Sarjana Ekonomi Islam

Fakultas Ilmu Agama Islam
Program Studi Ekonomi Islam Program Sarjana

Ambil Peran dalam Pembangunan Ekonomi, Keuangan,dan Perbankan Syariah

Program Studi Ekonomi Islam (PSEI) FIAI UII merupakan Prodi Ekonomi Islam pertama di Indonesia yang mendapatkan izin operasional dari Departemen Agama RI pada tahun 2003. Lulusan PSEI FIAI UII berpeluang menjadi akademisi, praktisi professional, pelaku usaha dan peneliti muda di bidang keuangan dan perbankan Islam, keuangan publik Islam dan Bisnis Islam. Desain pembelajaran dilaksanakan dengan pemanfaatan IT dalam suasana menyenangkan serta penekanan pada pembelajaran aktif sehingga terwujud  suasana akademik yang kondusif.

Dosen pengajar PSEI FIAI UII terdiri dari akademisi, praktisi, dan wirausahawan yang memiliki kualifikasi akademik yang diperoleh dari universitas yang terakreditasi, baik dari dalam maupun luar negeri yang sesuai dengan bidang keilmuannya.

Upaya dalam membentuk kompetensi yang sesuai kebutuhan dan standar dunia kerja baik internal dan eksternal termasuk tuntutan pasar kerja, PSEI FIAI UII dilengkapi dengan Pusat Kajian dan Konsultasi Ekonomi Islam (PK2EI), laboratorium Bank Mini dan Laboratorium Pasar Modal Syariah (Galeri Investasi Syariah) yang pertama di Indonesia. Selain itu, kerjasama dengan beberapa lembaga keuangan syariah, perusahaan dan instansi pendidikan baik didalam maupun luar negeri, memungkinkan mahasiswa untuk dapat terjun langsung ke dunia kerja melalui skema praktek kerja lapangan baik didalam maupun luar negeri.

Lulusan PSEI FIAI UII dapat berkarir di lembaga pendidikan, Lembaga pemerintah, maupun di industri keuangan syariah (perbankan syariah, pasar modal syariah, asuransi syariah, pegadaian syariah, koperasi syariah, OJK, serta DPLK Syariah), Lembaga Keuangan Publik (Dirjen Pajak, Organisasi Pengelola Zakat, NGO, dll)  serta Industri bisnis halal (Industri Pangan, Pariwisata, Hotel Syariah, Modest Muslim Fashion, UMKM, Media, Kosmetik, dan Agrikultur).

Pembelajaran di Masa Pandemi

Pendekatan pembelajaran berdasarkan pendekatan andragogi dengan pendekatan active learning yaitu suatu model proses pembelajaran yang menempatkan peserta didik sebagai orang dewasa. Substansi pembelajaran adalah pembelajaran yang menempatkan mahasiswa sebagai sumber belajar. Mahasiswa sebagai orang dewasa masuk kelas dengan membawa bekal pengetahuan dan pengalaman yang beragam. Mahasiswa datang bukan seperti
gelas kosong, tetapi telah membawa pengalaman hasil belajar pada masa yang sebelumnya. Pembelajaran secara online dilakukan dengan metode sinkron dan asinkron melalui media zoom cloud meeting, google meet, google classroom, Panopto, whatsapp, Instagram, youtube, quizzes, dan platform lain yang mendukung proses pembelajaran. Beberapa konten pembelajaran digital dapat diakses melalui youtube Prodi Ekonomi Islam UII: Disini

Perkembangan dunia usaha dan industri yang berbasis syariah masih sangat terbuka luas, seiring dengan munculnya tren produk syariah dalam berbagai bidang usaha dan industri, baik bidang perbankan syariah, asuransi syariah, pegadaian syariah, hotel syariah, bisnis syariah, DPLK Syariah, dan lain-lain. Belum lagi peluang kerja di sektor publik Islam yang potensi dananya juga luar biasa besar. Bahkan proyeksi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) dalam berbagai bidang ekonomi Islam hingga 10 tahun ke depan mencapai 547.800 orang. Di sinilah posisi strategis PSEI dalam melahirkan SDM Ekonomi Islam. Lulusan PSEI berpeluang menjadi praktisi profesional di bidang keuangan dan perbankan Islam dan keuangan publik Islam, pelaku usaha dan peneliti muda.

PENDAFTARAN & SELEKSI

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Indonesia untuk Program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) diselenggarakan melalui lima pola seleksi yaitu: Computer Based Test (CBT), Seleksi Berbasis Rapor (Siber), Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), dan Penelusuran Hafiz Alquran (PHA), Penelusuran Pemimpin Muda (PPM), PMB Bersama.

Informasi lengkap tentang persyaratan dan prosedur pendaftaran pola seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII dapat dilihat di situs web pmb.uii.ac.id

Perkiraan biaya studi untuk program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) pada Penerimaan Mahasiswa Baru UII Tahun Akademik 2021/2022 dapat dilihat di bawah ini:

Tabel perkiraan biaya studi memuat informasi perkiraan komponen biaya pendidikan dengan catatan sebagai berikut:

  1. Perkiraan biaya minimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma terendah pada program studi terkait ditambah nilai Uang Kuliah (Tetap dan Variable) pada program studi tersebut.
  2. Perkiraan biaya maksimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma tertinggi pada program studi terkait ditambah nilai Uang Kuliah (Tetap dan Variable) pada program studi tersebut.
  3. Nilai Catur Darma yang tercantum pada tabel tidak berlaku bagi pendaftar yang mengambil jalur seleksi Siber FK Mandiri dan CBT From Home FK Mandiri.
  4. Prediksi Masa Studi Non Eksakta 3,5 tahun dan Eksakta 4 tahun.
  5. Uang Kuliah (Tetap dan Variable) dibayar setiap tahun dan diangsur 4 kali.
  6. Untuk Program Studi Sarjana (S1), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya KKN, Skripsi, Pendadaran.
  7. Untuk Program Studi Diploma (D3), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya Tugas Akhir, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL.
  8. Khusus untuk Program Studi Sarjana (S1) Pendidikan Dokter, perkiraan biaya kuliah belum termasuk tarif KKN, Skripsi, Pendadaran, dan Biaya Tahap Pendidikan Klinik.
  9. Tarif KKN, Tugas Akhir, Skripsi, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL akan dihitung sesuai dengan tarif yang ditetapkan pada tahun pelaksanaan.
  10. Peraturan Rektor tentang Biaya Studi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022 dapat diunduh di laman admisi.uii.ac.id

Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam berkesempatan mengikuti perkuliahan dengan dosen tamu dari berbagai perguruan tinggi di Asia, pertukaran mahasiswa, magang dan/ atau praktek kerja lapangan di level internasional melalui program unggulan Prodi yaitu: PPL ASEAN (The SEA Teacher Project / the “Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia) sebagai presenter / delegasi aktif dari Prodi Ekonomi Islam UII, mahasiswa juga akan mendapatkan fasilitas (pendampingan dan pendanaan) untuk mengikuti berbagai forum ilmiah, kompetisi, dan konferensi baik di level nasional maupun internasional.

Situs web Program Studi Ekonomi Islam Program Sarjana, klik di sini.

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 4 program diploma, 25 program sarjana, 12 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2021/2022 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
S.E. – Sarjana (S1)
Durasi Studi
7 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Gedung K.H.A. Wahid Hasyim
Kampus Terpadu
Jln. Kaliurang km 14,5, Sleman, Yogyakarta 55584
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯  Akreditasi A (BAN-PT)
Akreditasi Internasional :
❯  –

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: