Rencana Strategis UII

Periode 2018-2022

Rencana strategis ini dibangun dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut:

  1. Rumusan visi, misi, tujuan, dan tugas pokok UII, sebagaimana termaktub dalam Statuta 2017.
  2. Strategic Direction 2018-2022 PYBW UII. Dokumen ini memberikan arahan fokus pengembangan UII menuju reputasi internasional yang dibangun di atas keunggulan kompetitif (inovasi), manajemen mutu dan nilai-nilai organisasi, yang bertumpu pada empat kapabilitas institusi, yaitu kepemimpinan, sumber daya/kapital, konten, dan proses/sistem.
  3. Rencana Induk Pengembangan Universitas Islam Indonesia 2008-2038. Dalam konteks penyusunan Rencana Strategis ini diposisikan sebagai dokumen yang perlu dikaji kembali (review) relevansi dan kemutakhirannya disesuaikan dengan tren dan implementasi pengembangan yang telah dicapai dari periode-periode sebelumnya dan perkembangan terkini dunia pendidikan, industri dan masyarakat pada umumnya.
  4. Perkembangan mutakhir UII pada periode Rektorat 2014-2018 dan hasil Akreditasi Iinstitusi Perguruan Tinggi (AIPT) 2017. Organisasi pada dasarnya adalah path-dependent, terikat dengan kondisi sebelumnya. Hasil analisis SWOT di atas memotret kondisi ini. Dalam konteks ini, prinsip almuhafadhotu ala alqodim ashshalih, wa alahdzu bi( المحافظة عÑ القد|م الصالح والأخذ wالجد|د الأصلح aljadidi alashlah), rencana strategis ini menjaga yang baik dari masa sebelumnya, dan mengenalkan hal baru yang lebih baik. Beberapa ilustrasi kondisi mutakhir UII dimunculkan dalam rencana strategis ini.
  5. Tren pendorong perubahan yang sudah dibahas secara ringkas di atas, yaitu: (a) teknologi digital, (b) demokratisasi pengetahuan dan akses, (c) mobilitas global, (d) kolaborasi dengan industri dan masyarakat, (e) persaingan yang semakin ketat, dan (f) nilai-nilai dalam masyarakat semakin pudar.
  6. Refleksi atas nilai-nilai dasar UII sejak pendiriannya, yaitu (a) integrasi antara ilmu pengetahuan dan agama, (b) keragaman pemikiran Islam, (c) kebangsaan, dan (d) internasionalisasi.
  • Tujuan Strategis 1: Menguatkan Nilai

    Penguatan nilai dasar keislaman dan pengembangan kapasitas internal

    Pokok pikiran penguatan nilai dasar keislaman dan pengembangan kapasitas internal ini menjadi Tujuan Strategis Pertama yang menjadi capstone bagi tiga sasaran strategis yang didukung oleh program-program utama dalam rincian pada butir berikut. Tujuan strategis ini selain merupakan upaya untuk memperkuat resiliensi institusi, juga menstimulasi perbaikan sistemik untuk mengeliminasi kekurangan yang masih ada. Tiga sasaran strategis tersebut akan dapat diukur melalui empat standar utama MERCY OF GOD yaitu Standar Management of Organization and Human Resources, Education, Research, Community Services, Yield of Services, Facilities, Governance, dan Dawa Islamiyah.

  • Tujuan Strategis 2: Menjulangkan Inovasi

    Menjulangkan inovasi berkelanjutan untuk membangun rekognisi internasional

    Pokok pikiran menjulangkan inovasi berkelanjutan ini diharapkan dapat memperbesar peran UII secara nasional dan internasional serta memperbesar noktah UII di peta komunitas akademik nasional dan internasional. Tujuan strategis ini merupakan upaya akseleratif dan inovastif di semua sektor serta kanalisasi potensi dan peluang agar berdampak sistemik pada institusi. Hal ini menjadi Tujuan Strategis Kedua yang menjadi capstone bagi dua sasaran strategis dan didukung oleh program- program utama yang terinci pada butir berikut. Dua sasaran strategis tersebut akan dapat diukur melalui lima standar utama MERCY OF GOD yaitu Standar Management of Organization and Human Resources, Education, Research, Community Services, Output, Governance, Outcome & Cooperation, dan Dawa Islamiyah.

  • Tujuan Strategis 3: Melebatkan Manfaat

    Melebatkan manfaat melalui perluasan jangkauan jejaring dan peningkatan dampak

    Pokok pikiran melebatkan manfaat melalui perluasan jangkauan jejaring dan peningkatan dampak ini diharapkan dapat menegaskan peran UII dalam menerjemahkan visi misi rahmatan lil’alamin. Kata kunci dalam tujuan strategis ini adalah perluasan dan peningkatan dampak. Upaya ini merupakan bentuk kanalisasi dan fasilitasi seluruh aspek agar institusi dapat lebih berdampak pada pemangku kepentingan baik nasional maupun internasional. Hal ini menjadi Tujuan Strategis Ketiga yang menjadi capstone bagi dua sasaran strategis dan didukung oleh program-program utama yang terinci pada butir berikut. Dua sasaran strategis tersebut akan dapat diukur melalui lima standar utama MERCY OF GOD yaitu Standar Education, Research, Community Service, Governance, Outcome & Cooperation serta Dawa Islamiyah.