Wabah Covid-19 yang banyak menelan korban jiwa dari tenaga kesehatan, menimbulkan keprihatinan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII). Secara gotong royong IKA UII menghimpun donasi dari alumni dan masyarakat luas.

Read more

Alumni UII terus memperluas bidang pengabdian serta kontribusinya bagi bangsa dan negara. Kali ini di bidang hukum, alumni Fakultas Hukum (FH) UII tahun 1980, Dr. H. Muhammad Syarifuddin, SH., MH terpilih sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) RI Periode 2020-2025. Pria kelahiran Baturaja 65 tahun silam itu menggantikan Ketua MA sebelumnya, Hatta Ali melalui mekanisme pemilihan suara internal di tubuh MA. Pemilihan Calon Ketua MA diikuti 47 hakim yang memiliki hak dipilih dan memilih.

Read more

Wakil Bupati Sleman, Dra. Sri Muslimatun., M.Kes. dan Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Subardi, S.H., M.H. mengapresiasi pembuatan Alat Pelindung Diri (APD) berupa face shield oleh mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII). Pembuatan APD ini sebagai upaya turut merespon mewabahnya virus Covid-19, dimana keberadaan APD sangat dibutuhkan tenaga kesehatan saat menangani pasien.

Read more

Wabah Covid-19 tidak dikehendaki semua pihak. Semua lembaga harus meresponsnya, baik merasa siap atau tidak. Aksi yang mungkin dilakukan, menjadi pilihan, dalam waktu yang tidak bersahabat. Semua harus diputuskan dan dijalankan dengan segera.

Read more

Kepada Semua Mahasiswa Universitas Islam Indonesia yang Berbahagia,

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh,

Wabah Covid-19 adalah ujian bagi kita semua. Mari kita bersama berandil dalam mengendalikan wabah ini dengan menjaga pola hidup sehat dan menghindari berada di luar rumah, jika tidak sangat terpaksa. Dengan demikian, kita akan membantu memutus rantai penularan Covid-19 dan bukti kita menyayangi keluarga dan diri kita.

Pembelajaran daring dan bekerja dari rumah pun menjadi satu-satunya pilihan. Kita menyadari sepenuhnya, pola baru tidak selalu menyenangkan karena dijalankan dalam suasana yang tidak direncanakan dengan sangat matang. Namun, kita tidak putus harapan, dan selalu berikhtiar menjalankan yang terbaik.

Untuk mendapatkan koneksi Internet yang mendukung pembelajaran daring, silakan gunakan skema yang ada di sini https://www.uii.ac.id/kuota-internet-gratis-untuk-pembelajaran-daring-dan-kerja-dari-rumah/

Kami juga menyadari bahwa mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan, juga terpengaruh. Tak terkecuali, juga penghasilan sebagian orang tua atau orang yang menangguh biaya hidup Saudara. Karenanya, kami merumuskan bantuan dalam bentuk pemotongan biaya kuliah dan pengunduran waktu pembayaran kepada mahasiswa yang mata pencaharian orang tua atau penanggung biaya kuliahnya terdampak. Tingkat keterdampakan sangat mungkin berbeda-beda, dan karenanya, bagi kami adil tidak harus dalam nominal yang sama (lihat infografis di bawah).

Keputusan ini sangat mungkin tidak dapat memuaskan semua pihak, namun ini adalah ikhtiar terbaik yang mungkin dapat dilakukan.

  1. Jika penghasilan orang tua atau penanggung biaya kuliah Saudara TIDAK TERDAMPAK bersyukurlah kepada Allah swt. Ini saatnya membantu saudara kita yang membutuhkan bantuan, termasuk di antaranya adalah dengan cara membayar uang kuliah pada waktunya, ketika sebagian kawan Saudara tidak mempunyai kemampuan untuk itu, sehingga proses bisnis dan layanan UII masih dapat berjalan dengan baik. Saudara tidak perlu mengisi formulir pernyataan terdampak Covid-19.
  2. Jika penghasilan orang tua atau penanggung biaya kuliah Saudara TERDAMPAK, Saudara dipersilakan mengisi formulir pernyataan terdampak Covid-19 dan mengirimkannya kepada kami paling lambat 14 April 2020. Formulir dan tautan pengiriman dapat ditemukan pada laman https://www.uii.ac.id/covid-19/. Tanda tangan dan fotokopi KTP bisa Saudara dapatkan dengan bantuan kamera yang ada di setiap ponsel Saudara. Kami mohon Saudara dapat mengisinya dengan jujur, sehingga kami tidak perlu memverikasikan satu per satu, dan akan mempercepat proses.

Informasi dan kebijakan mutakhir terkait dengan penanganan wabah Covid-19 di UII, dapat Saudara ikuti di https://www.uii.ac.id/covid-19/. Saudara juga bisa ikuti lewat kanal media sosial resmi UII.

Demikian pengumuman ini kami sampaikan, atas perhatian Saudara, kami mengucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh,

Yogyakarta, 10 Syakban 1441/3 April 2020

Salam sehat selalu,

 

Fathul Wahid

Rektor Universitas Islam Indonesia

 

Catatan: Surat ini sudah dikirim ke email semua mahasiswa aktif pada 3 April 2020.

Bangsa Indonesia tengah berjuang melawan pandemi virus Corona. Pemerintah pun mengerahkan segenap kemampuan untuk meminimalisir dampak wabah. Namun sayangnya pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) yang dinilai publik kontroversial tetap berlangsung di DPR. RUU Cipta Kerja (Omnibus Law) dan RUU revisi UU Mineral dan Batu Bara (Minerba) terus menjadi pembahasan para wakil rakyat meski di tengah pandemi Covid-19.

Hal ini kemudian mendapat tanggapan dari Pusat Studi Hukum (PSH) Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII). PSH UII beranggapan pembahasan RUU Cipta Kerja dan RUU Minerba oleh DPR ditangguhkan.

Read more

Mahasiswa UII tidak henti-hentinya menorehkan prestasi dalam ajang kompetisi bergengsi. Mahasiswa yang terdiri dari Rahmat Al Kausar (Teknik Elektro 2016), Ahmed Joko Susilo (Teknik Industri 2016), dan Muhammad Ulil Albab Surya Negara (Teknik Informatika 2018) berhasil mendapatkan juara 3 pada kategori Best Innovation di kompetisi Nusantara Innovation Summit 2020 yang diadakan oleh Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor. Lomba yang dilaksanakan pada 11-15 Maret itu mengusung tema Inovasi Untuk Pelosok Negeri Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka Dies Natalis ke-64 IPDN Jatinangor yang juga diikuti oleh 67 orang dari 25 tim.

Read more

Menyikapi penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang semakin meluas, aktivitas Pesantrenisasi 2 Pra Kuliah Kerja Nyata Universitas Islam Indonesia (KKN UII) pun diselenggarakan secara daring. Hal ini mengacu pada surat Edaran Direktur No. 145/Dir/10/DPPAI/2020 sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Rektor No. 1050/Rek/10/SP/III/2020 tentang Kerja dari Rumah untuk Mitigasi Penyebaran Covid-19.

Read more

Di tengah situasi pandemi Corona (Covid-19), mahasiswa UII tergugah untuk menyumbangkan kontribusi bagi negeri. Dua unit kegiatan mahasiswa yaitu Laboratorium Mahasiswa (LABMA) UII dan Ulil Albab Science Center (UASC) UII berkolaborasi membuat Alat Pelindung Diri (APD) yaitu face shield, yang kemudian disumbangkan ke rumah sakit untuk dipakai para tenaga medis yang berjuang di garda terdepan memerangi Covid-19.

Read more

Menyandang predikat mahasiswa berprestasi bukanlah hal mudah. Butuh perjuangan yang cukup menguras tenaga dan pikiran untuk sampai pada tingkatan tersebut. Mulai dari seleksi berkas, hingga presentasi di hadapan para juri. Demikian perjalanan tiga pemenang mahasiswa berprestasi UII 2020, Shofi Latifah Nuha Anfaresi, Lu’luatul Awaliyah, dan Muhammad Akbar Priandanu.

Read more