,

Tahapan Pemilhan Rektor UII Periode 2018-2022 Mulai Dilaksanakan

Proses pergantian tampuk kepemimpinan Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) kembali dilaksanakan. Berbeda dengan sebelumnya, pada pemilihan Rektor UII Periode 2018-2022 mengacu pada Statuta UII tahun 2017 dan Peraturan Pengurus Yayasan Badan Wakaf UII No. 1 tahun 2018 tentang Tatacara Pemilihan Rektor dan Wakil Rektor UII. Terdapat lima tahapan dalam proses pemilihan Rektor UII kali ini.

Read more

,

UII Pamerkan Kualitas Pendidikan di Yogyakarta

Universitas Islam Indonesia (UII) turut serta dalam penyelenggaraan pameran pendidikan tinggi The 27th Indonesia International Education and Training Expo 2018. Pameran pendidikan tinggi nasional yang diselenggarakan setiap tahun ini diikuti oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia baik negeri maupun swasta serta beberapa perguruan tinggi asing.
Read more

,

Permainan Mobile Koperasi Hantarkan Mahasiswa UII Raih Penghargaan di ITB

Tak henti-hentinya mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) menorehkan prestasinya di kancah nasional. Kini, giliran mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (FTI) memperoleh penghargaan tingkat nasional dalam kegiatan ITB Coorperative Day Mobile Apps Competition (ITBDC) 2018. Tim UII berhasil memperoleh juara 2 Nasional dalam ajang kreatif tersebut.

ITBDC merupakan acara tahunan dimana para peserta diharuskan untuk membuat sebuah aplikasi yang bertujuan untuk mengenalkan koperasi kepada masyarakat. Acara ini diselenggarakan oleh Koperasi Kesejahteraan Mahasiswa (KoKesMa) ITB dan diadakan pada tanggal 15-18 Februari 2018. Untuk tahun ini, ITBDC mengangkat tema “Realizing the Potential of Cooperative by Developing Cooperative-Related Apps”.

Read more

KBRI Thailand Apresiasi Langkah Internasionalisasi UII

Keberhasilan internasionalisasi bagi institusi pendidikan tinggi seperti Universitas Islam Indonesia (UII) tentunya tidak lepas dari dukungan Kedutaan Besar Republik Indonesia sebagai salah satu penghubung universitas di Indonesia dengan institusi di luar negeri.

Demikian disampaikan oleh Rektor UII, Nandang Sutrisno, SH., LL.M. M. Hum., Ph. D, saat memimpin delegasi dari UII, dalam kunjungan ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok, Thailand, Rabu (21/2).
Read more

,

UII Selenggarakan Partners Gathering di Thailand

Dalam mewujudkan masyarakat ASEAN, kerja sama pendidikan berperan sebagai salah satu pilar strategis memperkuat hubungan antarmasyarakat negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Guna mengoptimalkan peran tersebut, perguruan tinggi di Indonesia dituntut untuk selalu proaktif menjalin kemitraan antarnegara dalam kawasan.

Demikian disampaikan Dodo Sudrajat, Minister Counsellor Bidang Informasi dan Sosial Budaya, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Thailand dalam sambutan yang disampaikan pada Universitas Islam Indonesia (UII) Partners Gathering yang berlangsung di Bangkok, Thailand (20/2).

Read more

,

Kemitraan Internasional untuk Menjawab Tantangan Global

Memasuki tahun 2018, UII semakin menunjukkan kesungguhan dalam memperluas kemitraannya dengan berbagai institusi pendidikan di Thailand. Hal ini nampak dalam kunjungan serta penandatanganan nota kesepahaman antara UII dengan beberapa lembaga pendidikan di Thailand. Seperti antara UII dan Burapha University; UII dan The Halal Science Center (HSC) Chulalongkorn University pada Selasa (20/2).
Read more

,

Aspek Preventif Perlu Ditekankan Dalam Memerangi Narkoba

Semakin meningkatnya kasus penyalahgunaan narkoba di Indonesia turut menjadi perhatian penting bagi Universitas Islam Indonesia (UII). Sebagai bentuk kepedulian UII pada pencegahan penyebaran Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA), maka UII melalui Pusat Studi NAPZA menggelar simposium pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba yang mengangkat tema “Kenali dan Perangi Narkoba Langkah Awal  Menyelamatkan Generasi Penerus Bangsa’’. Kegiatan simposium juga merupakan bagian dari puncak acara milad ke-5 Pusat Studi NAPZA UII.

Acara ini digelar di Auditorium Fakultas Kedokteran UII, Kamis (22/2) dengan melibatkan pembicara dari internal UII dan BNN Provinsi DIY. Turut hadir dalam acara, Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP DIY, Bambang Wiryanto, S.Si.

Read more

Filantropi Islam Bantu Wujudkan Keadilan dan Kesejahteraan

Filantropi Islam mempunyai instrumen beragam seperti zakat, wakaf, infaq dan sedekah. Penggunaan instrumen tersebut ditujukan untuk menegakkan keadilan dan kesejahteraan yang merupakan tujuan maqashid syariah. Namun saat ini justru terjadi ketimpangan yang signifikan dalam bidang ekonomi, pendidikan maupun perlakuan hukum.

Merespon hal tersebut, Prodi Ilmu Ekonomi dan Lab. ZISWA (Zakat, Sedekah, Infaq, Wakaf) membentuk sebuah forum betajuk Diskusi Publik Filantropi Islam #1, “Instrumen Filantropi Islam: Stabilisator atau Pemacu Produktivitas Ekonomi?. Hadir selaku pembicara Pemerhati Filantropi Islam UII Drs. Achmad Tohirin MA., Ph.D dan Ketua Baznas DIY Dr. Bambang Sutiyoso, SH., M.Hum dengan dimoderatori oleh Faaza Fakhrunnas (Peneliti P3EI). Bertempat di Ruang P1/2 Fakultas Ekonomi UII, Selasa (20/2).

Read more

,

Birokrat Thailand Belajar Desentralisasi Indonesia Pasca Reformasi

Berakhirnya Orde Baru pada kepemimpinan Presiden Soeharto tahun 1998 menjadi tanda Indonesia memasuki era reformasi yang mengubah berbagai aspek dalam sistem sosial, ekonomi dan politik. Perubahan tersebut sebagian besar dilakukan melalui reformasi hukum. Demikian disampaikan oleh Rektor UII, Nandang Sutrisno, S.H., LL.M., M. Hum., Ph.D., saat memberikan kuliah umum di King Prajadhipok’s Institute (KPI), kompleks pemerintahan Kerajaan Thailand di Bangkok, pada Senin (19/2).

Read more

,

Atase Kerjasama Universitas Kedubes Perancis Kunjungi Warung Perancis UII

Atase Kerjasama Universitas Kedutaan Besar Perancis di Indonesia, Antoine Devoucoux du Buysson mengunjungi Warung Prancis (WP) UII. Kunjungan yang berlangsung pada Senin (20/2) itu dalam rangka melihat sejauh mana kesiapan WP UII dalam menyelenggarakan program-programnya. Antoine didampingi oleh Penanggungjawab Campus France Yogyakarta, Nur Fitria, tiba di WP UII, untuk bertemu dengan koordinator, Ginanjar Gailea, beserta para mahasiswa relawan WP.

Read more