Simpul Tumbuh

Simpul Tumbuh atau Growth Hub merupakan wujud nyata dari implementasi hibah Erasmus+ GITA (Growing Indonesia: a Triangular Approach) yang didapatkan oleh UII. Pengelolaan Simpul Tumbuh dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan dan Pengembangan Kewirausahaan. Program ini dilaksanakan sebagai bagian dari komitmen UII bersama mitra perguruan tinggi di Indonesia dan Eropa untuk mewujudkan sinergi pengembangan kapasitas kewirausahaan di tanah air.
Direktorat Pengembangan dan Pembinaan Kewirausahaan/Simpul Tumbuh merancang ruang tumbuh bersama (co-growing space) yang dapat menghubungkan talenta dan ide bisnis untuk dapat berkembang bersama. Simpul Tumbuh UII juga mengembangkan pembelajaran dan praktik kewirausahaan bagi mahasiswa melalui IBISMA (Inkubator Bisnis & Inovasi Bersama). Selain itu, Simpul Tumbuh UII berperan sebagai penghubung antara sumber daya manusia, sarana prasarana, serta produk intelektual lainnya yang dimiliki UII dan sumber daya IPTEKS yang dimiliki oleh kalangan Industri (swasta, pemerintah, komunitas, dan alumni).

Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungi situs web Simpul Tumbuh UII melalui tombol tautan di bawah ini.

This project has been funded with support from the European Commission. This publication [communication] reflects the views only of the author, and the Commission cannot be held responsible for any use which may be made of the information contained therein.

IBISMA: Inkubator Bisnis & Inovasi Bersama

Inkubasi Bisnis & Inovasi Bersama (IBISMA) merupakan divisi khusus yang didirikan untuk mendorong pemanfaatan hasil-hasil penelitian di perguruan tinggi, yang dimana Perguruan Tinggi dituntut untuk memiliki kemampuan dalam menyelesaikan persoalan-persoalan bangsa melalui inovasi. Untuk mendorong inovasi IBISMA berupaya melakukan berbagai program kegiatan yang terkait dengan inovasi diantaranya program pengembangan kewirausahaan, dan serta membangun ekosistem inovasi yang diwujudkan melalui divisi-divisi yang ada di dalam organisasi IBISMA.

IBISMA yang resmi didirikan sejak Desember 2014 berdasarkan SK Rektor UII No.1321.A/SK- Rek/DOSDM/ IV/2014 ini, saat ini berada di bawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Networking & Kewirausahaan (WR-4), Direktorat Pembinaan & Pengembangan Kewirausahaan (DPPK) yang diberi amanah untuk mengelola program-program pembinaan dan pengembangan kewirausahaan di lingkungan UII.

IBISMA bertujuan untuk memfasilitasi program-program pembinaan kewirausahaan di lingkungan UII dalam rangka membentuk wirausahawan-wirausahawan muda yang memiliki keunggulan dalam inovasi bisnis, kemandirian dan profesionalisme, serta mampu berkontribusi secara signifikan dalam pembangunan ekonomi bangsa Indonesia.

Produk Inkubasi Bisnis

Lembaga Sertifikasi Profesi

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dikelola oleh Divisi Pendidikan Lanjut/LSP di Direktorat Pembinaan dan Pengembangan Kewirausahaan (Simpul Tumbuh). Lembaga ini memberikan jaminan pelayanan sertifikasi kompetensi yang mengutamakan mutu dan kepuasan pelanggan serta menjamin bahwa proses sertifikasi dilaksanakan dengan jujur, cepat, tepat, akurat dan efektif. Selain itu juga mendorong tersedianya tenaga kerja yang kompeten, profesional dan kompetitif. Melalui Simpul Tumbuh, LSP di Universitas Islam Indonesia ikut berperan aktif dalam mengembangkan standardisasi kompetensi yang mengikuti perkembangan kebutuhan industri.

Gedung GBPH Prabuningrat (Rektorat)
Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia
Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

Telepon: +62 274 898444
Faks: +62 274 898459
Email: info[at]uii.ac.id

Akreditasi Institusi A. Universitas Islam Indonesia telah mendapatkan Akreditasi Institusi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sejak tahun 2013.