Sarjana Pendidikan (Pendidikan Kimia)

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Rekognisi Global Untuk Calon Pendidik Kimia Profesional

Program studi S1 Pendidikan Kimia mendapatkan izin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Surat Keputusan Nomor 190/E/O/2014 tertanggal 1 Juli 2014 dan bernaung di bawah Fakultas MIPA UII. Prodi Pendidikan Kimia UII menawarkan proses pendidikan yang ditunjang dengan fasilitas lengkap dan staf pengajar yang berpengalaman. Prodi Pendidikan Kimia UII mempunyai keunggulan, yaitu pembelajaran sains berbasis aplikasi (Applied Based Learning) yang diimplementasikan bersama dengan nilai-nilai keislaman sehingga diharapkan dapat mencetak para pendidik kimia yang tidak hanya cerdas namun juga berakhlak mulia.

Tujuan utama dari Program studi Pendidikan Kimia UII adalah mendidik mahasiswa untuk menjadi guru sains yang kompeten pada pendidikan menengah dan sarjana. Kurikulum disusun untuk membantu mahasiswa mengembangkan pengetahuan kimia dan melatih mahasiswa untuk menjadi tenaga ahli dalam mengajar. Mahasiswa harus mengambil pelajaran untuk pendidikan umum, profesi guru, kursus dan praktek pengajaran untuk mendapatkan pengalaman dan persiapan menjadi guru kimia yang baik. Pengembangan penelitian bidang pendidikan kimia, maka mahasiswa harus mengambil kursus pengembangan prinsipprinsip dan metode pembelajaran kimia di sekolah termasuk untuk mengembangkan buku teks ilmu kimia, metode eksperimen dan kurikulum. Program studi Pendidikan Kimia UII juga menawarkan kursus lanjutan kimia fisik, kimia organik, kimia analitik, kimia anorganik dan eksperimen.

Program studi Pendidikan Kimia UII mempunyai laboratorium yang lengkap, yaitu laboratorium Pendidikan Kimia, laboratorium Komputasi, laboratorium Kimia (meliputi laboratorium Kimia Dasar, Kimia Organik dan Biokimia, laboratorium Kimia Fisika, laboratorium Kimia Analisis, laboratorium Kimia Anorganik, dan laboratorium Penelitian). Kelengkapan laboratorium juga didukung ruang koleksi buku (perpustakaan) yang cukup lengkap. Selain itu didukung oleh Pusat Studi Minyak Atsiri dan Elektroplating.

Peluang Karier

Lulusan Pendidikan Kimia dipersiapkan agar dapat menjadi agen penyebar informasi keilmuan kimia dan pendidikan karena telah mendapat pembekalan yang cukup selama masa kuliah. Lulusan sangat berpeluang untuk menjadi tenaga pendidik baik guru atau dosen di berbagai instansi, menjadi peneliti, menempuh studi lanjut pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan peran-peran lain di masyarakat. Lulusan Pendidikan Kimia memiliki karier yang beragam termasuk guru kimia pada pendidikan menengah dan sarjana, ilmuwan di lembaga penelitian, melanjutkan ke pascasarjana baik dalam maupun luar negeri.

Persyaratan

SYARAT UMUM

  • SMA atau setara, jurusan IPA dan IPS
  • Nilai minimal 7.5 (Jalur Penelusuran Siswa Berprestasi – PSB)

INTERNATIONAL PROGRAM

Khusus Pendaftar di International Program harus melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang berupa TOEFL®ITP, IELTS atau CEPT (dari CILACS UII) dengan skor minimal 450 untuk TOEFL, 454 untuk CEPT dan 4 untuk IELTS.

Komponen & Perkiraan Biaya Studi

KOMPONEN BIAYA STUDI
Biaya studi untuk program sarjana di UII terdiri atas beberapa komponen biaya sebagai berikut:

  1. SPP dibayar setiap tahun dan diangsur 4 kali, terdiri dari:
  • SPP tetap, dibayar pada Angsuran I dan III; dan
  • SPP variabel, dibayar pada Angsuran II dan IV.
  1. Dana Pengembangan, hanya dibayar pada tahun pertama, diangsur 4 kali pada Angsuran I, II, III dan IV.
  2. Dana Sistem Informasi/TI, dibayar 4 kali dalam setahun, pada Angsuran I, II, III dan IV selama 3 tahun
  3. Dana Pembinaan Mahasiswa, dibayar 4 kali dalam setahun, pada Angsuran I, II, III dan IV selama 3 tahun
  4. Dana Laboratorium, dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Fakultas TSP dan Fak.Teknologi Industri dibayar 4 kali dalam setahun, pada angsuran I, II, III dan IV selama 3 tahun
  • Dana Laboratorium Fak. Ekonomi, Fak. Hukum, Fak. Ilmu Agama Islam dan Fak.Psikologi & Ilmu Sosial Budaya dibayar 2 kali dalam setahun, pada angsuran I dan III selama 3 tahun
  • Dana Laboratorium Fak. MIPA dibayar 3 kali dalam setahun, pada angsuran I, II dan III selama 3 tahun
  • Dana Laboratorium Fakultas Kedokteran dibayar 4 kali dalam setahun, pada angsuran I, II, III dan IV selama 3,5 tahun
  1. Dana kemahasiswaan dan asuransi dibayar setiap tahun.
  2. Dana Catur Dharma, diangsur 4 kali pada tahun pertama. Nilai dana sesuai hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru.
  3. Biaya Kuliah Kerja Nyata (KKN), skripsi, dan ujian pendadaran (sesuai tarif yang berlaku).
  4. Additional Tuition Fee, khusus bagi mahasiswa International Program (IP).

PERKIRAAN BIAYA STUDI
Matriks dana Catur Dharma dan perkiraan biaya studi program diploma tiga dan sarjana di UII untuk tahun akademik 2018/2019 dapat diunduh melalui tautan di bawah ini:

>> Perkiraan Biaya Studi Program Diploma Tiga & Sarjana UII Tahun Akademik 2018/2019
>> Matriks Kelompok Ranking Nilai dan Dana Catur Dharma UII Tahun Akademik 2018/2019

Mobilitas Global

Fakultas Ekonomi menawarkan program gelar ganda (double degree) untuk pendidikan jenjang sarjana (S1) dengan beberapa perguruan tinggi mitra UII yaitu:

  • University of Queensland, Australia
  • University of Gloucestershire, Inggris
  • University of Bedfordshire, Inggris
  • Saxion University of Applied Science, Belanda
  • Nanjing Xiaozhuang University, Tiongkok

Informasi lebih lanjut tentang program gelar ganda silakan menghubungi Kantor Urusan Internasional UII di nomor telepon: 0274 898 410 atau surel: io[at]uii.ac.id

Informasi Lebih Lanjut

Situs web Program Studi Pendidikan Kimia, klik di sini.

Belajar Akuntansi di lnternational Program

Program Sarjana Akuntansi di Universitas Islam Indonesia juga ditawarkan di International Program (IP).
IP UII adalah kelas internasional yang diselenggarakan oleh program studi tertentu di UII dimana proses perkuliahan menggunakan bahasa asing (bahasa Inggris dan / atau Arab) sebagai bahasa pengantar.
Dapatkan informasi selengkapnya melalui tautan di bawah ini.

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 4 program diploma, 24 program sarjana, 11 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2018/2019 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
S. Pd. – Sarjana (S1)
Durasi Studi
7 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Gedung Prof. Dr. H. Zanzawi Soejoeti, M.Sc.
Fakultas MIPA UII
Kampus Terpadu Jalan Kaliurang Km. 14.5  
Sleman, Yogyakarta 55584  – Kotak Pos 75
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯  Akreditasi B (BAN-PT)
Akreditasi Internasional :
❯  –

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: