,

Pimpinan UII Sampaikan Terimakasih Pada Awak Media

Menjelang berakhirnya masa jabatan pada tanggal 1 Juni 2018 mendatang, para pimpinan Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar acara Media Gathering yang dihadiri oleh awak media dari berbagai media massa di Yogyakarta, pada Minggu (27/5), di Kampus UII, Jl. Cik Ditiro, No.1 Yogyakarta.

Dalam acara tersebut hadir Rektor UII, Nandang Sutrisno, S.H., LLM., M.Hum., Ph.D., Wakil Rektor I, Dr.-Ing. Ir. Ilya Fadjar Maharika, MA., IAI., Wakil Rektor II, Dr. Drs. Nur Feriyanto, M.Si., dan Wakil Rektor III, Ir. Agus Taufiq, M.Sc. Acara Media Gathering ini digelar juga dalam rangka perpisahan para pimpinan UII dengan para rekan media.

Read more

,

Festival Anak Sholeh, Ajang Menumbuhkan Nilai Keislaman

Ramadhan merupakan bulan pendidikan dan pelatihan yang sangat efektif dalam membentuk karakter seseorang. Pada bulan ini banyak terkandung nilai-nilai pendidikan yang diajarkan melalui ibadah puasa. Sehingga kehadiran bulan Ramadhan disambut baik oleh umat Islam dengan sukacita dan kegembiraan untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat dan penuh keberkahan.

Berkaitan dengan kehadiran bulan Ramadhan, maka Panitia Ramadhan di Kampus (RDK) 1439 H, Takmir Masjid Al-Azhar (TMA) Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menyelenggarakan Lomba Festival Anak Sholeh 2018 yang berlangsung pada Minggu (27/5) di Fakultas Hukum UII. Adapun tema yang diangkat pada lomba tahun ini ialah “Dengan Semangat Ramadhan Mari Belajar Sungguh-Sungguh Ciptakan Generasi Islam Yang Tangguh”.

Read more

Ahmad Heryawan Ajak Sivitas Akademika Tegakkan Kejujuran

Majunya sebuah negara tak bisa lepas dari sikap para pemimpin di negara itu. Satu sikap yang hingga saat ini di Indonesia sulit sekali dibudayakan, yakni jujur. Jujurnya seorang pemimpin akan membawa keberkahan pada kaum yang dipimpinnya sehingga kesejahteraan kaumnya semakin meningkat.

Inilah pesan yang disampaikan Dr. (H.C) H. Ahmad Heryawan, Lc yang saat ini merupakan Gubernur Jawa Barat di hadapan sivitas akademika UII pada acara Diskusi Sivitas Akademika yang bertempat di Masjid Ulil Albab UII, Ahad (27/5).

Read more

Psikolog Berperan Sehatkan Jiwa Masyarakat

Magister Psikologi Profesi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menggelar pengambilan sumpah profesi psikolog yang ke-40. Sebanyak 12 wisudawan lulusan program studi MAPRO UII berprartisipasi dalam sumpah profesi yang dilaksankan pada Sabtu (26/5) di Auditorium FPSB UII.

Rektor UII, Nandang Sutrisno, SH., LLM., MHum., PhD., menyampaikan beberapa pesan kepada para wisudawan. Menurutnya, psikolog saat ini menjadi profesi yang strategis karena dibutuhkan untuk banyak profesi lain. Selain itu, di era saat ini peran psikolog dapat membantu mengarahkan masyarakat agar menjadi masyarakat yang sehat secara psikologis.

Read more

,

350 Wisudawan UII Raih Predikat Cumlaude

Sebanyak 350 wisudawan Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil meraih predikat cumlaude pada pelaksanaan Wisuda Doktor, Magister, Sarjana dan Diploma Periode V Tahun Akademik 2017/2018 di Auditorium Kahar Muzakir pada Sabtu (26/05). Pelaksanaan wisuda periode ini diikuti 826 wisudawan. Tercatat jumlah lulusan alumni UII setelah wisuda periode ini menjadi 91.297 orang yang telah tersebar di seluruh Indonesia yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UII.

Read more

,

Hadapi Revolusi Industri 4.0 Perlu Penyesuaian Kurikulum

Perkembangan era globalisasi yang semakin dinamis dan cepat dalam bidang industri ikut berpengaruh dalam berbagai aspek termasuk pendidikan. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi Universitas Islam Indonesia (UII) untuk merespon hal tersebut. Fakultas Teknik Sipil dan Perencaan (FTSP) UII mengadakan Sarasehan Dosen dengan tema “Menyiapkan Lulusan Merespon Industri 4.0”.

Read more

Fahri Hamzah Ajak Mahasiswa UII Berdiskusi

Takmir Masjid Universitas Islam Indonesia mengadakan Diskusi Civitas Akdemika pada Selasa (22/5) di Auditorium Prof. KH. Abdul Kahar Mudzakir bersama H. Fahri Hamzah SE., selaku Wakil Ketua DPR RI saat ini. Diskusi yang berlangsung dari pukul 15.30 hingga menjelang buka puasa ini dipandu oleh Ir. Agus Taufiq, MSc selaku Wakil Rektor III UII. Tema yang diusung dalam diskusi adalah tentang kemajuan generasi mahasiswa muslim. Mahasiswa UII nampak antusias mengikuti acara ini, bahkan mahasiswa dari beberapa Universitas lain juga tertarik mengikuti paparan pembicara.

Read more

Tiga Startup IBISMA UII Raih 1,2 Milyar Dana Hibah PPBT 2018

Program penguatan karakter kewirausahaan mahasiswa UII yang dikelola oleh Inkubator Bisnis Mahasiswa (IBISMA) menambah capaian positif yang membanggakan. Sesuai dengan pengumuman dari Direktorat Sistem Inovasi dan Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi KEMENRISTEKDIKTI RI melalui SK No. 003/F1/PPK.2/Kp /III/2018 tertanggal 23 Maret 2018 lalu, IBISMA UII meloloskan 3 (tiga) tenant sebagai startup peraih dana Hibah Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) 2018 dengan total dana hibah lebih dari Rp 1,2 Milyar.

Read more

Diskusi Kritis Menyikapi Eksploitasi Alam Papua

Sikap kritis pada diri seorang mahasiswa haruslah terus dibangun. Forum diskusi menjadi salah satu media untuk meningkatkan sikap kritis mahasiswa itu. Inilah yang didorong LEM UII melalui diskusi bersama dengan tema “Bedah Film : The Mahuzes” pada Ahad (20/5). LEM UII sebagai penyelenggara mendatangkan dua pembicara yaitu Dr. Ahmad Sahide. S.IP.,M.A, selaku Sekretaris Prodi Magister Ilmu Hubungan Internasional (MIHI) UMY. Pembicara kedua adalah seorang social movement institute yaitu Melki.

Read more

,

Himbauan Terkait Perkembangan Situasi Gunung Merapi

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menaikkan status Gunung Merapi dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada) sejak Senin (21/5) pukul 23.00 WIB. Menanggapi hal itu, Rektor Universitas Islam Indonesia (UII), Nandang Sutrisno, SH., LLM., M.Hum., PhD. menghimbau sivitas akademika UII serta para orang tua mahasiswa untuk tetap tenang dan tidak panik.

Read more