Magister Hukum

Fakultas Hukum

Rekognisi Global Untuk Calon Akademisi, Praktisi maupun Pegiat Masyarakat Profesional

Program Magister Hukum Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (MH UII) adalah program Magister Hukum pertama di Jawa Tengah dan DIY yang dikelola oleh PTS, berdiri pada tahun 1994 dengan SK Dirjen Dikti No. 304/DIKTI/Kep/1994 24 November 1994. Sejak pertama kali sistim akreditasi program studi diterapkan di Indondesia, MH UII sudah mendapatkan peringkat tertinggi (A/Unggul) dan sampai saat ini MH UII tetap berada pada peringkat A. Tercatat sebaran asal mahasiwa MH UII berasal dari 100 perguruan tinggi di Indonesia dan sampai saat ini lulusan MH UII telah berkiprah di berbagai bidang strategis terkait hukum dan pemerintahan (Hakim MK, Komisi tingkat Nasional, Guru Besar, Kepala Daerah, Konsultan, LSM).

MH UII didesain untuk melahirkan para Magister di bidang hukum yang memiliki kehandalan dalam bidang keilmuan dan bidang profesional (kebijakan hukum) yang memiliki integritas yang kuat (akhlakul karimah), hal yang sangat diperlukan bagi setiap orang yang menjalani profesi di bidang hukum dengan tantangan yang semakin komplek dan dilematis. Untuk itu kurikulum dirancang agar dapat melahirkan kemampuan di bidang hukum yang prospektif : Hukum Bisnis, Hukum Tata Negara/Hukum Administrasi Negara, Hukum dan Sistem Peradilan Pidana, Hukum Ekonomi Islam, Hukum Agraria, Hukum dan HAM, serta Hukum Kesehatan).

Dalam implementasinya pembelajaran di MH UII didukung dengan para pakar yang sangat kompeten baik secara keilmuan maupun pengalaman terlibat dalam agenda-agenda pembangunan dan penegakan hukum di Indonesia (pengalaman sebagai pejabat lembaga tinggi negara, komisioner pada komisi-komisi tingkat nasional, tim-tim ad hoc tingkat nasional).

MH UII memiliki program dual degree dengan Youngsan University (YsU) Korea yang memungkinkan mahasiswa mendapat dua gelar sekaligus (MH dan LLM) dalam masa 2 tahun dengan skema 1 + 1 (1 tahun di Indonesia dan 1 tahun di YsU. Angkatan pertama program ini sudah berhasil dengan 3 lulusan dan saat ini 3 mahasiswa juga sedang menempuh 1 tahun di YsU.

Siapa yang Bisa Mengikuti Program Ini?

Program Pascasarjana Fakultas Hukum UII mewajibkan bagi calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar sebagai mahasiwa minimal telah lulus S1 Sarjana Hukum dari Program Studi Ilmu Hukum. Namun juga tidak menutup kemungkinan bagi lulusan S1 Non Hukum tetep bisa mendaftar sebagai mahasiwa S2 Hukum UII dengan kewajiban mengikuti Perkuliahan Matrikulasi setelah dinyatakan diterima sebagai mahasiswa baru di Program studi S2 Hukum UII.

Peluang Karier

Sebagai lulusan/alumni dari MH  UII ini mempunyai prospek yang sangat bagus dibidangnya anatara lain yaitu sebagai Akademisi, Praktisi maupun Pegiat Masyarakat. Adapun penjelasan seorang akademisi dibidang hukum yaitu lulusan magister hukum yang memiliki keahlian dalam riset dibidang hukum dan berperan dalam pendidikan sebagai Dosen/tenaga pendidik lain, penelitian dan pengabdian di masyarakat. Selanjutnya lulusan MH UII sebagai Praktisi yaitu dimaksudkan lulusan yang memiliki keahlian di bidang profesi hukum, seperti hakim, jaksa, advokat/konsultan hukum, atau legal officer. Sedangkan lulusan MH UII sebagai Pegiat Masyarakat sendiri maksudnya ialah lulusan magister hukum yang mampu menginisiasi dan berperan aktif dalam layanan masyarakat di bidang hukum untuk kepentingan agama, sosial, kebudayaan dan/atau hak-hak masyarakat umum.

Pendaftaran & Seleksi

  1. WNI atau WNA yang memiliki ijin dari yang berwenang.
  2. Bagi WNA harus memiliki ijin tinggal (visa) yang pengurusannya melalui Kantor Rektorat Universitas Islam Indonesia.
  3. Lulus S1 Sarjana Hukum dari Program Studi Ilmu Hukum.
  4. Bagi lulusan S1 Non Hukum wajib mengikuti Perkuliahan Matrikulasi.
  5. Fotokopi Ijazah/Surat Keterangan Lulus dan Transkrip Akademik S1 yang telah dilegalisir.
  6. Memiliki nilai IPK minimal 3.00.
  7. Bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi tingkat nasional akan dipertimbangkan secara khusus.
  8. Rekomendasi akademik 2 (dua) orang dari dosen yang bergelar Doktor dan/atau Atasannya.
  9. Rencana penulisan tesis (judul, latar belakang, dan rumusan masalah yang akan diteliti).
  10. Daftar riwayat hidup (curriculum vitae).
  11. Pasfoto ukuran 4×6, 3×4, 2×3 masing-masing 2 lembar.
  12. Fotokopi kartu identitas pribadi (KTP/SIM/Paspor).
  13. Memiliki Sertifikat TOEFL minimal 450 (yang masih berlaku) atau lulus test bahasa inggris yang diselenggarakan Lembaga Bahasa UII (Cilacs).
  14. Memiliki Sertifikat TPA minimal 500 (yang masih berlaku) atau lulus test TPA yang diselenggarakan oleh UII.

Untuk biaya pendafataran sebesar Rp. 500.000,-

Prosedur Pendaftaran

Tuliskan prosedur pendaftaran yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa untuk mendaftar di program pendidikan ini.

Seluruh rangkaian tes masuk dilaksanakan di Program Pascasarjana Fakultas Hukum UII Jl. Cik Ditiro No. 1 Yogyakarta.

  1. Pendaftaran
  2. Pendaftaran Program Magister (S2) Ilmu Hukum dibuka 2 kali dalam 1 tahun yaitu Semester Ganjil (kelas September) dan Semester Genap (kelas Maret).
  3. Setiap pelaksanaan pendaftaran mahasiswa baru dan tes masuk dibagi dalam 2 Gelombang : Gelombang I dan Gelombang II.
  4. Pelaksanaan tes masuk khusus Beasiswa sesuai ketentuan yang berlaku.

Tata Cara Pendaftaran

  1. Calon peserta mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh program, serta melampirkan berkas pendaftaran.
  2. Calon mahasiswa juga dapat mengirim formulir dan berkas pendaftaran melalui email, tetapi berkas pendaftaran tetap diserahkan/dikirim ke Program.
  3. Membayar biaya pendaftaran yang telah ditentukan melalui bank.
  4. Calon mahasiswa yang telah mendaftar mendapat Kartu Tanda Peserta yang dilengkapi dengan pasfoto dan wajib dibawa pada saat tes masuk dilaksanakan.

Perkiraan Biaya Studi

Biaya studi untuk program pasca sarjana di UII terdiri atas beberapa komponen biaya sebagai berikut:

  • Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 500.000,00.
  • Biaya Pendidikan (SPP) sebesar Rp. 30.000.000,00 (diayarkan 4x termin).
  • Biaya Wisuda sebesar Rp. 750.000,00.

Mobilitas Global

Informasi Lebih Lanjut

Situs web Program Studi Magister Hukum, klik di sini.

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 4 program diploma, 24 program sarjana, 12 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2018/2019 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
M. H. – Magister (S2)
Durasi Studi
4 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Program Pascasarjana
Fakultas Hukum UII
Jalan Cik Ditiro No. 1 Yogyakarta
Telp: (0274)-520661/HP. 081904281661
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯ BAN-PT No. 1756/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2016

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: