Magister Teknik (Teknik Sipil)

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
Program Studi Teknik Sipil Program Magister

Rekognisi Global Untuk Calon Engineer Sipil Profesional

Program Studi Teknik Sipil – Program Magister Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (PSTS-PM FTSP) UII didirikan untuk menjawab tantangan global yang terjadi. Era globalisasi memungkinkan tenaga kerja asing ikut berkompetisi dalam dunia kerja di Indonesia, sehingga penyediaan SDM milik bangsa yang mumpuni adalah suatu keharusan. Situasi ini membuka peluang yang besar bagi dunia pendidikan untuk ikut aktif memberi kesempatan pada dunia kerja (eksekutif dan profesional) menyiapkan diri bersaing ketat dengan mereka.

Appropriate technology dan efisiensi dalam pembangunan fisik sebagai sarana dan prasarana dalam pembangunan ekonomi di Indonesia memerlukan tenaga teknik yang berkualitas. Di samping itu, PSTS-PM FTSP UII juga merespon meningkatnya tuntutan masyarakat akan kebutuhan tenaga-tenaga akademik dan profesional di bidang konstruksi, mitigasi (penanggulangan) bencana, dan transportasi.

Prospek karier dari lulusan PSTS-PM FTSP UII sangat terbuka lebar di berbagai bidang dan instansi atau perusahaan terkait, antara lain di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), Badan Perencana Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Dinas Cipta Karya, Dinas Bina Marga, PNS Pemerintah Pusat/Daerah, Dosen, Guru SMK Teknik, Kontraktor, Konsultan Perencana, Konsultan Pengawas, Wiraswasta di Bidang Properti, dan bidang pekerjaan lainnya. Hingga akhir tahun 2019 PMTS FTSP UII telah meluluskan 438 alumni yang telah berkarya serta menduduki posisi dan jabatan strategis di berbagai instansi pemerintah maupun swasta terkemuka di berbagai wilayah di Indonesia.

Membayar biaya pendaftaran dan biaya seleksi sebesar Rp 500.000,- melalui Rekening UII Magister Teknik Sipil di Bank Mandiri Syariah Nomor: 7333222277 dan mengirimkan bukti pembayaran ke Sekretariat PSTS-PM FTSP UII secara langsung atau melalui faksimili: (0274) 896441 atau email: master.civil@uii.ac.id

PROSEDUR PENDAFTARAN

  1. Mengisi formulir pendaftaran secara manual, dengan prioritas secara online, melalui formulir yang dapat diunduh di master.civil.uii.ac.id
  2. Melampirkan berkas-berkas sebagai berikut:
    • Fotokopi Ijazah S1 yang telah dilegalisir sebanyak 2 (dua) lembar;
    • Fotokopi Transkrip Nilai S1 yang telah dilegalisir sebanyak 2 (dua) lembar;
    • Biodata (CV) disertai foto profil bebas santai ukuran 4×6 cm;
    • Pas foto terbaru ukuran 4 x 6 dan 3 x 4 masing-masing 2 (dua) lembar;
    • Fotokopi KTP dan KK masing-masing (satu) lembar;
    • Fotokopi Akte Kelahiran;
    • Surat ijin atau tugas belajar dari instansi yang mengusulkan bagi PNS;
    • Surat rekomendasi dari 2 (dua) orang yang ditujukan ke dosen pembimbing S1 dan atau atasan jika sudah bekerja;
    • Fotokopi sertifikat penghargaan atau prestasi yang pernah diraih.

POLA SELEKSI

Mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Bahasa Inggris di Cilacs UII (CEPT), dan Wawancara yang diselenggarakan oleh PSTS-PM FTSP UII sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Pola Seleksi Khusus:

Pada masa pandemi Covid-19, pola seleksi yang diterapkan secara online berdasarkan IPK S-1, Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi asal calon mahasiswa dan tes Bahasa Inggris secara daring.

Konsentrasi Biaya Pendidikan

Konsentrasi

Biaya Pendidikan

Manajemen Konstruksi (MK) Pembayaran biaya studi dilakukan setiap semester sebesar Rp 9.000.000

Total Biaya selama 4 semester sebesar Rp 36.000.000 (Paket studi normal selama 4 semester atau 2 tahun)

Manajemen Rekayasa Kegempaan (MRK)
Perencanaan & Teknik Transportasi (PTT)

Keterangan:
*) Biaya tersebut belum termasuk kuliah praktek/lapangan/laboratorium, perpanjangan masa studi, ujian pendadaran dan wisuda

Perpanjangan masa studi maksimal hingga 4 tahun

Universitas Islam Indonesia (UII) mendorong staf akademik/non-akademik dan mahasiswanya untuk berpartisipasi dalam kegiatan mobilitas internasional. Saat ini UII telah bermitra dengan lebih dari 100 lembaga di lebih dari 10 negara, oleh karena itu UII telah membuka akses kesempatan memperoleh pengalaman internasional untuk memperluas wawasan dan membuka peluang pengembangan karier di level internasional.

Kampus Terpadu UII, Gedung FTSP Lantai II, Sayap Barat

Jalan Kaliurang KM. 14,5, Sleman, Yogyakarta
Telp.: (0274) 896 441
FAX: (0274) 896 442
Email: master.civil@uii.ac.id
Website: master.civil.uii.ac.id
CP: Fenska (0898-5003-727)

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 4 program diploma, 24 program sarjana, 11 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2018/2019 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
M.T. – Magister (S2)
Durasi Studi
4 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Gedung Mohammad Natsir
Kampus Terpadu
Jalan Kaliurang KM 14,5
Sleman, Yogyakarta 55584
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯  Akreditasi B (BAN-PT)
Akreditasi Internasional :
❯  –

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: