Magister Farmasi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi Farmasi Program Magister

Ringkasan Program Studi

Program Studi Farmasi Program Magister (PSFPM) Universitas Islam Indonesia adalah program studi yang didirikan pada tahun 2021 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudaan Republik Indonesia No 110/E/0/2021. Berdirinya PSFPM UII dilatarbekalangi oleh tingginya kebutuhan pasar akan lulusan farmasi dengan kompetensi magister untuk menjadi pendidik, peneliti, pembuat kebijakan di pemerintahan, maupun sebagai praktisi di fasilitas kesehatan atau industri farmasi. Keberadaan PSMF di UII ini akan meningkatkan kualitas kuantitas hasil riset serta luaran riset dibidang farmasi dan semakin melebatkan manfaat untuk masyarakat lebih luas.

Pendidikan di PSFPM dirancang untuk mempersiapkan lulusan magister farmasi yang unggul dalam pengembangan sediaan farmasi, pelayanan kefarmasian, dan pengembangan pendidikan berbasis pemanfaatan maha data yang mendukung pembuatan kebijakan dan peningkatan kualitas layanan di fasilitas kesehatan. Perubahan global dalam era industri 4.0 dan society 5.0 akan menciptakan banyak tantangan. Di bidang kesehatan, penggunaan big data dan internet of things (IoT) telah mengubah sistem pelayanan kesehatan. Penyimpanan data pasien online, prediksi penyakit, distribusi atau cakupan pengobatan, sangat dimungkinkan untuk dilakukan dengan mengolah big data. Oleh karena itu, peranan farmasis maupun peneliti di bidang kesehatan dapat tereduksi oleh aplikasi-aplikasi pintar yang akan segera hadir di masyarakat. Perubahan-perubahan tersebut diantisipasi oleh PSFPM UII dengan menyiapkan lulusan yang bisa mengikuti kemajuan zaman, serta siap berkontribusi dan memberikan kemanfaatan, sesuai dengan profil lulusan yaitu PRIME (Practitioner, Researcher and Life Long Learner, Islamic Behaviour and International Orientation, Manager and Entrepreneur Educator and Effective Communicator).

Konsentrasi

Konsentrasi pada PSFPM UII didasarkan kepada local genius dan kebutuhan secara nasional maupun internasional. PSFPM memiliki 2 peminatan yaitu farmasi sains dan farmasi klinis.

  1. Farmasi Sains
    Fokus penelitian topik unggulan untuk farmasi sains ini meliputi 1). Pengembangan produk halal, nanofarmasetik, dan drug delivery system berbasis pengobatan profetik dan bahan alam serta material maju 2). Pengembangan bahan alam berbasis bukti sebagai terapi herbal untuk penyakit sindroma metabolik seperti diabetes, kanker, dan penyakit infeksi seperti malaria 3). Pengembangan penelitian farmakogenomik dan metabolomik berbasis maha data.
  2. Farmasi Klinis
    Fokus pada kemampuan pelayanan farmasi di fasilitas kesehatan dan penelitian di fasilitas kesehatan. Penelitian unggulan meliputi, 1) Optimalisasi terapi 2). Big data untuk pelayanan farmasi 3). Pengembangan riset laboratorium untuk memberikan rekomendasi terbaik pada pelayanan farmasi 4). Farmakokinetik dan farmakogenomik untuk optimalisasi terapi 5). Farmakoekonomi

Seluruh mahasiswa PSFPM, baik konsentrasi Farmasi Sains dan Farmasi Klinis juga dibekali pengetahuan dan keterampilan berikut ini;

  1. IoT untuk dan maha data untuk pelayanan kesehatan sebagai kounggulan utama, dan
  2. Pedagogi dan pengembangan kurikulum, sebagai kompetensi tambahan

Bekal keilmuan dan keterampilan di PSFPM UII memberikan keunggulan dan peluang besar untuk berkarir sebagai dosen di perguruan tinggi, praktisi di fasilitas kesehatan, pemerintahan, dan industris, peneliti di lembaga-lembaga penelitian maupun konsultan dan pembuat kebijakan dibidang farmasi.

Proses pendaftaran mahasiswa baru PSFPM dilakukan 1 kali dalam setahun, yang dibagi menjadi dua gelombang. Periode pendaftaran untuk tahun ajaran 2021/2022;

  1. Gelombang pertama: 25 Mei-25 Juni
  2. Gelombang kedua: 21 Juli-16 Agustus

Persyaratan pendaftaran sebagai berikut:

  1. Calon mahasiswa PSMF UII adalah lulusan dari program studi yang terakreditasi minimal B yang diakui kualitasnya oleh BAN PT atau LAMPTKES. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat tahun pendaftaran mahasiswa baru dan dibuktikan dengan fotokopi sertifikat akreditasi yang telah dilegalisir. Ketentuan khusus sebagai berikut:
    a. Calon mahasiswa peminatan farmasi sains adalah lulusan program pendidikan S1 Farmasi, S1 Kedokteran, S1 Kedokteran Hewan, S1 Biologi, S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Kesehatan Lingkungan, atau S1 Kimia
    b. Calon mahasiswa peminatan farmasi klinis harus memiliki ijazah apoteker dari program studi apoteker terakreditasi minimal B.
  2. Memenuhi ketentuan Akademik, meliputi :
    a. Memiliki IPK > 2,50 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk calon mahasiswa lulusan program studi terakreditasi A.
    b. Memiliki IPK > 2,75 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk calon mahasiswa lulusan program studi terakreditasi B.
  3. Melengkapai persyaratan administrative
    a. Scan ijazah asli dan transkrip akademik.
    b. Daftar riwayat hidup (sesuai format yang disediakan).
    c. Rekomendasi dua orang dosen pembimbing akademik dan/atau dosen pembimbing tugas akhir.
    d. Surat ijin belajar dari atasan bagi yang telah bekerja.
    e. File pas foto berwarna terbaru, ukuran 4X6 cm sebanyak 2 lembar.
    f. Pernyataan tentang sumber pembiayaan studi.
    g. Surat keterangan sehat jasmani dari dokter ber-SIP.
    h. Surat keterangan sehat jiwa dari dokter spesialis kesehatan jiwa.
  4. Mengikuti alur pendaftaran sebagai berikut:
    a. Calon pendaftar melakukan pendaftaran di admisi.uii.ac.id Bagi yang sudah memiliki NIU (Nomor Induk Utama), silahkan masukkan NIU & Password. Bagi yang belum memiliki NIU (Nomor Induk Utama), silahkan pilih “Buat Akun” dengan menyiapkan file scan kartu identitas KTP/SIM/KK dan file foto resmi, masing-masing file maksimal 2MB, format JPEG/JPG/PNG. Kemudian login menggunakan NIU & Password.
    b. Melakukan pembelian formulir seleksi mahasiswa baru dengan memilih menu beli formulir tes magister. Kemudian pilih Fakultas MIPA dan Magister Farmasi (cukup memilih pilihan pertama saja)
    c. Setelah selesai proses akan mendapatkan nomor tagihan yang nampak pada layar dan selanjutnya akan digunakan untuk membayar di bank.
    d. Pembayaran menggunakan nomor tagihan melalui Bank Mandiri. Pastikan menyimpan slip pembayaran tersebut. Melampirkan persyaratan pendaftaran di uii.id/daftar_magisterfarmasi_UII

Biaya kuliah di Program Studi Farmasi Program Magister UII:

  1. Biaya pendaftaran Rp. 500.000,-
  2. Biaya Studi Alumni UII total sebesar Rp. 37.300.000,- (peminatan science) dan Rp. 44.800.000,- (peminatan klinis) yang terbagi dalam 8 angsuran.
  3. Biaya Studi Alumni non UII total sebesar Rp. Rp. 43.300.000,- (peminatan science) dan Rp. 50.800.000,- (peminatan klinis) yang terbagi dalam 8 angsuran (selama 2 tahun)
  4. Biaya wisuda Rp. 1.500.000,- (dapat berubah sesuai ketentuan tarif universitas dan dibayarkan saat mendaftar wisuda)
  5. Rincian biaya studi

Peminatan Science

Tahun ke- Angsuran Biaya* Keterangan
Alumni UII Non Alumni UII
1 1 7.600 8.350 Biaya matrikulasi, pendidikan dan pengembangan laboratorium
2 6.000 6.750 Biaya pendidikan dan pengembangan laboratorium
3 4.750 5.500 Biaya pendidikan dan pengembangan laboratorium
4 4.750 5.500 Biaya pendidikan dan pengembangan laboratorium
2 1 4.700 5.450 Biaya pendidikan, pengembangan laboratorium dan seminar
2 3.500 4.250 Biaya pendidikan dan pengembangan laboratorium
3 3.750 4.500 Biaya pendidikan dan sidang tesis
4 2.250 3.000 Biaya pendidikan
Total 37.300 43.300
*dalam ribuan

Biaya studi semester 5-8 adalah Rp. 2.000.000,-/semester

Peminatan Klinis

Tahun ke- Angsuran Biaya* Keterangan
Alumni UII Non Alumni UII
1 1 7.600 8.350 Biaya matrikulasi, pendidikan dan PAK
2 6.000 6.750 Biaya pendidikan dan PAK
3 6.000 6.750 Biaya pendidikan dan PAK
4 6.000 6.750 Biaya pendidikan dan PAK
2 1 7.200 7.950 Biaya pendidikan, PAK dan seminar
2 6.000 6.750 Biaya pendidikan dan PAK
3 3.750 4.500 Biaya pendidikan dan sidang tesis
4 2.250 3.000 Biaya pendidikan
Total 44.800 50.800
*dalam ribuan

Biaya studi semester 5-8 adalah Rp. 2.000.000,-/semester

PSFPM UII memiliki sarana dan prasarana terutama untuk penelitian yang mendukung pada pencapaian local genius prodi yaitu kemampuan big data, meliputi perangkat lunak dan perangkat keras seperti komputer atau laptop, perangkat kursus online untuk interpretasi data sains, dan beberapa alat laboratorium berstandar riset.

Ruang kuliah didesain untuk active learning, didukung oleh sistem informasi yang unggul yaitu UII connect, Eduroam, VPN, Google classroom, Google drive. Sistem Informasi Manajemen dan Akademik, UIIGateway, dan UIIPrint. Untuk pelaksanaan.

Bagi peminatan farmasi klinis, Praktek Asuhan Kefarmasian dilakukan di rumah Sakit dan apotek yang telah memiliki MoU dengan FMIPA UII.

Laboratorium untuk program magister farmasi UII tersedia secara khusus di laboratorium riset, dilengkapi alat-alat spesifikasi riset, yaitu

  • Particle size analyser-zeta potensial (nanosizer)
  • Particle size analyser (mastersizer)
  • PCR-real time
  • PCR
  • u-HPLC dan HPLC
  • HPLC preparatif
  • Spektrofotometeri UV-VIS
  • Spektrofotometri serapan atom
  • Spektrofotometri inframerah
  • Kromatografi gas
  • ELISA-reader
  • Biology Safety Cabinet.
  • LAF dengan HEPA-filter
  • Osmometer dan climatic chamber.

Jurusan Farmasi sudah membentuk kerja sama dengan lebih dari 40 instansi di Indonesia dan 14 instansi dari luar negeri. Instansi yang bekerja sama dengan Jurusan Farmasi paling banyak berasal dari fasilitas kesehatan, perguruan tinggi, maupun pemerintahan. Untuk kegiatan catur dharma sudah rutin dilakukan dengan melibatkan kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri yaitu Islamic Intenational University of Malaysia (IIUM), Wolverhampton University, dan University of Rhode Island dalam bentuk visiting lecture, penelitian bersama, dan pengabdian masyarakat. Selain itu, kerjasama dengan industri jamu juga dilakukan terutama dengan UMKM Obat Tradisional.

SEKRETARIAT

Magister Farmasi, Jurusan Farmasi
Universitas Islam Indonesia
Gedung Prof. Dr. H. Zanzawi Soejoeti, M.Sc.

Fakultas MIPA UII Kampus Terpadu Jalan Kaliurang Km. 14.5 Yogyakarta 55584 Kotak Pos 75
Telepon: (0274) 895920 ; 898582

Narahubung:
Dr.apt. Lutfi Chabib +62 815 7507 4356
apt. Suci Hanifah, Ph.D +62 85643958700
Email: magister.farmasi@uii.ac.id
Website: pharmacy.uii.ac.id/master/
Instagram : magisterfarmasi_uii
Website: https://pharmacy.uii.ac.id/master

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 4 program diploma, 25 program sarjana, 12 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2021/2022 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
M.Si. – Magister (S2)
Durasi Studi
4 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Gedung Prof. Dr. H. Zanzawi Soejoeti, M.Sc.
Kampus Terpadu
Jln. Kaliurang km 14.5,
Yogyakarta 55584 Kotak Pos 75
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯ Proses Akreditasi

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: