Sarjana Pendidikan (Pendidikan Agama Islam)

Fakultas Ilmu Agama Islam
Program Studi Pendidikan Agama Islam Program Sarjana

Mengembangkan Program Studi dengan Nilai Islam Rahmatan Lil ‘Alamin

Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Indonesia (UII) bertujuan untuk mengembangkan para pembelajar menjadi insan ulil albab dalam bidang Pendidikan Islam. Kurikulum dirancang dengan menggunakan pendekatan outcome based education, merdeka belajar, dan mengacu pada kriteria Asean University Network Quality Assurance. Secara spesifik, lulusan Prodi PAI UII diarahkan untuk memiliki kompetensi sebagai pendidik, peneliti, dan edupreneur yang berkepribadian C4U (credible, capable, confident, communicative, dan uswah).

Untuk mempersiapkan tiga profil lulusan di atas, program studi ini melengkapi sistem perkuliahannya dengan menggunakan model blended learnig (online-offline), practice based learning, research based learning, project based learnig, problem based learning, dan contextual learning. Pengalaman micro-teaching dan real-teaching dengan skema regional, nasional, dan internasional akan memperkuat wacana dan pengalaman mahasiswa-mahasiswi menjadi bagian dari warga global.

Dalam menjalankan program dan aktivitasnya Prodi PAI UII mengoptimalkan beberapa unit pengembangan, di antaranya: Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam, Penerbitan El-Tarbawi, Learning Innovation Center, Madrasah Empowerment Center, Center for Student Service and Development, Islamic Film Progression, dan Hadroh Ash-shiba. Fasilitas laboratorium microteaching, studio pengembangan produk pembelajaran, dan laboratorium PAI yang dimiliki prodi ini juga menjadi pusat sumber dan media belajar mahasiswa dalam mengembangkan potensinya.

Dengan berbekal gelar S.Pd (Sarjana Pendidikan), karir lulusan Prodi PAI UII diarahkan untuk menjadi pendidik, peneliti, dan edupreneur dalam bidang pendidikan Islam.

PENDAFTARAN & SELEKSI

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Indonesia untuk Program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) diselenggarakan melalui lima pola seleksi yaitu: Computer Based Test (CBT), Seleksi Berbasis Rapor (Siber), Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), dan Penelusuran Hafiz Alquran (PHA), Penelusuran Pemimpin Muda (PPM), PMB Bersama.

Informasi lengkap tentang persyaratan dan prosedur pendaftaran pola seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII dapat dilihat di situs web pmb.uii.ac.id

Perkiraan biaya studi untuk program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) pada Penerimaan Mahasiswa Baru UII Tahun Akademik 2021/2022 dapat dilihat di bawah ini:

Tabel perkiraan biaya studi memuat informasi perkiraan komponen biaya pendidikan dengan catatan sebagai berikut:

  1. Perkiraan biaya minimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma terendah pada program studi terkait ditambah nilai Uang Kuliah (Tetap dan Variable) pada program studi tersebut.
  2. Perkiraan biaya maksimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma tertinggi pada program studi terkait ditambah nilai Uang Kuliah (Tetap dan Variable) pada program studi tersebut.
  3. Nilai Catur Darma yang tercantum pada tabel tidak berlaku bagi pendaftar yang mengambil jalur seleksi Siber FK Mandiri dan CBT From Home FK Mandiri.
  4. Prediksi Masa Studi Non Eksakta 3,5 tahun dan Eksakta 4 tahun.
  5. Uang Kuliah (Tetap dan Variable) dibayar setiap tahun dan diangsur 4 kali.
  6. Untuk Program Studi Sarjana (S1), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya KKN, Skripsi, Pendadaran.
  7. Untuk Program Studi Diploma (D3), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya Tugas Akhir, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL.
  8. Khusus untuk Program Studi Sarjana (S1) Pendidikan Dokter, perkiraan biaya kuliah belum termasuk tarif KKN, Skripsi, Pendadaran, dan Biaya Tahap Pendidikan Klinik.
  9. Tarif KKN, Tugas Akhir, Skripsi, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL akan dihitung sesuai dengan tarif yang ditetapkan pada tahun pelaksanaan.
  10. Peraturan Rektor tentang Biaya Studi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022 dapat diunduh di laman admisi.uii.ac.id
  1. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Internasional
  2. Seminar Internasional
  3. Pengabdian Internasional

Kunjungi media sosial Program Studi Pendidikan Agama Islam Program Sarjana UII:

Website: islamic-education.uii.ac.id
Instagram: @pai.uii
Twitter: @PaiUII
Facebook: TarbiyahFIAIUII
YouTube: Prodi PAI UII

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 4 program diploma, 25 program sarjana, 12 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2021/2022 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
S.Pd. – Sarjana (S1)
Durasi Studi
7 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Gedung K.H.A. Wahid Hasyim
Kampus Terpadu
Kampus Terpadu UII Jl. Kaliurang KM 14.5 Sleman Yogyakarta
Sleman, Yogyakarta 55584
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯  Akreditasi A (BAN-PT)
Akreditasi Internasional :
❯  

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: