Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Yayasan Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia (LAZIS YBW UII) kembali memberikan Beasiswa Prestasi untuk para pelajar berprestasi namun kurang mampu di Yogyakarta. Beasiswa senilai lebih dari Rp160 juta diberikan kepada 48 siswa sekolah dasar, 59 siswa sekolah menengah pertama dan 136 siswa menengah.

Beasiswa Prestasi, demikian program ini disebut, kali ini diberikan dalam Gebyar Prestasi pada Minggu (30/9), di Kampus Cik di Tiro. Penyerahan beasiswa diiringi dengan motivasi dan inspirasi kepada para siswa penerima dan orang tua.

Ketua LAZIS YBW UII, Yuli Andriansyah, S.E., M.S.I., dalam sambutannya mengajak para siswa dan orang tua penerima beasiswa untuk memaksimalkan manfaat beasiswa bagi peningkatan kualitas pendidikan. “Beasiswa ini merupakan amanah para muzakki melalui LAZIS YBW UII.

Memanfaatkan beasiswa ini secara maksimal adalah upaya menunaikan amah tersebut” tegasnya. Selain itu, LAZIS YBW UII menurutnya juga terus menjaga kualitas beasiswa yang diberikan melalui berbagai program pendampingan dan monitoring. “Para penerima beasiswa terus dibina melalui program terstruktur dan juga dievaluasi melalui hasil belajar, hafalan dan lainnya agar kualitasnya meningkat terus” demikian Ketua LAZIS YBW UII menjelaskan.

Ketua Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Drs. H. M. Sularno, M.A. yang hadir mewakili Pimpinan YBW UII juga memberikan sambutan dan taushiyah kepada hadirin. Ketua Bidang Pemberdayaan Masyarakat YBW UII menekankan pentingnya pendidikan sebagai investasi terbaik bagi generasi mendatang. “Saya menyampaikan selamat kepada para penerima beasiswa dan juga orang tua karena terpilih dari proses seleksi yang ketat dan evaluasi yang menyeluruh,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Ketua Bidang Pemberdayaan Masyarakat YBW UII juga memimpin doa untuk para korban bencana alam, baik di wilayah Palu, Donggala, dan sekitarnya maupun di daerah lain di Indonesia. “Yayasan dan LAZISYBW UII sebagaimana pada bencana lainnya, juga akan memberikan bantuan untuk saudara-saudara kita yang tertimpa musibah tersebut,” pungkasnya.

LAZIS YBW UII juga memberikan apresiasi kepada para penerima beasiswa yang berprestasi di sekolahnya. Sebanyak delapan siswa mendapatkan hadiah berupa perlengkapan sekolah baru karena nilai akademik yang istimewa, hafalan yang baik dan keaktifan dalam mengikuti kegiatan pembinaan. Para penerima beasiswa dan orang tua selanjutnya mendapatkan motivasi dan inspirasi dari Ust. Isnan Hidayat, S.Psi. yang menekankan pentinya mendidik anak sesuai fitrahnya. (YA/RS)