelanjutan, dan ramah lingkungan, juga ikut mendorong terciptanya kesadaran berlalu lintas. Fokus kegiatan pada Pusat studi ini meliputi kegiatan penelitian, konsultasi, dan pelatihan di bidang transportasi meliputi rekayasa jalan dan perkerasan, manajemen dan perencanaan transportasi, serta manajemen dan rekayasa lalu lintas. Dalam mengembangkan kegiatannya, SIPTRANS didukung oleh dua buah laboratorium, yaitu Laboratorium Jalan Raya dan Laboratorium Rekayasa Transportasi yang memiliki peralatan yang cukup lengkap dan memadai, dan laboran dan teknisi yang berpengalaman. Berbagai agenda penelitian dan kerjasama telah banyak dilakukan antara lain sebagai media diskusi dan pengelolaan jurnal.

Telepon               : 0274 898444 Ext. 3235

Email                     : teknik.sipil@uii.ac.id

PUSAT STUDI & AKSI PENANGGULANGAN BENCANA

Disaster Risk Reduction Center (DiRReC) merupakan Pusat Studi dan Aksi Penanggulangan Bencana yang berkedudukan di bawah Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan dan dikelola oleh Program Studi Teknik Sipil. DiRReC didirikan pada tanggal 10 Oktober 2012 dan bertujuan untuk enghimpun semua sumber daya manusia yang ada di FTSP UII yang mempunyai minat yang sama tentang penanggulangan bencana atas dasar kerelaan, membentuk suatu wadah bagi pemerhati penanggulangan bencana dalam bentuk Pusat Studi/Aksi-aksi yang nyata pada penanggulangan bencana, serta menyusun perangkat-perangkat yang diperlukan dalam suatu organisasi (Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga dll) untuk mengawal jalannya suatu organisasi. Kegiatan DiRReC antara lain komputasi/penyusunan data-base kebencanaan, Inventarisasi pokok-pokok pikiran tentang kebencanaan, Diskusi/Kajian Rutin Kebencanaan/Manajemen Kebencanaan, Reconnaissance, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kebencanaan, Seminar, Training, Workshop kebencanaan, Publikasi, Diseminasi tentang kebencanaan

Telepon               : 0274 898444 Ext. 3235

Email                     : teknik.sipil@uii.ac.id

PUSAT INOVASI MATERIAL VULKANIS MERAPI

Pusat Inovasi Material Vulkanis Merapi (PIMVM) berdiri dan beroperasi sejak 1 September 2012 dan berada dalam naungan Prodi Teknik Sipil. PIMVM UII berfokus pada kegiatan penelitian, pemberdayaan masyarakat, dan inkubator bisnis untuk sivitas akademika UII dan masyarakat sekitar. Produk-produk yang dikembangkan oleh PIMVM berdasarkan kajian dan hasil penelitian yang dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa UII yang utamanya berfokus pada penelitian bahan bangunan berbasis pasir – semen. Produk-produk ini sudah melalui proses uji coba di kalangan masyarakat. Sebagai contoh: Batako Merapi hasil inovasi PIMVM telah diinisiasi melalui sebuah Focus Group Discussion dengan alumni UII sebagai pelaku konstruksi dan telah diuji di Laboratorium Bahan Konstruksi Teknik UII.  Produk Batako Merapi telah mendapatkan Indocement Award tahun 2012 dan model Rumah Pracetak di Tahun 2014. Pertengahan November 2016, Tim PIMVM kembali lolos Finalis Indocement Award 2016.

Telepon               : 0274 898444 Ext. 3235

Email                     : teknik.sipil@uii.ac.id

Pengelola            : Setya Winarno ST., MT., Ph.D. (setya.winarno@uii.ac.id)

PUSAT STUDI PERUBAHAN IKLIM DAN KEBENCANAAN

PUSPIK merupakan salah satu pusat studi di Jurusan Teknik Lingkungan UII yang mewadahi dan memberikan kontribusi akademik terkait upaya mitigasi dan manajemen perubahan iklim dan kebencanaan. Kontribusi-kontribusi tersebut antara lain melakukan studi terkait fenomena perubahan iklim dan kebencanaan, melakukan peningkatan kapasitas publik terkait manajemen perubahan iklim dan kebencanaan, melakukan pengabdian masyarakat terkait perubahan iklim dan kebencanaan dan mengembangkan jejaring lintas sektor baik nasional maupun internasional dalam rangka manajemen perubahan iklim dan kebencanaan.

Telepon               : (0274) 898471

Email                     : teknik.sipil@uii.ac.id

Website               : http://puspik.uii.ac.id/

Pengelola            : Qorry Nugrahayu ST MT (qorrynugrahayu@uii.ac.id)

PUSAT KAJIAN ANAK DAN KELUARGA

Pusat Kajian Anak dan Keluarga berada di bawah program studi Psikologi. PUSKAGA berdiri sejak tanggal 9 Februari 2013 dan menjadi pusat studi anak dan keluarga yang terdepan dalam mempromosikan layanan pendidikan anak dan keluarga berbasis penelitian dan nilai-nilai keislaman.

Telepon               : (0274) 898444, ext. 2129

PUSAT STUDI HUKUM KONSTITUSI

PSHK FH UII merupakan sebuah pusat studi hukum yang menitik fokuskan kajiannya pada konstitusi. Dibentuk melalui Surat Keputusan Dekan FH UII No. 069/dek-60/SK/Bag.Um&RT/H/XII/2006, membuat kedudukan PSHK FH UII dapat diposisikan sebagai wadah strategis bagi actor intelektual hukum untuk melakukan kajian komprehensif dan holistik berkenaan dengan konstitusi dan ragam problematikanya. PSHK FH UII juga merupakan organisasi professional non-profit oriented yang bersifat terbuka dan bersedia bermitra dengan lembaga pemerintahan, perusahaan atau perorangan baik dalam maupun luar negeri konteks membangun demokrasi dan negara hukum di Indonesia dengan prinsip kemanfaatan sebesar-besarnya bagi rakyat.

Telepon               : (0274) 545658

Website               : pshk.uii.ac.id

PUSAT KONSULTASI DAN BANTUAN HUKUM

Pusat Konsultasi dan Bantuan Hukum (PKBH) yang lebih dikenal dengan nama Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) FH UII yang secara de facto berdiri sejak tahun 1976 dan secara dejure berdiri pada tanggal 23 Juli 1978. LKBH FH UII merupakan wadah bagi civitas akademika untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat di bidang hukum, khususnya dalam rangka menumbuh kembangkan kesadaran hukum masyarakat melalui penyuluhan hukum dan memberikan bantuan hukum kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan acces to justice dan justice for all.

Telepon               : (0274) 566723

Surel                      : pkbh@uii.ac.id

Website               : pkbh.uii.ac.id

PUSAT PENDIDIKAN DAN LATIHAN

Pusat Pendidikan dan latihan (PUSDIKLAT) merupakan lembaga di bawah Laboratorium Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII). PUSDIKLAT dipimpin oleh Kepala Pusat yang memiliki tanggungjawab untuk membuat kebijakan penyusunan dan pelaksanaan program kerja di bidang pendidikan kemahiran hukum dan pelatihan hukum bagi mahasiswa dan masyarakat, mengatur, mengelola dan mengembangkan Mata Kuliah Kemahiran Hukum (MKKH). Selain itu lembaga ini juga bertugas melakukan kegiatan pengembangan kurikulum, silabus dan satuan acara perkuliahan Mata Kuliah Kemahiran Hukum.

Telepon               : (0274) 379178 ext.129

Surel                      : pusdiklat@fh.uii.ac.id

Website               : pusdiklat.law.uii.ac.id

PUSAT STUDI KEJAHATAN EKONOMI

Pusat Studi Kejahatan Ekonomi (PSKE) merupakan sebuah Lembaga Nirlaba yang bergerak dalam bidang kajian dan penelitian hukum dan sosial ekonomi terkait dengan kejahatan ekonomi dan penegakan hukumnya. Pendirian PSKE FH UII pada 14 Februari 2013 dilatarbelakangi oleh keprihatinan Fakultas Hukum UII atas maraknya kejahatan ekonomi dengan modus operandinya yang semakin beragam. Dalam melaksanakan berbagai kegiatan, PSKE dapat bekerjasama dengan berbagai lembaga lain baik lembaga Negara maupun swastas yang memiliki kesatuan visi melakukan penguatan penegakan hukum atas kejahatan ekonomi.

Telepon               : (0274) 379178 ext.260

PUSAT STUDI PEMBANGUNAN HUKUM LOKAL

Pendirian Pusat Studi Pembangunan Hukum Lokal atau Centre for Local Law Development Studies (CLDS) didasari pentingnya proses pembangunan hukum lokal bagi terciptanya suatu masyarakat sadar hukum yang demokratis, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai HAM. Adapun kedudukan dan sifat dari CLDS berada di bawah FH UII sebagai dasar penunjang pelengkap (pasal 49 ayat 3 STATUTA UII 2005). Dengan menaruh perhatian pada kelompok sasaran komunitas lokal yang termarjinalkan  baik oleh ancaman dan peristiwa bencana alam. Dalam mencapai tujuan di atas program-program tersebut dilakukan melalui bekerjasama dengan berbagai pihak, pemerintah maupun swasta di tingkat nasional dan internasional.

Telepon               : (0274) 379178 ext.254

PUSAT HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

Pusat Hak Kekayaan Intelektual (Pusat HKI) merupakan Pusat Aktivitas Akademik Mandiri di lingkungan FH UII. Lembaga ini didirikan pada 26 Desember 2006 berdasarkan Surat Keputusan Dekan FH UII No.: 068/Dek-60/SK/Bag.Um&RT/H/XII/2006. Fokus kegiatan Pusat HKI dititikberatkan pada penguatan sistem HKI, di antaranya dengan pendidikan, pengembangan, penerapan, pemanfaatan dan pengelolaan HKI bagi mahasiswa dan masyarakat.

Telepon               : (0274) 545658

PUSAT STUDI HAM

Pusat Studi HAM berada di bawah naungan Fakultas Hukum (FH) UII, didirikan pada 7 April 2000 dan ditandai dengan penandatanganan Piagam Kerjasama nomor: MOU.01/meneg./HAM/04/2000 underline 381/B.1/IV/2000 antara Menteri Negara Urusan Hak Asasi Manusia (HAM) dengan Rektor Universitas Islam Indonesia. Adapun fokus kegiatan Pusat Studi HAM yakni menitikberatkan pada kebutuhan dan tuntutan masyarakat dengan pendekatan pengakuan akan jaminan otonomi individu; pengakuan atas kedaulatan rakyat; hak untuk mendapatkan perlindungan; dan hak-hak sosial.

Telepon               : (0274) 452032

Website               : http://pusham.uii.ac.id

Kolaborasi Pengajaran

Universitas Islam Indonesia membuka kesempatan bagi para dosen dan ahli dari lembaga mitra untuk berkolaborasi dengan kami dalam memperluas wawasan dan mengembangkan pola pikir generasi muda di UII serta berkontribusi kepada masyarakat luas melalui berbagai kegiatan seperti kuliah umum, pengabdian kepada masyarakat, atau program pelatihan lainnya. Kesempatan ini tidak hanya terbuka untuk akademisi, tetapi juga untuk para profesional di bidang bisnis dan industri, serta pejabat pemerintah baik di tingkat regional, nasional dan internasional.

UII juga terus mendorong dosen untuk meningkatkan kualitas pengajaran melalui berbagai pelatihan untuk peningkatan kapasitas dan mendukung program kolaborasi pengajaran internasional. Program ini diselenggarakan setiap tahun oleh Badan Pengembangan Akademik (BPA) melalui skema hibah kompetitif yang dapat diajukan oleh dosen UII untuk dapat melaksanakan pengajaran kolaboratif bekerjasama dengan para dosen dan profesor dari institusi mitra internasional UII.

Direktorat Penelitian &
Pengabdian Masyarakat

Auditorium Abdulkahar Mudzakkir
Kampus Terpadu UII (Lantai 4)
Telepon: 0274-898444 ext. 2304/2505
E-mail: penelitian@uii.ac.id

Badan Pengembangan
Akademik

Gedung GBPH Prabuningrat
Kantor Rektorat UII (Lantai 3)
Telepon: 0274-898444 ext. 1311
E-mail: bpa@uii.ac.id

Bergabung Menjadi Mitra UII

Institusi Anda tertarik untuk mengembangkan program kolaborasi dengan UII? Baca informasi selengkapnya.