Sarjana Teknik (Teknik Mesin)

Fakultas Teknologi Industri
Program Studi Teknik Mesin Program Sarjana

Ruang Belajar bagi Engineer Masa Depan

Sejak tahun 2016, Prodi Teknik Mesin UII telah memperoleh status akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Capaian tersebut merupakan bukti komitmen Prodi Teknik Mesin UII pada perbaikan mutu berkelanjutan. Dengan berfokus pada bidang manufaktur, terutama pada kompetensi desain produk dan automasi industri, Prodi Teknik Mesin UII melakukan pengembangan secara terstruktur dalam penyusunan kurikulum yang menitikberatkan pada kemampuan analisis yang didukung oleh keterampilan aplikatif sesuai kebutuhan industri.

Disamping melengkapi fasilitas laboratorium standar yang wajib dimiliki oleh jurusan teknik mesin, Prodi Teknik Mesin UII juga mengembangkan laboratorium unggulan sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan seperti laboratorium CAD/CAM/CNC, Mekatronika, Sistem Produksi dan Sistem Manufaktur merupakan laboratorium yang sangat potensial dan telah terbukti mampu menghasilkan prestasi yang membanggakan.

Dengan menggandeng perusahaan Autodesk, DELCAM dan 3Design, mahasiswa dibekali dengan berbagai keterampilan desain yang sangat berguna sebagai bekal untuk terjun di dunia industri. Kemampuan mahasiswa di bidang ini telah terbukti dengan diraihnya penghargaan di tingkat Asia Oceania dalam lomba desain perhiasan maupun di tingkat nasional dalam lomba mobil listrik. Di bidang otomasi, mahasiswa juga telah membuktikan keunggulannya dengan menjuarai berbagai lomba robotika tingkat regional maupun nasional.

Untuk mendukung kompetensi lulusan, Prodi Teknik Mesin UII juga menjalin kerjasama dengan institusi dalam dan luar negeri, dalam bentuk kerja praktik, magang, tugas akhir dan penelitian. Kerjasama double degree dengan perguruan tinggi di lingkup ASEAN juga merupakan bukti langkah konkret program studi dalam meningkatkan kualitas lulusan dalam menghadapi persaingan global. Dengan dukungan tenaga pengajar bergelar doktor, kandidat doktor dan master dari universitas ternama di dalam dan luar negeri, Prodi Teknik Mesin UII siap untuk memberikan pendidikan dengan kualitas terbaik, sesuai dengan kompetensi lulusan yang dibutuhkan.

Peluang Karier

Lulusan Prodi Teknik Mesin UII dapat berprofesi sebagai Product Design Engineer, Manufacturing Engineer, Project Engineer, Research Engineer dan Technopreneur pada bidang kerja Industri Manufaktur, Otomotif, Proses, Pengolahan Pangan, Bangunan dan Konstruksi, Pertambangan, Jasa, Pembangkitan Tenaga, Institusi Pendidikan dan Penelitian serta instansi Pemerintah. Sebagian alumni Prodi Teknik Mesin UII telah mampu berkarier di mancanegara dan tak sedikit pula lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana di beberapa perguruan tinggi terkemuka, baik di dalam dan luar negeri.

Pendaftaran & Seleksi

PENDAFTARAN & SELEKSI

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Indonesia untuk Program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) diselenggarakan melalui empat pola seleksi yaitu: Computer Based Test (CBT), Paper Based Test (PBT), Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), dan Penelusuran Hafiz Alquran (PHA).

Informasi lengkap tentang persyaratan dan prosedur pendaftaran pola seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII dapat dilihat di situs web pmb.uii.ac.id

Perkiraan Biaya Studi

Perkiraan biaya studi untuk program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) pada Penerimaan Mahasiswa Baru UII Tahun Akademik 2019/2020 dapat diunduh melalui pranala yang tersedia pada laman ini.

Tabel perkiraan biaya studi memuat informasi perkiraan komponen biaya dengan catatan sebagai berikut:
  1. Perkiraan biaya minimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma terendah pada program studi terkait ditambah nilai Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) pada program studi tersebut.
  2. Perkiraan biaya maksimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma tertinggi pada program studi terkait ditambah nilai Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) pada program studi tersebut.
  3. Nilai Catur Darma yang tercantum pada tabel tidak berlaku bagi pendaftar yang mengambil jalur seleksi PBT Mandiri.
  4. Prediksi Masa Studi Non Eksakta 3,5 tahun dan Eksakta 4 tahun.
  5. Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dibayar setiap tahun dan diangsur 4 kali.
  6. Untuk Program Studi Sarjana (S1), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya KKN, Skripsi, Pendadaran.
  7. Untuk Program Studi Diploma (D3), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya Tugas Akhir, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL.
  8. Khusus untuk Program Studi Sarjana (S1) Pendidikan Dokter, perkiraan biaya kuliah belum termasuk tarif KKN, Skripsi, Pendadaran, dan Biaya Tahap Pendidikan Klinik.
  9. Tarif KKN, Tugas Akhir, Skripsi, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL akan dihitung sesuai dengan tarif yang ditetapkan pada tahun pelaksanaan.

Mobilitas Global

Fakultas Teknologi Industri menawarkan program gelar ganda (double degree) untuk pendidikan jenjang sarjana (S1) dengan beberapa perguruan tinggi mitra UII yaitu:

  • University of Queensland, Australia
  • University of Gloucestershire, Inggris
  • University of Bedfordshire, Inggris
  • Saxion University of Applied Science, Belanda
  • Nanjing Xiaozhuang University, Tiongkok

Informasi lebih lanjut tentang program gelar ganda silakan menghubungi Kantor Urusan Internasional UII di nomor telepon: 0274 898 410 atau surel: io[at]uii.ac.id

Informasi Lebih Lanjut

Situs web Program Studi Mesin, klik di sini.

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 4 program diploma, 24 program sarjana, 11 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2019/2020 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
S. T. – Sarjana (S1)
Durasi Studi
7 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Gedung K.H. Mas Mansyur
Kampus Terpadu
Jalan Kaliurang KM 14,5
Sleman, Yogyakarta 55584
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯  Akreditasi A (BAN-PT)
Akreditasi Internasional :
❯  –

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: