Jumat Bersimpuh Menjadi Ruang Doa dan Kebersamaan PAI UII

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Indonesia (UII), melalui organisasi Peace Education Community (PEC) yang bergerak dalam bidang dakwah di lingkungan PAI, kembali menggelar kegiatan “Jum’at Bersimpuh” pada Jumat (23/5). Acara ini berlangsung di Ruang Laboratorium PAI lantai 3, Gedung Wahid Hasyim, Kampus Terpadu UII.

Kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap Jumat pagi ini diikuti oleh dosen, tenaga kependidikan, serta mahasiswa PAI UII. Mengusung tema “Menguatkan Kebersamaan, Meraih Keberkahan”, kegiatan ini menjadi wadah refleksi spiritual dan kebersamaan bagi sivitas akademika.

Acara diawali dengan pembacaan mujahadah, dipimpin oleh Moh. Mizan Habibi, S.Pd.I., M.Pd.I dosen PAI UII sekaligus pembimbing PEC. Mujahadah dibaca dalam bentuk sholawat, zikir, dan amalan-amalan lainnya. Kegiatan kemudian ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Drs. Imam Mudjiono, M.Ag. 

Dalam wawancara usai kegiatan, Moh. Mizan Habibi menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan mempererat rasa kebersamaan antar sivitas akademika PAI, sekaligus menjadi momen untuk memperkuat spiritualitas di tengah dinamika kehidupan kampus.

“Acara ini terlaksana dalam rangka mengajak para sivitas akademika PAI untuk memulai hari dengan berdoa’, zikir, serta bersholawat untuk melengkapi ikhtiar bersama menjadikan PAI lebih baik lagi” ungkapnya. 

Sementara itu, Ketua PEC, Bunga Solikhah, menambahkan bahwa kegiatan serupa sebenarnya telah dirintis sejak periode sebelumnya, namun belum berjalan optimal. Pada masa kepengurusan PEC saat ini, ia berkomitmen untuk menguatkan kembali agenda ini secara lebih konsisten.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk mendoakan Program Studi PAI agar semakin maju dan memberi manfaat yang lebih luas,” ujarnya.

Dengan semangat kebersamaan dan nilai-nilai spiritual, “Jum’at Bersimpuh” diharapkan menjadi bagian dari budaya akademik yang mendalam dan memberi kesan positif tersendiri bagi lingkungan PAI UII. (GRR/AHR/RS)