Sebagai upaya peningkatan implementasi Sistem Penjaminan Mutu (SPM) yang berkelanjutan, Universitas Islam (UII) melalui Badan Penjaminan Mutu (BPM) kembali menyelenggarakan Induksi Sistem Penjaminan Mutu bagi Kepala Laboratorium di lingkungan UII pada Jum’at (13/9) di Ruang Sidang GKU Prof. dr. Sardjito lantai 2.

Read more

‘Rendah gunung, tinggi harapan’ nampaknya jadi peribahasa yang cocok bagi Muhammad Brado Prasetyo. Alumni UII Program Studi Teknik Elektro ini berhasil memperoleh Beasiswa Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI) tahun 2019. Mahasiswa yang aktif di berbagai kegiatan kampus ini sejak awal memang bercita-cita melanjutkan studi dengan beasiswa.

Read more

Sivitas akademika UII semakin lantang menyuarakan penolakan atas Revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK) yang diinisiasi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). RUU yang disinyalir akan melemahkan KPK tersebut disikapi lewat penggalangan aksi berupa pernyataan sikap, rencana mengirim mosi tidak percaya, hingga long march mahasiswa menuju Gedung DPRD DIY. Hal ini seperti tergambar pada Kamis (12/09) di Kampus Pascasarjana FH UII Cik Di Tiro.

Read more

Bulan Muharram dapat diisi dengan berbagai amalan positif. Karena selain erat dengan tahun baru Islam dan peristiwa hijrah, bulan ini juga sarat dengan kemuliaan. Seperti disampaikan Ust. Wijayanto dalam ceramahnya pada 10 Muharram 1441 H (10/9) di Masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia (UII). Disebutkan oleh Ust. Wijayanto bahwa asas dari kehidupan adalah hijrah.

“Bahkan darah dalam tubuh kita pun harus berhijrah karena kalau tidak maka kita akan meninggal karena darah harus dialirkan ke seluruh tubuh, tidak bisa hanya berhenti disatu bagian tubuh saja.” ucapnya.

Read more

Sivitas akademika Universitas Islam Indonesia (UII) turut mengutarakan pernyataan sikap menolak dengan tegas rencana revisi UU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nomer 30 Tahun 2002 oleh DPR. Beberapa ketentuan dalam RUU tersebut disinyalir bukan memperkuat tetapi justru melemahkan institusi KPK. DPR sendiri terkesan sembunyi-sembunyi melakukan langkah-langkah sistematis untuk merevisi UU KPK ini yang sempat tertunda beberapa kali. Read more

Program studi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UII baru saja meresmikan dua pusat studi baru. Kedua pusat studi tersebut yaitu Pusat Studi Kecerdasan Buatan atau disebut dengan Artificial Intelligence Creative Center of Excellence (AICC UII) dan Statistics Bioinformatics Research Center (SBRC) di Auditorium Prof. K.H. Abdulkahar Mudzakkir, Kampus Terpadu UII, pada Senin (9/9). Kedua pusat studi ini digadang sebagai yang pertama di Yogyakarta, serta merupakan kategori kelompok pertama dalam jajaran Perguruan tinggi di Indonesia.

Read more

Budaya Yogya yang unik selalu menjadi magnet kuat bagi warga asing, khususnya pelajar dan mahasiswa. Selain keunikan budaya, ada juga Bahasa Indonesia yang membuat mereka semakin tertarik berkunjung ke Yogya. Kedua hal itulah yang mendasari siswa tingkat lanjutan dari Mornington Secondary College berkunjung di Yogyakarta selama satu minggu.

Selama berada di Yogya, mereka mendapat pendampingan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Islam Indonesia (UII). Mahasiswa PBI UII membantu mereka mengenalkan budaya dan pembelajaran-pembelajaran menarik yang ada di Yogya.

Read more

Pemahaman akan hukum investasi dan alih teknologi di Indonesia masih minim. Hal ini patut diwaspadai karena banyak investor asing yang melihat celah itu untuk mengeruk keuntungan. Di satu sisi Indonesia membutuhkan investasi guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi, namun dalam satu sisi yang lain harus siap bahwa efek investasi memiliki sisi negatifnya.

Hal tersebut menjadi suatu titik poin dalam pembahasan Seminar Internasional “International Investment Law and Transfer of Technology” yang bertempat di Ruang Sidang Utama Lt.3 Fakultas Hukum UII dan diberlangsungkan selama 2 hari pada 5 s/d 6 September 2019. Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi Fakultas Hukum UII dengan pihak ASKII, Swiss State Secretariat for Economic Affairs (SECO), dan Swiss Federal Institute of Intellectual Property (IPI).

Read more

Program studi Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia (FTSP UII) kembali mengirim mahasiswa ke luar negeri dalam rangka pertukaran pelajar. Sebanyak 3 mahasiswa resmi dilepas oleh pihak universitas pada Jumat, (06/09) di Gedung Rektorat, Kampus Terpadu UII.

Read more

Magister Kimia (S2) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) selenggarakan kuliah umum bagi mahasiswa baru. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Sidang 2 Gedung Prof. Dr. H. Zanzawi Soejoeti, M.Sc., Kampus Terpadu UII, pada Sabtu (7/9).

Read more