Pendidikan di banyak negara sedang mengalami perubahan yang sangat cepat. Hal ini berdampak luas seperti timbulnya disrupsi, dislokasi, dan disorientasi di kalangan pemerintah, masyarakat beserta lembaga-lembaga internasional. Dalam merespon perubahan ini, prodi Pendidikan Agama Islam FIAI UII mengadakan seminar bertemakan “Membaca Kembali Eksistensi Pendidikan Islam dalam Membangun Peradaban”. Acara tersebut diadakan di Ruang Audiovisual Lt. 2 Gd Perpustakaan Kampus Terpadu UII pada Rabu (22/05).

Read more

Takmir Masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia mengadakan talkshow dengan tema Nuzulul Quran. Talkshow bertemakan “Mengukir Mahkota Untuk Ayah Ibuku” itu diadakan pada Rabu (22/5) di Masjid Ulil Albab UII selepas tarawih. Kajian tersebut juga mengundang Hilya Qonita, seorang juara I dalam ajang program Hafidz Cilik RCTI 2013 lalu bersama ayahandanya Ust. Muslim Ibnu Mahmud sebagai pembicara. Para peserta yang terdiri dari mahasiswa dan orang tua nampak antusias menyimak setiap pemaparan dua pembicara tersebut.

Read more

Bulan Ramadan merupakan kesempatan bagi umat muslim di dunia untuk meningkatkan ketakwaan dengan sebaik-baiknya. Berbagai macam amalan dapat dikerjakan yang semata-mata hanya mengharap ridho Allah SWT. Selain itu, bulan Ramadan bukan hanya sebagai sarana meningkatkan ibadah secara vertikal, namun juga ibadah secara horizontal seperti menyambung silaturahmi.

Disampaikan Rektor Universitas Islam Indonesia (UII), Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D. silaturahmi merupakan sebuah tindakan alami dari diri manusia yang notabene merupakan makhluk sosial. Bersamaan dengan hal itu guna menyambung dan mempererat hubungan silaturahmi, UII menggelar buka puasa bersama Pimpinan, Pegawai Unit Rektorat dan Purna Tugas di Auditorium Prof. KH. Abdulkahar Mudzakkir, Kamis (23/5).

Read more

Bulan suci Ramadan merupakan bulan yang penuh keberkahan, kesempatan bagi segenap umat muslim untuk medekatkan diri kepada Allah SWT. Kesempatan mulia ini pun tersirat dalam berbagai kegiatan Safari Iman Ramadan (SAFIR) yang digagas oleh Takmir Masjid Ulil Albab (TMUA). Kali ini bertempat di Masjid Ulil Albab, Kamis (23/5), SAFIR menghadirkan narasumber ustadz Syatori Abdurrauf dengan topik Hati-Hati Menjaga Hati.

Umat Islam telah memiliki Al-Quran yang keasliannya dijaga oleh Allah SWT. Al-Quran diturunkan bertepatan dengan bulan suci Ramadan. Tujuan diturunkannya Al-Quran ialah seabagai petunjuk bagi manusia khususnya hati manusia, jadi al-Quran berperan sebagai penjaga hati.

Read more

Bulan Ramadan menjadi salah satu bulan yang sangat dimuliakan oleh Allah. Bulan yang mampu meningkatkan rasa empati dan peduli individu terhadap sesama. Berbagi menjadi salah satu kata kegiatan yang lazim dan sering dilakukan di bulan Ramadan ini. Bertempat di Auditorium Auditorium Prof. KH. Abdulkahar Mudzakkir, Rabu petang (22/5), Safari Iman Ramadan (SAFIR) Takmir Masjid Ulil Albab (TMUA) menyelenggarakan acara “1000 Cinta Anak Yatim” yang mengusung tema “Tebar Kebaikan dalam Nuansa Indahnya Anugrah Ilahi”

Read more

Dalam rangka memanfaatkan momentum bulan suci Ramadan, Relawan Ramadan Dakwah Hijrah Mahasiswa (DHM) Universitas Islam Indonesia (UII), di bawah naungan Direktorat Pendidikan dan Pengembangan Agama Islam (DPPAI)  menerjunkan relawan mahasiwa selama 17 hari untuk membantu kegiatan Ramadan di Desa Binaan UII yang tersebar di 12 dusun di Kecamatan Pakem, Sleman.

Read more

Nasionalisme dalam setiap diri warga negara sangat dibutuhkan untuk menjaga persatuan. Seperti yang disampaikan dalam diskusi civitas akademika sebagai salah satu rangkaian kegiatan Safir 1440 H yang diselenggarakan oleh Takmir Masjid Ulil Albab UII. Diskusi yang berlangsung pada Selasa (21/5) itu mengangkat tema “Menanamkan Rasa Nasionalisme di Era Globalisasi agar Tercipta Petriotisme”. Acara tersebut diisi oleh Guru Besar Hukum UII, Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, S.H. S.U.

Read more

Mahasiswa UII kembali meraih kejuaraan di kancah internasional. Kali ini pada acara International E-Business & Enterpreneurship Idea Showcase (EBES) 2019 yang diselenggarakan di Melaka Multimedia University, Malaysia pada awal bulan Mei, tiga mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam, Syarif Ihsanudin (2017), Moch. Rizal Bayu Bakti Nugroho (2018), Nailia Nurul Hikmah (2018) berhasil meraih 2 kejuaraan sekaligus yaitu Gold Medal dan Best Overall Winner.

Read more

Mengenal banyak tokoh berpengaruh merupakan salah satu langkah untuk memetik nilai-nilai keteladanan. Hal tersebut coba dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia (PAI FIAI UII). Melalui kegiatan Sekolah Pemikiran Pendidikan Islam, Prodi PAI melakukan kegiatan diskusi pada Senin, (20/05) bertempat di Gedung K.H.A. Wahid Hasyim, Kampus Terpadu UII. Diskusi tersebut mengusung tema “Kepemimpinan Kharismatik Zaini Dahlan”.

Read more

Critical thinking merupakan salah satu kemampuan penting yang akan membantu bekerja di masa depan. Kemampuan berpikir kritis tidak hanya membantu menyelesaikan permasalahan kompleks namun juga mengkritisi secara tajam sebuah gagasan. Pembahasan ekstensif mengenai critical thinking menjadi topik utama yang memayungi workshop yang diadakan Universitas Islam Indonesia (UII) Learning Center pada Sabtu, (18/05) di Ruang Audiovisual, Gedung Rektorat UII.

Workshop bertajuk ‘Being A Critical Thinker’ ini menghadirkan Riefki Fajar Ganda Wiguna, S.Pd., Astari Husna Masitha, B.Soc.Sc., Ginanjar Gailea, M.A., serta Anandayu Suri Ardini, S.S., M.A sebagai pembicara.

Read more