Sarjana Statistika

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi Statistika Program Sarjana

Data Scientist dari UII untuk Hadapi Tantangan Pengelolaan Big Data

Program studi Statistika adalah program studi pertama di fakultas MIPA yang mempersiapkan lulusannya sebagai seorang yang ahli data (data scientist). Program studi Statistika UII telah mendapatkan akreditasi A berdasarkan SK BAN-PT No.3909/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2020. Program studi ini menerapkan kurikulum ENTHUSIASTICS  dengan konsentrasi Data Sains, Aktuaria, Bisnis dan Sosial, Industri serta Manajemen Kebencanaan. Era teknologi informasi saat ini mengakibatkan  ledakan data di setiap instansi dan industri baik dalam level nasional maupun internasional. Kebutuhan data scientist yang bisa mengumpulkan, mengolah, mengelola, menganalisa, menginterpretasikan dan menyajikan data masih sangat minim dibandingkan dengan kebutuhan yang diperlukan akibat banjirnya data tersebut. Seperti yang banyak dilansir di berbagai situs web pekerjaan terbaik dunia di tahun 2017, data scientist memiliki pendapatan tertinggi per tahun, karena seseorang yang terampil dalam statistika akan mempu ditempatkan diberbagai bidang. Data scientist sangat dihargai dalam analisa data untuk mengukur dan memprediksi keadaan perusahaan di masa mendatang berdasar data agar dapat diambil tindakan manajemen yang tepat dan menguntungkan bagi perusahaan.

Saat ini Program Studi Statistika UII menjadi trend setter dalam pengembangan kajian tentang analisis Big Data dengan menyelenggarakan workshop, pelatihan, konferensi internasional yang menghadirkan langsung perusahaan dan ahli dunia dalam Big Data seperti Google, Cloudera, UTM Big Data Center dan lainnya.

Lulusan Prodi Statistika memiliki peluang untuk mengembangkan kariernya sebagai tenaga ahli di bidang statistik. Alumni Statistika UII telah tersebar di berbagai profesi karier di berbagai instansi baik negeri maupun swasta seperti di Badan Pusat Statistik (BPS), Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Kementerian Keuangan, Kementerian Agama, Kementerian Perhubungan, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Badan Pengawas Teknologi Nuklir (BAPETEN), Badan Narkotika Nasional (BNN), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Perguruan Tinggi, Pemerintahan Daerah, Pertambangan, Perbankan, Perusahaan Asuransi, Lembaga Konsultasi, Industri, dan lain-lain.

PENDAFTARAN & SELEKSI

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Indonesia untuk Program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) diselenggarakan melalui lima pola seleksi yaitu: Computer Based Test (CBT), Seleksi Berbasis Rapor (Siber), Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), dan Penelusuran Hafiz Alquran (PHA), Penelusuran Pemimpin Muda (PPM), PMB Bersama.

Informasi lengkap tentang persyaratan dan prosedur pendaftaran pola seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII dapat dilihat di situs web pmb.uii.ac.id

Perkiraan biaya studi untuk program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) pada Penerimaan Mahasiswa Baru UII Tahun Akademik 2021/2022 dapat dilihat di bawah ini:

Tabel perkiraan biaya studi memuat informasi perkiraan komponen biaya pendidikan dengan catatan sebagai berikut:

  1. Perkiraan biaya minimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma terendah pada program studi terkait ditambah nilai Uang Kuliah (Tetap dan Variable) pada program studi tersebut.
  2. Perkiraan biaya maksimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma tertinggi pada program studi terkait ditambah nilai Uang Kuliah (Tetap dan Variable) pada program studi tersebut.
  3. Nilai Catur Darma yang tercantum pada tabel tidak berlaku bagi pendaftar yang mengambil jalur seleksi Siber FK Mandiri dan CBT From Home FK Mandiri.
  4. Prediksi Masa Studi Non Eksakta 3,5 tahun dan Eksakta 4 tahun.
  5. Uang Kuliah (Tetap dan Variable) dibayar setiap tahun dan diangsur 4 kali.
  6. Untuk Program Studi Sarjana (S1), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya KKN, Skripsi, Pendadaran.
  7. Untuk Program Studi Diploma (D3), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya Tugas Akhir, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL.
  8. Khusus untuk Program Studi Sarjana (S1) Pendidikan Dokter, perkiraan biaya kuliah belum termasuk tarif KKN, Skripsi, Pendadaran, dan Biaya Tahap Pendidikan Klinik.
  9. Tarif KKN, Tugas Akhir, Skripsi, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL akan dihitung sesuai dengan tarif yang ditetapkan pada tahun pelaksanaan.
  10. Peraturan Rektor tentang Biaya Studi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022 dapat diunduh di laman admisi.uii.ac.id

Universitas Islam Indonesia (UII) mendorong mahasiswanya untuk berpartisipasi dalam kegiatan mobilitas internasional. Saat ini UII telah bermitra dengan lebih dari 100 lembaga di lebih dari 10 negara, oleh karena itu UII telah membuka akses kesempatan memperoleh pengalaman internasional untuk memperluas wawasan di level internasional.

Situs web Program Studi Statistik Program Sarjana, klik di sini.

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 4 program diploma, 25 program sarjana, 12 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2021/2022 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
S.Stat. – Sarjana (S1)
Durasi Studi
7 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Gedung Prof. Dr. H. Zanzawi Soejoeti, M.Sc.
Kampus Terpadu
Jln. Kaliurang km. 14.5, Sleman, Yogyakarta 55284
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯  Akreditasi A (BAN-PT)
Akreditasi Internasional :
❯ 

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: