Diploma III Perbankan & Keuangan

Fakultas Bisnis dan Ekonomika
Program Studi Perbankan dan Keuangan Program Diploma Tiga

Pendidikan Vokasi Unggulan di Bidang Perbankan & Keuangan

Program Studi D3 Perbankan dan Keuangan UII merupakan program diploma unggulan dengan Akreditasi A yang bertujuan untuk menyiapkan lulusan profesional madya di bidang Perbankan dan Keuangan yang siap kerja, siap dikembangkan, bertakwa, berakhlak mulia dan menjalankan syariat Islam.

Sebagai Lembaga Pendidikan jenjang Vokasi, Prodi D3 Perbankan dan Keuangan UII dituntut untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan industri dan menguasai keahlian terapan tertentu. Untuk itu, pengembangan kurikulum berbasis kompetensi yang mengacu pada KKNI dan SKKNI menjadi salah satu strategi yang dilakukan prodi sekaligus sebagai upaya mengakomodir era industri 4.0 dan financial technology bidang keuangan perbankan yang saat ini terus berkembang.

Untuk mendukung implementasi kurikulum yang up to date tersebut, Program Studi D3 Perbankan dan Keuangan UII menjalin kerjasama dengan beragam mitra Lembaga keuangan baik bank maupun non-bank di level lokal, nasional bahkan internasional. Program-program unggulan hadir dari kerjasama tersebut yang ditujukan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten. Beberapa program unggulan tersebut diantaranya; kegiatan magang industri berbasis kompetensi, kuliah pakar, pengembangan kompetensi dosen, kegiatan penunjang pendidikan, penelitian dan pengabdian hingga pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Profesi bagi mahasiswa sebagai pengakuan industri atas kompetensi yang dimiliki. Kompetensi mahasiswa juga  telah diakui oleh Ikatan Bankir Indonesia (IBI), dengan dianugrahkannya gelar prosfesi kepada mahasiswa Prodi D3 Perbankan dan Keuangan. Selain itu dengan dukungan penuh dari Prodi, berbagai prestasi telah diperoleh oleh mahasiswa dalam berbagai ajang kompetisi nasional maupun internasional.

Dukungan sarana dan prasarana yang memadai (laboratorium mini bank, laboratorium pembiayaan, laboratorium pasar modal dan pendukung lainnya) serta tenaga pengajar yang handal dan berpengalaman dibidang Keuangan Perbankan juga menjadi keunggulan prodi disamping pembentukan dan pengembangan softskills mahasiswa melalui kegiatan diluar kampus. Beragam keunggulan tersebut mendukung kualitas outcome/lulusan yang cepat terserap oleh industri serta beragam prestasi mahasiswa dilevel nasional dan internasional yang terus diraih setiap tahunnya baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

Kurikulum, kerjasama dengan mitra, tenaga pengajar yang handal, proses belajar mengajar yang menekankan kompetensi dan softskills lulusan menjadi kekuatan Program Studi D3 Perbankan dan Keuangan UII untuk menghadapi tantangan agar tetap mampu bersaing di era industri 4.0 dan perkembangan financial technology saat ini.

Lulusan memiliki peluang karier yang luas untuk dapat berkarya sebagai Frontliner, Marketing Funding, dan Analis Pembiayaan pada perbankan serta sebagai supervisor pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Disamping itu, lulusan juga dapat berkarier pada lembaga keuangan non bank seperti asuransi dan pegadaian serta dibekali dengan kemampuan sebagai entrepreneur.

PENDAFTARAN & SELEKSI

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Indonesia untuk Program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) diselenggarakan melalui empat pola seleksi yaitu: Computer Based Test (CBT), Paper Based Test (PBT), Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), dan Penelusuran Hafiz Alquran (PHA).

Informasi lengkap tentang persyaratan dan prosedur pendaftaran pola seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII dapat dilihat di situs web pmb.uii.ac.id

Perkiraan biaya studi untuk program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) pada Penerimaan Mahasiswa Baru UII Tahun Akademik 2020/2021 dapat diunduh melalui pranala yang tersedia pada laman ini.

Tabel perkiraan biaya studi memuat informasi perkiraan komponen biaya dengan catatan sebagai berikut:
  1. Perkiraan biaya minimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma terendah pada program studi terkait ditambah nilai Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) pada program studi tersebut.
  2. Perkiraan biaya maksimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma tertinggi pada program studi terkait ditambah nilai Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) pada program studi tersebut.
  3. Nilai Catur Darma yang tercantum pada tabel tidak berlaku bagi pendaftar yang mengambil jalur seleksi PBT Mandiri.
  4. Prediksi Masa Studi Non Eksakta 3,5 tahun dan Eksakta 4 tahun.
  5. Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dibayar setiap tahun dan diangsur 4 kali.
  6. Untuk Program Studi Sarjana (S1), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya KKN, Skripsi, Pendadaran.
  7. Untuk Program Studi Diploma (D3), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya Tugas Akhir, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL.
  8. Khusus untuk Program Studi Sarjana (S1) Pendidikan Dokter, perkiraan biaya kuliah belum termasuk tarif KKN, Skripsi, Pendadaran, dan Biaya Tahap Pendidikan Klinik.
  9. Tarif KKN, Tugas Akhir, Skripsi, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL akan dihitung sesuai dengan tarif yang ditetapkan pada tahun pelaksanaan.

Fakultas Ekonomi menawarkan program gelar ganda (double degree) untuk pendidikan jenjang sarjana (S1) dengan beberapa perguruan tinggi mitra UII yaitu:

  • University of Queensland, Australia
  • University of Gloucestershire, Inggris
  • University of Bedfordshire, Inggris
  • Saxion University of Applied Science, Belanda
  • Nanjing Xiaozhuang University, Tiongkok

Informasi lebih lanjut tentang program gelar ganda silakan menghubungi Kantor Urusan Internasional UII di nomor telepon: 0274 898 410 atau surel: io[at]uii.ac.id

Situs web Program Studi Diploma 3 Keuangan dan Perbankan, klik di sini.

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 4 program diploma, 24 program sarjana, 11 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2019/2020 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
A. Md. – Diploma (D3)
Durasi Studi
6 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Gedung Muhammad Adnan
Kampus Terpadu
Jalan Kaliurang KM 14,5
Sleman, Yogyakarta 55584
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯  Akreditasi A (BAN-PT)
Akreditasi Internasional :
❯  –

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: