Pengelolaan teknologi informasi dewasa ini masih sering menjadi kendala para pimpinan di lingkungan pendidikan tinggi. Kendala tersebut terutama pada segi pengorganisasian layanan agar sejalan dengan misi dan tujuan strategis institusi pendidikan tinggi. Seiring dengan lajunya transformasi digital, terlebih dengan hadirnya revolusi industri 4.0, dibutuhkan Chief Information Officer (CIO) yang mampu bertanggung jawab dan mengelola teknologi untuk mecapai target institusi.

Read more

Perkembangan teknologi informasi saat ini mengalami perubahan yang kian masif. Tren digitalisasi atau yang sering disebut revolusi industri 4.0 di berbagai sektor tak terkecuali di sektor pendidikan tinggi. Terkini, kebutuhan untuk memahami solusi teknologi informasi bagi pendidikan tinggi menjadi sebuah keharusan guna meningkatkan kualitas dari perguruan tinggi itu sendiri.

Read more

Universitas Islam Indonesia (UII) pada tahun 2019 kembali dipercaya oleh KEMENRISTEKDIKTI RI sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang. Kegiatan MONEV yang merupakan tahap penjurian untuk menentukan peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ini dilaksanakan pada tanggal 16–18 Juli 2019 bertempat di Gedung Kuliah Umum (GKU) Prof. Dr. Sardjito Kampus Terpadu UII, Jl. Kaliurang km 14.5 Sleman.

MONEV PKM 5 Bidang menghadirkan 2 (dua) reviewer nasional Dr. Ir. Anik Martinah Hariati, M.Sc. (Universitas Brawijaya) dan Prof. Dr. I Nyoman Sucipta, M.P. (Universitas Udayana) serta diikuti oleh Tim PKM dari 4 perguruan tinggi yakni Universitas Islam Indonesia (47 Tim), Universitas Teknologi Yogyakarta (16 Tim), Universitas Janabadra (1 Tim), dan Politeknik Mekatronika Sanata Dharma (1 Tim).

Read more

Kajian tentang masa depan Islam di Indonesia saat ini sedang ramai diperbincangkan, terutama di ranah akademik. Beberapa pendapat menyatakan bahwa Indonesia akan bangkit sebagai negara yang menjadi model pertemuan Islam, kemajuan ekonomi dan perkembangan demokrasi yang positif. Sejak wacana ini digelontorkan, masyarakat sipil dan pemerintahan Indonesia ini dengan memperkenalkan beberapa konsep, semisal Islam Nusantara dan Islam Berkemajuan.

Namun, dalam ranah kultural, tak banyak pameran yang membahas tentang masa depan Islam di Indonesia. Sebagai upaya untuk mengisi kekosongan tersebut, Lembaga Kebudayaan Embun Kalimasada Yayasan Badan Wakaf Universitas Islam lndonesia (UII) mengadakan pameran bertemakan masa depan Islam di Indonesia. Pameran ini bertujuan untuk menawarkan perbincangan baru yang realistis namun optimistis tentang Islam di Indonesia.

Read more

Limbah cair laboratorium mengandung banyak senyawa berbahaya. Di samping mengandung logam berat, limbah cair laboratorium secara kolektif dan dalam kurun waktu yang lama dapat mencemari lingkungan. Di antaranya seperti merusak struktur tanah, mengancam kelangsungan hidup ekosistem air maupun darat, serta berdampak bagi kesehatan manusia. Diperlukan agen biologis yang dapat meremediasi limbah laboratorium tersebut.

Read more

Tiga mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) tengah meneliti potensi senyawa turunan xanton sebagai bahan pengembangan obat antikanker paru. Ketiga mahasiswa tersebut yaitu Muhammad Kurnia Akbari (Kimia 2016), Eka Zunita Pratiwi (Kimia 2016), dan Dwiki Anggara Putra (Pendidikan Dokter 2017) tergabung dalam tim PKM-Penelitian Eksakta (PKM-PE). Penelitian mereka yang dibimbing oleh Dhina Fitriastuti, M.Sc juga bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga dan merawat kesehatan paru-paru.

Read more

Sekelompok mahasiswa Program Studi Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Islam Indonesia (UII) mengembangkan penelitian berjudul Biosintesis Nanoherbal Ekstrak Daun Bambu Kuning dengan teknologi ramah lingkungan untuk pengobatan infeksi saluran kemih.

Dalam penelitiaannya, sekelompok mahasiswa UII yang beranggotakan Amelia Arum Prasetya (Farmasi 2017), Prima Aulia Putra (Farmasi 2015), Amalia Humairah (Farmasi 2017) mendapat bimbingan dari Dr Yandi Syukri, S.Si., M.SI., Apt.

Read more

Jerawat adalah masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Kondisi ini umumnya ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada. Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat. Faktor internal di antaranya karena perubahan hormon, kondisi stres, dan kekurangan vitamin A. Sedangkan faktor eksternal meliputi produksi minyak berlebih di wajah, adanya sel kulit mati yang tidak dapat mengelupas sempurna, penyumbatan kotoran di wajah, pola makan tidak sehat, dan iritasi wajah.

Read more

Tiga mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) berhasil mendapatkan gelar Advanced Diploma in Accounting & Business dari Association of Chartered Certified Accountans (ACCA). Ketiga mahasiswa tersebut yakni Lyanda Pasadhini, S. Ak., Muli Wening Utami, S. Ak dan Tiyas Kurnia Sari S. Ak. memperoleh gelar setelah sebelumnya menempuh dua ujian kualifikasi ACCA yaitu modul F5 (Performance Management) dan F8 (Auditing & Assurance).

Read more

Formaldehida atau biasa disebut formalin pada umumnya digunakan sebagai pembersih lantai, kapal, gudang, dan pakaian, pembuatan gelas, pengawet mayat serta, bahan peledak. Akan tetapi, banyak oknum yang menyalahgunakan formalin dalam kehidupan sehari-hari, sehingga formalin ditemukan juga pada makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan daging.

Di sisi lain, limbah baterai menyebabkan masalah lingkungan. Padahal limbah ini masih dapat dimanfaatkan, salah satunya yaitu digunakan untuk bahan baku pembuatan graphene sebagai material elektroda sensor elektrokimia.

Fakta inilah yang mendorong tiga orang mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) yang terdiri dari Renaldi Daffa Hutama (Kimia 2016), Muhamad Ridwanto (Kimia 2016), dan Keke Almaida Panular (Kimia 2017) memanfaatkan limbah grafit baterai untuk dijadikan sensor elektroda formalin.

Read more