Magister Teknik (Teknik Kimia)

Fakultas Teknologi Industri
Program Studi Teknik Kimia Program Magister

Keunikan atau Keunggulan Program Studi

Berdasarkan data yang disediakan oleh pangkalan data DIKTI, Program Studi Magister Teknik Kimia di Indonesia yang telah terdaftar saat ini berjumlah 19 Program Studi yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Dari seluruh Program Studi Magister Teknik Kimia tersebut, hanya 5 Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan Program Studi Magister Teknik Kimia di daerah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Program Studi Magister Teknik Kimia yang diselenggarakan oleh 19 Perguruan Tinggi di Indonesia menitikberatkan pada bidang energi, lingkungan dan material meliputi pengembangan proses, intensifikasi energi, pengolahan limbah, dan modifikasi material. Bidang ini telah menjadi ciri khas Program Studi Teknik Kimia, tidak hanya di Perguruan Tinggi Indonesia namun juga Perguruan Tinggi Luar Negeri. Sehingga Program Studi Magister Teknik Kimia FTI UII mengambil peran dalam menyediakan pendidikan magister dengan kompetensi di bidang energi, lingkungan dan material.

Program Studi Magister Teknik Kimia FTI UII bermaksud menyelenggarakan pendidikan magister dengan kompetensi pada bidang Teknologi Herbal, Teknologi Produksi Energi, Rekayasa Proses dan Kontrol, Teknologi Pangan Halal, Teknologi Pengelolaan Lingkungan dan Teknologi Material dengan singkatan HERPaLM sebagai ciri khas dan keunggulan Program Studi yang tidak ditawarkan oleh 19 PSMTK lain di Indonesia.

Lulusan Program Studi Teknik Kimia Program Magister memiliki peluang karir untuk dapat menerapkan ilmu teknik kimia yang diperoleh dan berkarir pada lembaga-lembaga penelitian (LIPI, BATAN, LEMIGAS, dll.), pendidikan (dosen dan guru), sektor industri (semen, obat, migas, dll.), lembaga pemerintahan (PEMDA dan Kementrian), konsultan di bidang teknik kimia ataupun wirausahawan).

Proses pendaftaran mahasiswa baru Program Studi Teknik Kimia Program Magister dilakukan dua kali dalam setahun, pada awal semester ganjil (Bulan Agustus) dan semester genap (Bulan Februari).

  • Gelombang pertama berakhir pada Bulan Februari
  • Gelombang kedua berakhir pada Bulan Agustus

Persyaratan pendaftaran calon mahasiswa baru adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke laman daftar.uii.ac.id untuk membuat NIU dan password.
  2. Masuk ke laman admisi.uii.ac.id dan menyelesaikan semua proses registrasi.
  3. Mengunduh dan mengisi formulir pendaftaran yang dapat diperoleh pada laman che.uii.ac.id
  4. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,00 ke nomor rekening 1370002283907 a.n. Universitas Islam Indonesia. Biaya pendaftaran tersebut bersifat non-refundable (tidak dapat dikembalikan) apabila calon mahasiswa memutuskan untuk tidak melanjutkan ke proses seleksi.
  5. Mengirimkan pindai ijazah terakhir yakni ijazah S1/D4 (Teknik Kimia, Ilmu Kimia, Pendidikan Kimia, Farmasi, Teknik Lingkungan atau Prodi lain yang berkaitan dengan bidang teknik kimia).
  6. Mengirimkan pindai sertifikat kecakapan Bahasa Inggris (CEPT/TOEFL/IBT/IELTS) yang masih berlaku.
  7. Mengirimkan pindai sertifikat Tes Potensi Akademik yang masih berlaku.
  8. IPK minimal 3.00 (skala 4.00) yang dibuktikan dengan pindai Transkrip Nilai.
  9. Mengirimkan surat pengalaman kerja (bagi karyawan).
  10. Mengirimkan softfile pasfoto berwarna.
  11. Bukti dokumen 4 s.d. 10 dikirimkan ke email magister.teknikkimia@uii.ac.id.

Biaya kuliah di Program Studi Teknik Kimia Program Magister Universitas Islam Indonesia adalah sebesar Rp 7.500.000,00 per semester.

Program Studi Teknik Kimia Program Magister FTI UII telah membuka penerimaan mahasiswa baru Program Pendidikan Jarak Jauh/ Online Program. Dimana program ini merupakan program pendidikan S2 bagi karyawan perusahaan, guru, pegawai negeri/swasta, laboran dan siapa saja yang ingin melanjutkan kuliah dan menyiapkan karir cemerlang dibidang kimia tanpa harus meninggalkan aktivitas lainnya.

Program Studi Teknik Kimia Program Magister
Universitas Islam Indonesia
Gedung K. H. Mas Mansyur
Fakultas Teknologi Industri UII Kampus Terpadu Jalan Kaliurang Km. 14.5 Yogyakarta 55584
Telepon: (0274) 895287 ext. 119
Venitalitya Alethea S. A., S.T., M.Eng. : 081225779806
Dr. Dyah Retno Sawitri, S.T., M.Eng. : 085868198587
Email: magister.teknikkimia@uii.ac.id
Website: che.uii.ac.id
Instagram : @magister_tkuii

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 1 program diploma (D3), 3 program sarjana terapan, 26 program sarjana, 12 program magister, 5 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2022/2023 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
M.T. – Magister (S2)
Durasi Studi
4 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Gedung K.H. Mas Mansyur
Kampus Terpadu
Jalan Kaliurang KM 14,5
Sleman, Yogyakarta 55584
Akreditasi
Akreditasi Nasional :

Akreditasi Internasional :

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: