Sarjana Kedokteran

Fakultas Kedokteran

Dokter Bintang Lima Plus dari Universitas Islam Indonesia

Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) FK UII berdiri pada tahun 2001, berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 368/DIKTI/Kep/2001 dan telah memperoleh peringkat Akreditasi A, sesuai dengan SK BAN PT No. 024/BAN-PT/Ak-XV/S1/VIII/2012. PSPD FK UII sejak pertama kali berdiri sudah menyelenggarakan metode pembelajaran dengan sistem problem based learning dan pendekatan SPICES (student-centered, problem-based, integrated, community-based, elective, dan systematic).

Kurikulum di PSPD FK UII menggunakan kurikulum berbasis kompetensi sesuai rekomendasi Dikti dan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) serta telah disesuaikan dengan KKNI dan SNPTI. Kurikulum juga terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman dalam proses pendidikan yang merupakan keunggulan untuk mencetak dokter muslim dan mewujudkan visi rahmatan lil’alamin. Tujuan PSPD FK UII adalah sebagai berikut:

  • Mendidik dokter yang profesional, beramal ilmiah dan berilmu amaliah, ber-akhlakul karimah;
  • Mendidik dokter yang mampu berperan sebagai care provider, community leader, decision maker, manager, dan communicator
  • Mendidik dokter yang mampu memberikan pelayanan sebagai primary care doctor melalui pendekatan dokter muslim.

Pendidikan di Program Studi Pendidikan Dokter FK UII terdiri dari dua tahapan yaitu tahap pendidikan Sarjana Kedokteran (S.Ked) dengan satuan kredit semester total yang harus ditempuh sebanyak 148 SKS dan dilanjutkan tahap Pendidikan Klinik sebanyak 43 SKS. Kurikulum pendidikan klinik di PSPD FK UII diimplementasikan dalam 13 stase. Kegiatan belajar pada tahap pendidikan klinik meliputi Bed Side Teaching (BST), tutorial klinik, journal reading, manajemen kasus dan refleksi kasus.

Proses pembelajaran FK UII dilaksanakan di Kampus Terpadu UII dan di beberapa rumah sakit mitra pendidikan dan puskesmas yang tersebar di Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Setelah menyelesaikan tahap pendidikan klinik, sebagai exit exam mahasiswa harus mengikuti uji kompetensi Nasional baik CBT maupun ketrampilan (OSCE). Setelah lulus uji kompetensi Nasional maka mereka berhak mengikuti Sumpah dokter FK UII dan menyandang gelar dokter.

Dalam mendukung proses pembelajaran, PSPD FK UII memiliki berbagai fasilitas yang memadai dan representatif seperti ruang diskusi tutorial, ruang kuliah, perpustakaan lengkap, laboratorium keterampilan medis, OSCE centre, e-learning, layanan informasi online, serta rumah sakit pendidikan utama, afiliasi, dan jejaring.

Peluang Karier

Peluang karier untuk dokter sangat luas. Alumni PSPD FK UII banyak yang telah bekerja di berbagai bidang dan institusi baik sebagai dokter umum, dokter spesialis, dosen, peneliti, PNS, perwira karir TNI, dokter perusahaan. Lulusan dokter dapat meneruskan sekolah lanjut di banyak pilihan sesuai dengan jalur karir yang akan ditempuh.

Pendaftaran & Seleksi

PENDAFTARAN & SELEKSI

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Indonesia untuk Program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) diselenggarakan melalui empat pola seleksi yaitu: Computer Based Test (CBT), Paper Based Test (PBT), Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), dan Penelusuran Hafiz Alquran (PHA).

Informasi lengkap tentang persyaratan dan prosedur pendaftaran pola seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII dapat dilihat di situs web pmb.uii.ac.id

INTERNATIONAL PROGRAM

Khusus Pendaftar di International Program yang mendaftar melalui pola seleksi PSB dan PHA wajib melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang berupa CEPT dari CILACS UII (skor minimal 475), TOEFL®ITP (470), TOEFL iBT (52), atau IELTS (5,5).

Perkiraan Biaya Studi

Perkiraan biaya studi untuk program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) pada Penerimaan Mahasiswa Baru UII Tahun Akademik 2019/2020 dapat diunduh melalui pranala yang tersedia pada laman ini.

Tabel perkiraan biaya studi memuat informasi perkiraan komponen biaya dengan catatan sebagai berikut:
  1. Perkiraan biaya minimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma terendah pada program studi terkait ditambah nilai Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) pada program studi tersebut.
  2. Perkiraan biaya maksimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma tertinggi pada program studi terkait ditambah nilai Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) pada program studi tersebut.
  3. Nilai Catur Darma yang tercantum pada tabel tidak berlaku bagi pendaftar yang mengambil jalur seleksi PBT Mandiri.
  4. Prediksi Masa Studi Non Eksakta 3,5 tahun dan Eksakta 4 tahun.
  5. Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dibayar setiap tahun dan diangsur 4 kali.
  6. Untuk Program Studi Sarjana (S1), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya KKN, Skripsi, Pendadaran.
  7. Untuk Program Studi Diploma (D3), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya Tugas Akhir, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL.
  8. Khusus untuk Program Studi Sarjana (S1) Pendidikan Dokter, perkiraan biaya kuliah belum termasuk tarif KKN, Skripsi, Pendadaran, dan Biaya Tahap Pendidikan Klinik.
  9. Tarif KKN, Tugas Akhir, Skripsi, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL akan dihitung sesuai dengan tarif yang ditetapkan pada tahun pelaksanaan.

Mobilitas Global

Informasi Lebih Lanjut

Situs web Program Studi Kedokteran (Pendidikan Dokter), klik di sini.

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 4 program diploma, 24 program sarjana, 12 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2018/2019 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
dr. – Sarjana (S1)
Durasi Studi
7 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Gd. Soekiman Wirjosandjojo
Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia
Jalan Kaliurang KM. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯  Akreditasi A (BAN-PT)
Akreditasi Internasional :
❯  –

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: