Magister Arsitektur

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
Program Studi Arsitektur Program Magister

Rekognisi Global Untuk Calon Arsitektur Profesional

Magister Arsitektur UII akan menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian Riset Desain dalam konteks arsitektur, yang merefleksikan ajaran rahmatan lil alamin, yang mencakup nilai-nilai keberlanjutan (sustainability), ketahanan (resilience), kualitas hidup (quality of life), dan kemanusiaan (humanity). Untuk mencapai tujuan tersebut mahasiswa akan dibekali kemampuan untuk berpikir kritis (critical thinking), bersikap sensitif terhadap konteks (contextual sensitivity), dan menghasilkan rancangan lingkungan binaan (built environment) yang solutif.

Arsitektur adalah integrasi berbagai disiplin ilmu untuk menciptakan lingkungan binaan (built environment) yang menjadi wadah berbagai kegiatan manusia. Keberhasilan perancangan arsitektur (architectural design) tidak lepas dari dukungan informasi yang sahih untuk mengambil keputusan perancangan yang tepat. Informasi yang sahih ini dihasilkan oleh riset desain arsitektur (architectural design research) yang mendalam, yang menjadi kompetensi utama lulusan Program Magister Arsitektur Universitas Islam Indonesia (MArs UII). Kompetensi riset desain membutuhkan kemampuan berpikir kritis, dikembangkan melalui proses pendidikan yang holistik, yang diharapkan akan menjadikan lulusan program ini menguasai formulasi “state of the art” perancangan arsitektur.

Proses pendaftaran mahasiswa baru Magister Arsitektur dilakukan setiap awal semester (Februari dan Agustus). Persyaratan pendaftaran sebagai berikut:

  1. Mengisi formulir pendaftaran (formulir & template surat rekomendasi dapat di-download di Formulir Pendaftaran) atau dapat diisi online di sini: Formulir Online) (architecture.uii.ac.id/mars)
  2. Membayar biaya pendaftaran sebesar 500.000,-.Biaya pendaftaran tersebut bersifat non- refundable (tidak dapat dikembalikan) apabila calon mahasiswa memutuskan untuk tidak melanjutkan ke proses seleksi.)*
  3. Ditransfer ke:
    Magister Arsitektur UII
    Bank Mandiri 137 0013024332
  4. Menyerahkan fotokopi dokumen pendukung sesuai dengan alur yang dipilih. Dokumen pendukung yang berlaku untuk semua alur diantaranya adalah:
    • 1 lembar fotokopi ijazah terakhir (dilegalisir), yakni ijazah PPAr untuk pendaftar alur 1, 2; dan ijazah S-1 Arsitektur untuk pendaftar alur 3.
    • 1 lembar fotokopi transkrip nilai sesuai dengan ijazah tersebut di atas (dilegalisir).
    • 1 lembar fotokopi sertifikat kecakapan bahasa Inggris dari lembaga manapun, dengan nilai minimal setara 425 paper-based TOEFL.
    • 1 lembar pas foto berwarna ukuran 4 cm x 6 cm
  • Keterangan tambahan :
    )* Scan bukti Transfer pembayaran uang pendaftaran dikirim bersamaan dengan berkas yang lain ke email mars@uii.ac.id

PERKIRAAN BIAYA STUDI

BIAYA PROGRAM Alur Biaya per semester

  • Alur 1 Rp. 10.000.000,- (Lulusan PPAr UII)
  • Alur 2 Rp. 9.000.000,-   (Jalur Reguler)

Situs web Program Studi Magister Arsitektur Program Magister klik di sini

CP Admin MArs 085975420999

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 4 program diploma, 24 program sarjana, 11 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2018/2019 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
M.Ars. – Magister (S2)
Durasi Studi
4 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Gedung Mohammad Natsir
Kampus Terpadu
Jalan Kaliurang KM 14,5
Sleman, Yogyakarta 55584
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯  Akreditasi B (BAN-PT)

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: