Magister Sains (Kimia)

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi Kimia Program Magister

Rekognisi Global Untuk Calon Master Kimia Profesional

Program Studi Kimia Program Magister (PSMK) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam  Universitas Islam Indonesia (FMIPA-UII) adalah program studi yang didirikan pada tahun 2018 berdasarkan Surat Keputusan Dirjen DIKTI No.1142/KPT/1/2018. Prodi Magister Kimia menjadi prodi ke 7 dibawah naungan FMIPA UII dan prodi ke 4 dibawah naungan Jurusan Kimia FMIPA UII, selain Prodi S1 Statistika, S1 Kimia, S1 Farmasi, Profesi Apoteker, D3 Analisis Kimia dan S1 Pendidikan Kimia. 

Berdirinya PSMK FMIPA UII dilatarbekalangi oleh tingginya kebutuhan pasar akan lulusan kimia dengan kompetensi magister, seperti sebagai peneliti di lembaga riset swasta maupun pemerintah, konsultan/tenaga ahli di berbagai bidang kimia, dosen/guru, maupun wirausahawan (techno/sciencepreneur) berbasis hasil riset. Selain itu, dengan didirikannya PSMK FMIPA UII akan meningkatkan kualitas hasil riset dan luaran dari Jurusan Kimia FMIPA UII pada khususnya, dan UII pada umumnya.

Pendidikan di PSMK FMIPA UII dirancang untuk mempersiapkan lulusan magister kimia yang mempunyai keimanan dan ketaqwaan yang sempurna sehingga dapat menjadi landasan pengembangan ilmu pengetahuan dan penelitian untuk menghadapi tantangan perubahan. Perubahan global dalam era industri 4.0 akan menciptakan banyak tantangan yang berhubungan erat dengan bidang industri, kesehatan, energi, dan lingkungan. Oleh karena itu, lulusan PSMK FMIPA UII didesain agar mampu memberikan kontribusi yang besar pada perubahan global ini untuk kebaikan alam semesta.

KONSENTRASI

    Konsentrasi pada PSMK FMIPA UII didasarkan kepada local genius sesuai kebutuhan kimia secara nasional dan internasional. Berikut 3 konsentrasi yang ada di prodi PSMK FMIPA UII.

  • Pengembangan Minyak Atsiri dan Produk Turunannya

Fokus penelitian topik unggulan pengembangan minyak atsiri meliputi isolasi dan sintesis turunan minyak atsiri (minyak cengkeh, minyak jahe, minyak nilam, minyak melati, dll). Fokus penelitian ditujukan tetapi tidak terbatas pada eksplorasi sumber-sumber minyak atsiri yang potensial, formulasi bahan insdustri berbasis minyak atsiri dan sintesis turunan minyak atsiri untuk bidang pertanian, kesehatan, medisinal, lingkungan dan industri serta pengembangan teknik destilasi dan ekstrak minyak atsiri yang berteknologi tinggi. 

  • Pengembangan Material untuk Energi dan Lingkungan

Fokus penelitian Material untuk Energi dan Lingkungan difokuskan pada pengembangan bidang material (material kelas zeolite dan lempung alam maupun sintetik, silica, karbida,   material berbasis selulosa alam, pati alam, dan limbah indutri pertanian serta karbon aktif, material berbasis bahan tambang, material semikonduktor, material magnetik, material berbasis kitin dan kitosan, serta material polimer alam dan sintetik. Selain itu, penelitian Elektrokimia untuk Energi dan Lingkungan berfokus pada pendekatan teknologi elektrokimia untuk manusia dan lingkungan, meliputi aplikasi elektrokimia untuk sensor berbasis enzim (elektroanalisis), degradasi limbah cair (elektrodegradasi), disinfeksi air (elektrodisinfeksi), mikro dan makro molekul serta mikro dan meso porous.

  • Pengembangan Bahan Alam untuk Kesehatan dan Pangan

Fokus pada topik penelitian unggulan Isolasi dan Sintesis Non Atsiri untuk Kesehatan dan Pangan berfokus pada pengembangan obat berbasis bahan alam tumbuhan dan sintesis organik, modifikasi dan deversifikasi pangan, serta pengembangan pestisida alamiah.

Lulusan Prodi Magister Kimia memiliki peluang karier untuk dapat menerapkan ilmu kimia yang diperoleh dan berkarir pada lembaga-lembaga penelitian (LIPI, BATAN, LEMIGAS, dll), pendidikan (dosen dan guru), sektor industri-industri (semen, obat, migas, dll), lembaga pemerintahan (PEMDA dan Kementrian), Konsultan dibidang kimia dan lingkungan maupun wirausahawan (techno/sciencepreneur).

PENDAFTARAN

Proses Pendaftaran mahasiswa baru Magister Kimia dilakukan 2 kali dalam setahun, setia awal semester (Februari dan Agustus) pada tahun bersangkutan.

  • Gelombang pertama berakhir Februari
  • Gelombang kedua berakhir Agustus

Persyaratan:

  1. Mengisi formulir pendaftaran dapat dilakukan secara daring di sini atau datang langsung ke Sekretariat Program Studi Magister Kimia.
  2. Membayar Biaya Pendaftaran Rp. 300.000,- biaya pendaftaran tersebut bersifat non-refundable (tidak dapat dikembalikan) apabila calon mahasiswa memutuskan untuk tidak melanjutkan ke proses seleksi.
  3. Menyerahkan 1 lembar fotokopi ijazah terakhir (dilegalisir) yakni Ijazah Sarjana (Ilmu Kimia, Pendidikan Kimia, Teknik Kimia, Farmasi, Teknik LIngkungan atau Prodi lain yang berkaitan dengan bidang kimia).
  4. Menyerahkan 1 lembar fotokopi Transkip nilai (dilegalisir).
  5. Menyerahkan 1 lembar fotokopi sertifikat kecakapan bahasa inggris (CEPT/ITP/IBT/TOEIC/IELTS) dari lembaga resmi penyelenggara tes Bahasa Inggris.
  6. Menyerahkan 1 lembar fotokopi sertifikat Tes Potensi Akademik (TPA).
  7. Menyerahkan 2 lembar pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm.

INFORMASI TAMBAHAN

Program Studi Magister Kimia FMIPA UII telah membuka penerimaan mahasiswa baru Program Pendidikan Jarak Jauh/ Online Program. Dimana program ini merupakan program pendidikan S2 bagi karyawan perusahaan, guru, pegawai negeri/swasta, laboran dan siapa saja yang ingin melanjutkan kuliah dan menyiapkan karir cemerlang dibidang kimia tanpa harus meninggalkan aktivitas lainnya.

Biaya kuliah di Program Studi Kimia Program Magister UII:

Biaya Kuliah (SPP, Pengembangan dan Organisasi)

Semester 1 Semester 2 Semester 3

Semester 4

Rp 9.500.000,00 Rp 8.500.000,00 Rp 8.000.000,00 Rp 8.000.000,00

Kerjasama yang telah terjalin dengan universitas di luar negeri sangat memungkinkan mahasiswa Program Studi Magister Kimia untuk melakukan Student Mobility baik berupa Seat In atau Kolaborasi Riset, universitas tersebut antara lain:

  • Hokaido University, Jepang
  • Kansai University, Jepang
  • Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR), Malaysia
  • Universiti Sains Islam Malaysia (USIM), Malaysia
  • Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Malaysia
  • Princes Songkhla University (PSU), Thailand
  • Curtin University, Australia

SEKRETARIAT

Magister Kimia, Jurusan Kimia
Universitas Islam Indonesia
Gedung Prof. Dr. H. Zanzawi Soejoeti, M.Sc.

Fakultas MIPA UII Kampus Terpadu Jalan Kaliurang Km. 14.5 Yogyakarta 55584 Kotak Pos 75
Telepon: (0274) 895920 ; 898582 Pesawat 3045
Drs. Allwar, Ph.D : 081392191896
Supwatul Hakim, M.Sc: 087838733676
Email: magister.kimia@uii.ac.id
Website: chemistry.uii.ac.id/master
Instagram : magisterkimia_uii
Facebook : Magister Kimia UII

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 4 program diploma, 24 program sarjana, 11 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2018/2019 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
M.Si. – Magister (S2)
Durasi Studi
4 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Gedung Prof. Dr. H. Zanzawi Soejoeti, M.Sc.
Kampus Terpadu
Jalan Kaliurang KM 14.5
Yogyakarta 55584 Kotak Pos 75
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯ Minimum
Akreditasi Internasional :
❯  

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: