Kontribusi Sosial dengan Landasan Nilai Keislaman

Pengabdian kepada masyarakat dan dakwah islamiyah merupakan dua pilar penting dalam Catur Dharma UII. Kami mendorong seluruh sivitas akademika untuk terus aktif dalam memberikan kontribusi dan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat melalui berbagai program sosial berkolaborasi dengan kelompok maupun individu, yang dilandasi dengan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan.

Melatih kepekaan sosial dan praktik keilmuan melalui Kuliah Kerja Nyata

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa UII dan menjadi bagian dari desain kurikulum pendidikan di Universitas Islam Indonesia. Program ini dilaksanakan dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu yang menjadi daerah mitra/binaan UII.

Pelaksanaan kegiatan KKN berlangsung kurang lebih selama satu bulan dimana mahasiswa akan diterjunkan secara berkelompok (lintas program studi) ke wilayah setingkat dusun/desa untuk melaksanakan program pengabdian masyarakat. Kegiatan KKN ini juga menjadi media untuk hilirisasi program atau produk penelitian dan inovasi yang dihasilkan oleh UII dan diupayakan untuk dapat diterapkan langsung di dalam kehidupan masyarakat untuk memberikan dampak kemanfaatan yang luas.

Informasi selengkapnya dapat diakses pada situs web DPPM UII melalui tautan yang tersedia di bawah ini.

Pengabdian berkelanjutan untuk menebar manfaat bagi masyarakat

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UII setiap tahunnya memiliki berbagai program pengembangan pengabdian masyarakat yang melibatkan dan dapat diikuti oleh semua dosen, mahasiswa, pustakawan, laboran serta masyarakat umum secara nasional. Diantara program pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat tersebut adalah menyediakan dana hibah kompetisi penelitian dan pengabdian masyarakat untuk pemangku kepentingan di internal UII baik dosen yang berkolaborasi dengan mahasiswa maupun pustakawan dan laboran.

Sebagai acuan dan panduan dalam merancang proposal pengabdian masyarakat, disusunlah Renstra Pengabdian Masyarakat 2016-2020 serta Buku Pedoman Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang terbaru 2018 untuk menjadi acuan pengembangan berbagai kegiatan.

UII terus aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan workshop pengembangan dan penguatan desa mandiri, pengembangan perluasan, penguatan dan pemberdayaan potensi desa mitra pengabdian masyarakat, dan masih banyak lagi. Semangat ini terus diperkuat demi mewujudkan kontribusi UII terhadap pengembangan masyarakat.

Perguruan Tinggi Swasta dengan
Kinerja Pengabdian Kepada Masyarakat Terbaik di Indonesia

Pada tahun 2017, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menempatkan UII pada Peringkat 4 Nasional untuk kinerja pengabdian kepada masyarakat. Prestasi ini sekaligus menempatkan UII pada peringkat pertama untuk perguruan tinggi swasta di Indonesia.

Program dakwah dan pembinaan karakter dengan landasan nilai keislaman

Direktorat Pembinaan dan Pembinaan Agama Islam (DPPAI) adalah unit di lingkungan UII yang bertugas untuk melakukan pengkajian dan dakwah Islamiyah serta menyelenggarakan pendidikan keagamaan yang mengarah kepada terwujudnya kesadaran beragama di dalam dan di luar kampus.

Program-program Direktorat Pendidikan dan Pembinaan Agama Islam meliputi dua aspek lingkup kegiatan sebagai berikut:

Aspek ke dalam: Program yang disusun dan direncanakan untuk menciptakan semangat beragama di dalam kampus, seperti : pelaksanan dan pembinaan keagamaan kemahasiswaan, pengajian tenaga edukatif dan administratif, serta pendidikan dan pelatihan

Aspek ke luar: Program yang disusun dan direncanakan untuk membantu serta mendukung semangat beragama di lingkungan sekitar kampus, dan juga mengadakan kegiatan berskala Nasional dan Intemasional seperti: Pengajian untuk masyarakat, pelatihan-pelatihan keagamaan, memfasilitasi pengadaan penceramah, seminar internasional, pentas hiburan Islami, dan lain-lain

.

Informasi selengkapnya dapat diakses pada situs web DPPAI UII melalui tautan yang tersedia di bawah ini.

Direktorat Penelitian &
Pengabdian Masyarakat (DPPM)

Auditorium Abdulkahar Mudzakkir
Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia(Lantai 4)
Telepon: 0274-898444 ext. 2304/2505
E-mail: [email protected]

Direktorat Pendidikan &
Pembinaan Agama Islam (DPPAI)

Auditorium Abdulkahar Mudzakkir
Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (Lantai 4)
Telepon: 0274-898444 ext. 2405
E-mail: [email protected]

Gedung GBPH Prabuningrat (Rektorat)
Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia
Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

Telepon: +62 274 898444
Faks: +62 274 898459
Email: info[at]uii.ac.id

Akreditasi Institusi A. Universitas Islam Indonesia telah mendapatkan Akreditasi Institusi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sejak tahun 2013.