Sarjana Teknik (Teknik Elektro)

Fakultas Teknologi Industri
Program Studi Teknik Elektro Program Sarjana

Mencetak Talenta Unggul Teknik Elektro di Era Disrupsi

Listrik merupakan urat nadi teknologi modern. Teknologi telekomunikasi, automasi industri, robotika, artificial intelligent, maupun biomedis menjadi pilar utama industry 4.0. Kebutuhan talenta di bidang tersebut meningkat tajam di era disrupsi teknologi saat ini. Prodi Teknik Elektro Universitas Islam Indonesia berkomitmen mencetak talenta unggul di bidang tersebut agar mampu berkompetisi secara global.

Prodi Teknik Elektro telah terakreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) dan juga provisional accreditation dari Indonesian Accreditation Board of Engineering Education (IABEE). Hal ini menunjukkan Prodi Teknik Elektro setara dengan prodi sejenis dari perguruan tinggi negeri. Selain itu dengan akreditasi dari IABEE menunjukkan bahwa kurikulum dan proses pembelajaran telah mengikuti standar internasional yang ditetapkan oleh Washington Accord, menjadikan lulusannya diakui oleh negara lain.

Prodi Teknik Elektro membekali lulusan dengan teknologi pendukung industry 4.0 melalui empat bidang unggulan yaitu Sistem Ketenagalistrikan, Sistem Automasi dan Kendali, Sistem Telekomunikasi dan Sistem Biomedis. Proses pembelajaran didukung oleh tenaga pengajar dengan Pendidikan Doktor dan Master lulusan dalam dan luar negeri. Proses pembelajaran dilakukan secara komprehensif dengan praktik di enam laboratorium meliputi Laboratorium Sistem Ketenagaan, Laboratorium Automasi dan Kendali, Laboratorium Komputer dan Simulasi, Laboratorium Elektronika, Laboratorium Telekomunikasi
dan Laboratorium Dasar Teknik Elektro, serta Workshop Robotika.

Hard skills penting yang diberikan di Prodi Teknik Elektro meliputi pemrograman PLC Siemens dan Allen Bradley, SCADA, Instalasi Kelistrikan, perencanaan renewable energy dengan HOMER, elektronika daya, IoT, desain sistem automasi kendali dengan LabView, perencanaan telekomunikasi dengan EMONA, serta penggunaan peralatan biomedis seperti Electrocardiography, Electroencephalography maupun perangkat virtual reality (VR). Dengan kompetensi tersebut lulusan Prodi Teknik Elektro mampu bersaing di dunia kerja maupun mendirikan perusahaan.

Lulusan Prodi Teknik Elektro dapat bekerja sebagai engineer di bidang pembangkitan, transmisi dan distribusi tenaga listrik (contoh: PLN, Indonesia Power, PJB, Geodipa), engineer instrumentasi dan kontrol (contoh: perusahaan oil & gas), engineer telekomunikasi (contoh: Telkom, Telkomsel, Indosat), maupun engineer biomedis (contoh: Rumah Sakit, perusahaan medis). Tidak terbatas engineer, lulusan Prodi ini juga sudah menempati posisi strategis di pemerintahan, BUMN/BUMD, industri perbankan maupun wirausahawan.

PENDAFTARAN & SELEKSI

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Indonesia untuk Program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) diselenggarakan melalui lima pola seleksi yaitu: Computer Based Test (CBT), Seleksi Berbasis Rapor (Siber), Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), dan Penelusuran Hafiz Alquran (PHA), Penelusuran Pemimpin Muda (PPM), PMB Bersama.

Informasi lengkap tentang persyaratan dan prosedur pendaftaran pola seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII dapat dilihat di situs web pmb.uii.ac.id

Perkiraan biaya studi untuk program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) pada Penerimaan Mahasiswa Baru UII Tahun Akademik 2021/2022 dapat dilihat di bawah ini:

Tabel perkiraan biaya studi memuat informasi perkiraan komponen biaya pendidikan dengan catatan sebagai berikut:

  1. Perkiraan biaya minimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma terendah pada program studi terkait ditambah nilai Uang Kuliah (Tetap dan Variable) pada program studi tersebut.
  2. Perkiraan biaya maksimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma tertinggi pada program studi terkait ditambah nilai Uang Kuliah (Tetap dan Variable) pada program studi tersebut.
  3. Nilai Catur Darma yang tercantum pada tabel tidak berlaku bagi pendaftar yang mengambil jalur seleksi Siber FK Mandiri dan CBT From Home FK Mandiri.
  4. Prediksi Masa Studi Non Eksakta 3,5 tahun dan Eksakta 4 tahun.
  5. Uang Kuliah (Tetap dan Variable) dibayar setiap tahun dan diangsur 4 kali.
  6. Untuk Program Studi Sarjana (S1), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya KKN, Skripsi, Pendadaran.
  7. Untuk Program Studi Diploma (D3), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya Tugas Akhir, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL.
  8. Khusus untuk Program Studi Sarjana (S1) Pendidikan Dokter, perkiraan biaya kuliah belum termasuk tarif KKN, Skripsi, Pendadaran, dan Biaya Tahap Pendidikan Klinik.
  9. Tarif KKN, Tugas Akhir, Skripsi, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL akan dihitung sesuai dengan tarif yang ditetapkan pada tahun pelaksanaan.
  10. Peraturan Rektor tentang Biaya Studi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022 dapat diunduh di laman admisi.uii.ac.id

Fakultas Teknologi Industri menawarkan program gelar ganda (double degree) untuk pendidikan jenjang sarjana (S1) dengan beberapa perguruan tinggi mitra UII yaitu:

  • University of Queensland, Australia
  • University of Gloucestershire, Inggris
  • University of Bedfordshire, Inggris
  • Saxion University of Applied Science, Belanda
  • Nanjing Xiaozhuang University, Tiongkok

Informasi lebih lanjut tentang program gelar ganda silakan menghubungi Kantor Urusan Internasional UII di nomor telepon: 0274 898 410 atau surel: io[at]uii.ac.id

Situs web Program Studi Elektro, klik di sini.

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 4 program diploma, 25 program sarjana, 12 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2021/2022 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
S.T. – Sarjana (S1)
Durasi Studi
7 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Gedung K.H. Mas Mansyur
Kampus Terpadu
Jalan Kaliurang KM 14,5
Sleman, Yogyakarta 55584
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯  Unggul (BAN-PT)
Akreditasi Internasional :
❯  –

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below:

Gedung GBPH Prabuningrat (Rektorat)
Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia
Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

Telepon: +62 274 898444
Faks: +62 274 898459
Email: info[at]uii.ac.id

Akreditasi Institusi Unggul. Universitas Islam Indonesia telah mendapatkan Akreditasi Institusi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2021.