,

Pendidikan Vokasi, Selaraskan Aspek Akademik dan Keahlian

Revolusi Industri 4.0 menjadi tren terbaru perkembangan teknologi dan berpengaruh besar terhadap proses produksi pada sektor industri. Era ini merupakan era IoT (Internet of Thing), dimana peranserta manusia cenderung berkurang dan beberapa fungsinya digantikan oleh mesin. Pada era ini juga muncul internet sebagai partisipan baru yang perannya cenderung meningkat secara drastis.

Read more

,

Peluang Pendidikan Vokasi di Era Revolusi Industri 4.0

Program Studi Diploma Analisis Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UII menyelenggarakan Seminar Nasional Vokasi Indonesia pada Selasa (13/11), di Hotel Grand Mercure, Yogyakarta. Iven ini merupakan seminar nasional vokasi lintas bidang ilmu pertama di Indonesia dengan mengusung tema “Pengembangan Pendidikan Vokasi dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”.

Read more

Zakat Punya Potensi Besar Gerakkan Ekonomi Produktif

Mayoritas penduduk Indonesia yakni 87.2% adalah muslim. Potensi zakat di Indonesia begitu besar sehingga punya peluang besar untuk menggerakkan sektor ekonomi produktif. Model pengelolaan zakat di Indonesia sangat memiliki peluang dan potensi dalam mendapatkan nilai atau angka yang cukup tinggi jika dibanding dengan negara-negara Muslim lainnya.

Read more

,

Mobil Listrik Kaliurang Unisi Siap Berlaga di KMLI X Bandung

Menjelang penyelenggaraan Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) X di Politeknik Bandung pada 14-17 September 2018, tim mobil listrik UII terus menyempurnakan persiapan. Salah satunya dengan berkunjung dan meminta dukungan moril pada pimpinan UII. Acara ini berlangsung di Gedung GBPH Prabuningrat, kampus terpadu UII pada Senin (12/11).

Direktur Direktorat Pengembangan Bakat, Minat, dan Kesejahteraan Mahasiswa UII, Beni Suranto, S.T., M.Soft.Eng dalam kesempatan tersebut berpesan agar tim mobil listrik UII dapat menimba ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya dari even tersebut. “Saya berharap ada capaian, target, dan inovasi yang diusung dalam kompetisi kali ini”, ujarnya.

Read more

,

UII Raih Juara Umum di Festival Kebudayaan Arab UGM

Delegasi Universitas Islam Indonesia (UII) kembali memperoleh prestasi yang membanggakan di tingkat nasional. Pada perhelatan Festival Kebudayaan Arab yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Sastra Arab (IKMASA) Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Jumat-Ahad (26-19/10), delegasi UII yang dinaungi Komunitas El-Markazi berhasil memperoleh gelar juara umum dengan diraihnya 4 piala pada 4 cabang lomba.

Read more

,

Warga Desa Wukirasari Dapat Manfaatkan Genset Tenaga Surya

Listrik dari tenaga terbarukan kini dapat dinikmati oleh warga desa Wukirsari, Cangkringan, Sleman. Hal ini berkat upaya Universitas Islam Indonesia (UII) yang bekerjasama dengan Universitas PGRI Semarang menghadirkan genset bertenaga surya di desa tersebut.

Melalui Program Penerapan Teknologi Tepat Guna Kepada Masyarakat (PPTTG) yang difasilitasi Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM), Kemenristekdikti, kedua universitas bertekad menghadirkan listrik ramah lingkungan ke tengah warga. Penyerahan genset berlangsung di Kantor Desa Wukirsari pada Jum’at (09/11).

Read more

Pegawai Purna Tugas UII Ikuti Edukasi Pola Hidup Sehat

Kesehatan mahal harganya. Kalimat tersebut sudah sering kita dengar dimana-mana. Dalam mewujudkannya, setiap orang harus selalu menjaga kondisi tubuhnya agar tetap sehat dan bugar. Mulai dari berolah raga dan mengkonsumsi makanan yang baik bagi tubuh sangat diperlukan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh.

Hal itu yang melatarbelakangi Pusat Bantuan Sosial dan Kesehatan (PUSBANSOSKES) Universitas Islam Indonesia (UII) dalam menggelar acara Edukasi Pola Hidup Sehat dan Fun Games. Acara yang berlangsung di Taman Wisata Kyai Langgeng Magelang pada Sabtu (10/11) itu ditujukan kepada Pegawai Purna Tugas UII. Pada kesempatan tersebut turut dihadiri oleh Dr. Zaenal Arifin, M.Si, sebagai Wakil Rektor II.

Read more

Membumikan Konsep Ulul Albab

Ulul albab secara bahasa berasal dari dua kata: ulu dan al-albab. Ulu berarti ‘yang mempunyai’, sedang al albab mempunyai beragam arti. Kata ulul albab muncul sebanyak 16 kali dalam Alquran. Dalam terjemahan Indonesia, arti yang paling sering digunakan adalah ‘akal’. Karenanya, ulul albab sering diartikan dengan ‘yang mempunyai akal’ atau ‘orang yang berakal’. Al-albab berbentuk jama dan berasal dari al-lubb. Bentuk jamak ini mengindikasikan bahwa ulul albab adalah orang yang memiliki otak berlapis-lapis alias otak yang tajam. Read more

,

Keberhasilan UII, Hasil Penerapan Budaya Mutu Secara Konsisten

Dosen Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII), Nandang Sutrisno, SH., LL.M., M.Hum., Ph.D. yang juga Rektor pada periode 2017-2018, menjadi narasumber dalam Seminar Budaya Mutu Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Direktorat Penjaminan Mutu, Ditjen Belmawa di Ternate.

Read more

,

Era Digital, Santri Harus Melek Berwirausaha

Bukan hal yang tak mungkin jika di era digital santri dapat menjadi pengusaha di samping mengenyam pendidikan agama di Pondok Pesantren. Bertalian dengan hal tersebut, Pondok Pesantren UII bekerjasama denga Kemenpora RI menyelenggarakan seminar kewirausahaan bertema “Santri Innovation And Entrepreneurship Development Program”. Acara itu diselenggarakan pada hari Sabtu (3/11) di Heritage Ballroom Eastparc Hotel Caturtunggal, Depok, Sleman.

Read more