,

Himbauan Agar Berhati-hati Terhadap Penipuan

Sehubungan makin maraknya penipuan menggunakan media short message service (SMS) mengatasnamakan pimpinan UII, ataupun konfirmasi melalui telepon dengan sasaran mahasiswa UII, dengan modus:

Memberitahukan bahwa penerima SMS ditunjuk untuk mendampingi pimpinan universitas pada acara Seminar Nasional Peningkatan Mutu dan Kinerja Tenaga Kependidikan dari Kemenristekdikti, yang akan dilaksanakan pada Tgl. 1-2 Desember 2017, di Hotel Grand Cempaka Jakarta.

Maka dengan ini dihimbau agar para mahasiswa UII untuk lebih berhati-hati dalam menyikapi dengan memverifikasi ulang terlebih dahulu tentang kebenaran informasi yang didapat kepada pemegang otoritas baik universitas maupun fakultas.

,

Hilirisasi Riset Diperlukan Guna Wujudkan Masyarakat Madani

Riset yang dihasilkan perguruan tinggi memiliki peran untuk mendorong inovasi dan pengembangan kapasitas masyarakat. Melalui riset di bidang teknologi, perguruan tinggi dapat menjadi mitra strategis bagi industri untuk menghasilkan produk berdaya saing global. Sedangkan di tingkat sosial kemasyarakatan, riset perguruan tinggi dapat menyediakan solusi atas permasalahan sosial. Selain itu, riset juga menjadi bahan untuk membuat kebijakan publik yang bermanfaat bagi masyarakat. Inilah yang disebut dengan upaya hilirisasi riset yang kini tengah digalakkan pemerintah.

Tema tersebut mengemuka dalam penyelenggaraan acara Seminar Menuju Masyarakat Madani dan Lestari Seri ke-7 yang diadakan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UII pada Rabu (22/11) di Auditorium FTSP UII. Seminar tersebut mempertemukan para peneliti dan akademisi lintas disiplin ilmu guna membahas upaya mewujudkan masyarakat madani melalui berbagai lini.

Read more

,

UII Raih Peringkat Emas SNI Award 2017

Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil meraih penghargaan Peringkat Emas Standar Nasional Indonesia (SNI) Award 2017 dari Badan Standardisasi Nasional (BSN). Pengharagaan secara simbolis disampaikan oleh Kepala BSN, Prof. Dr. Bambang Prasetya kepada Rektor UII, Nandang Sutrisno, SH., LLM., M.Hum., PhD. di Jakarta, pada 16 November 2017.

Read more

UII Juara Umum Zukhruf UIN Surabaya 2017

Setelah meraih beragam juara di beberapa kompetisi, pada puncaknya kontingen Universitas Islam Indonesia (UII) meraih Juara Umum Zein al-Ukhuwwah wa al-Ta’aruf (Zukhruf) UIN Sunan Ampel Surabaya. Even yang diorganisir oleh Himpunan Mahasiswa Prodi (Himapro) Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Surabaya tersebut digelar pada Selasa-Jumat, 14-17 November 2017.

Read more

,

Tujuh Alumni PSAS Diterima sebagai Calon Hakim PA

Sebanyak 7 (tujuh) alumni Program Studi Ahwal Syakhshiyah (PSAS) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) diterima sebagai Calon Hakim (Cakim) Pengadilan Agama (PA). Pada tahun 2017 ini, Mahkamah Agung Republik Indonesia (MARI) melakukan rekrutmen cakim untuk 3 lingkungan peradilan yaitu peradilan agama, peradilan negeri, dan peradilan tata usaha negara. Momen ini terhitung istimewa mengingat rekrutmen terakhir yang dilakukan MARI adalah tahun 2011 (6 tahun lalu).
Read more

,

Tingkatkan Kinerja Riset, UII Gabung Konsorsium Universitas Lintas Negara

Guna meningkatkan kinerja riset, 11 perguruan tinggi dari tujuh negara sepakat membangun kerjasama dalam sebuah konsorsium. Anggota korsorsium ini adalah Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Gadjah Mada (UGM) (Indonesia), Universiti Teknologi Malaysia, Universiti Teknologi MARA (Malaysia), International College of National Institute of Development Administration (ICO NIDA), Burapha University (Thailand), University of Economics in Bratislava, Matej Bel University in Banská Bystrica (Slovakia), Warszaw School of Economics (Polandia), University of Bath (Inggris), dan University of Clermont Auvergne (Prancis).

“Proyek ini didukung dengan pembiayaan dari Uni Eropa, dan berlangsung selama tiga tahun”, ungkap Prof. Anetta Caplanova, koordinator proyek dari University of Economics in Bratislava, dalam jumpa pers yang dilaksanakan di Perpustakaan Universitas Islam Indonesia pada 21 November 2017.

Read more

,

Kecintaan Pada Heritage Hantarkan Dosen UII Raih Gelar Doktor di Jerman

Meski Indonesia kaya dengan berbagai peninggalan bersejarah, sayangnya minat untuk meneliti dan melestarikan bangunan cagar budaya nampaknya belum banyak digeluti orang. Terlebih saat ini heritage di perkotaan semakin tergusur oleh derasnya arus pembangunan. Bukan tidak mungkin, generasi mendatang akan kesulitan melacaknya. Namun bagi Putu Ayu Pramanasari Agustiananda, atau biasa dipanggil Nanda, bangunan dan kawasan bersejarah adalah sebuah passion tersendiri. Hal inilah yang mendorong dosen Arsitektur UII itu untuk giat mempelajari ilmu tersebut hingga ke negeri jauh.

Menyelesaikan studi master di Jerman, ia kemudian melanjutkan studi doktoral di negara yang sama, tepatnya di Faculty of Architecture and Urbanism, Bauhaus Universität-Weimar, dengan fokus heritage studies. Pada pertengahan tahun ini ia berhasil menyelesaikan studi S3 tersebut dengan predikat magna cumlaude.

Read more

,

Mahasiswa UII Juara 2 Legislative Drafting Nasional

Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menorehkan prestasi di kancah nasional. Prestasi tersebut diraih oleh Kanza Latunhi Rayes (2016), Fatma Reza Zubarita (2016), Ulfa Rofillah Meiyona (2015), Addi Fauzani (2014), serta Yuniar Riza Hakiki (2014). Kelima mahasiswa Fakultas Hukum tersebut sukses meraih Juara 2 Legislative Drafting Social Science in National Law Competition (Sciencesational) 2017.

Sciencesational 2017 diselenggarakan oleh Lembaga Kajian dan Keilmuan Fakultas Hukum Universitas Indonesia dengan Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, pada Rabu – Sabtu (15-18/11) bertempat di Universitas Indonesia, Depok. Kompetisi ini merupakan ajang bagi mahasiswa Fakultas Hukum untuk berkontribusi dalam mengatasi permasalahan aktual yang sedang dihadapi oleh Indonesia.

Read more

,

Tim Mobil Listrik UII Luncurkan ‘Kaliurang Unisi 3’

Tim Mobil Listrik Ulil Albab Student Center (UASC) Universitas Islam Indonesia (UII) akan kembali berlaga dalam ajang kompetisi tingkat nasional. Kali ini tim UASC dijadwalkan mengikuti Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) IX, di Politeknik Negeri Bandung selama lima hari, 22–26 November 2017.  Dalam ajang kali ini tim mobil listrik UII siap meluncurkan karya baru yang diberi nama Kaliurang Unisi 3.
Read more

UII Selenggarakan Workshop Sistem Penilaian Angka Kredit

Adanya perkembangan penilaian angka kredit dan dimulainya proses kenaikan jabatan secara online menuntut para dosen, dewan guru besar, guru besar, dan tenaga kependidikan di lingkungan Universitas Islam Indonesia (UII) untuk bisa memahami dengan baik sistem Penilaian Angka Kredit.

Read more