Sarjana Pendidikan (Pendidikan Kimia)

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi Pendidikan Kimia Program Sarjana

Rekognisi Global Untuk Educator Profesional

Pendidikan akan terus ada dan berkembang sepanjang sejarah peradaban manusia. Program Studi Pendidikan Kimia UII memiliki komitmen untuk berkontribusi secara nyata dan bermakna bagi dunia pendidikan. Program Studi Pendidikan Kimia mendapatkan izin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Surat Keputusan Nomor 190/E/O/2014 tertanggal 1 Juli 2014, bernaung di bawah Fakultas MIPA. Prodi Pendidikan Kimia UII menawarkan proses pendidikan yang ditunjang dengan fasilitas lengkap dan staf pengajar yang berpengalaman. Prodi Pendidikan Kimia UII mempunyai keunggulan, yaitu pembelajaran sains berbasis aplikasi (applied based learning) yang diimplementasikan bersama dengan nilai-nilai keislaman sehingga diharapkan dapat mencetak para pendidik kimia yang tidak hanya cerdas namun juga berakhlak mulia.

Kurikulum disusun untuk menyiapkan lulusan yang kompeten dan siap berkarir di tingkat nasional maupun internasional. Mahasiswa dibekali dengan berbagai matakuliah yang sesuai dengan tuntutan 21 st century skills termasuk juga kesempatan untuk melakukan praktik mengajar di luar negeri. Prodi Pendidikan Kimia UII memiliki fasilitas laboratorium yang lengkap dan canggih untuk pelaksanaan praktikum maupun penelitian. Penguatan kerjasama juga menjadi komponen penting dalam penyelenggaraan Pendidikan. Program Studi Pendidikan Kimia UII telah menjalin jejaring dengan berbagai instansi baik dari dalam dan luar negeri untuk pengembangan pendidikan yang bertaraf internasional.

Peluang Karier lulusan S1 Pendidikan Kimia:

  • Pendidik SMA/MA/SMK (Teacher) Nasional dan Internasional
  • Pegawai Komunitas Pendidikan (Community Education Officer)
  • Administrator Pendidikan (Education administrator)
  • Konsultan Pendidikan (Education consultant)
  • Widyaiswara
  • Learning mentor (Guru Tutor)
  • Private tutor (Guru Private)
  • Asisten Pendidik (Teaching Assistant)
  • Peneliti di bidang Pendidikan (Education Researcher)
  • Trainer di bidang Pendidikan
  • Pencipta konten di bidang Pendidikan (Content creator)
  • Pencipta Media Pembelajaran (Learning Media creator)
  • Pencipta Permainan berbasis pendidikan (Games based education creator)
  • Pengembang Bahan Ajar
  • Founder Bimbingan Belajar

PENDAFTARAN & SELEKSI

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Indonesia untuk Program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) diselenggarakan melalui lima pola seleksi yaitu: Computer Based Test (CBT), Seleksi Berbasis Rapor (Siber), Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), dan Penelusuran Hafiz Alquran (PHA), Penelusuran Pemimpin Muda (PPM), PMB Bersama.

Informasi lengkap tentang persyaratan dan prosedur pendaftaran pola seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII dapat dilihat di situs web pmb.uii.ac.id

Perkiraan biaya studi untuk program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) pada Penerimaan Mahasiswa Baru UII Tahun Akademik 2021/2022 dapat dilihat di bawah ini:

Tabel perkiraan biaya studi memuat informasi perkiraan komponen biaya pendidikan dengan catatan sebagai berikut:

  1. Perkiraan biaya minimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma terendah pada program studi terkait ditambah nilai Uang Kuliah (Tetap dan Variable) pada program studi tersebut.
  2. Perkiraan biaya maksimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma tertinggi pada program studi terkait ditambah nilai Uang Kuliah (Tetap dan Variable) pada program studi tersebut.
  3. Nilai Catur Darma yang tercantum pada tabel tidak berlaku bagi pendaftar yang mengambil jalur seleksi Siber FK Mandiri dan CBT From Home FK Mandiri.
  4. Prediksi Masa Studi Non Eksakta 3,5 tahun dan Eksakta 4 tahun.
  5. Uang Kuliah (Tetap dan Variable) dibayar setiap tahun dan diangsur 4 kali.
  6. Untuk Program Studi Sarjana (S1), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya KKN, Skripsi, Pendadaran.
  7. Untuk Program Studi Diploma (D3), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya Tugas Akhir, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL.
  8. Khusus untuk Program Studi Sarjana (S1) Pendidikan Dokter, perkiraan biaya kuliah belum termasuk tarif KKN, Skripsi, Pendadaran, dan Biaya Tahap Pendidikan Klinik.
  9. Tarif KKN, Tugas Akhir, Skripsi, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL akan dihitung sesuai dengan tarif yang ditetapkan pada tahun pelaksanaan.
  10. Peraturan Rektor tentang Biaya Studi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022 dapat diunduh di laman admisi.uii.ac.id

Situs web Program Studi Pendidikan Kimia, klik di sini.

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 4 program diploma, 25 program sarjana, 12 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2021/2022 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
S.Pd. – Sarjana (S1)
Durasi Studi
7 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Gedung Prof. Dr. H. Zanzawi Soejoeti, M.Sc.
Fakultas MIPA UII
Kampus Terpadu Jalan Kaliurang Km. 14.5  
Sleman, Yogyakarta 55584  – Kotak Pos 75
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯  Akreditasi B (BAN-PT)
Akreditasi Internasional :
❯  –

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: