Sarjana Terapan Analisis Keuangan

Fakultas Bisnis dan Ekonomika
Program Studi Analisis Keuangan Program Sarjana Terapan

Mencetak Analis Keuangan yang kompeten, profesional, independen dan adaptif

Program Studi Analis Keuangan Program Sarjana Terapan UII merupakan program sarjana terapan unggulan yang bertujuan untuk menyiapkan lulusan profesional di bidang anlis Keuangan yang siap kerja, siap dikembangkan, bertakwa, berakhlak mulia dan menjalankan syariat Islam. Sebagai Lembaga Pendidikan jenjang Vokasi, Prodi Analis Keuangan Program Sarjana Terapan UII dituntut untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan industri dan menguasai keahlian terapan tertentu. Untuk itu, pengembangan kurikulum berbasis kompetensi yang mengacu pada KKNI dan SKKNI menjadi salah satu strategi yang dilakukan prodi sekaligus sebagai upaya mengakomodir era industri 4.0 dan financial technology bidang keuangan yang saat ini terus berkembang.
Dukungan tenaga pengajar yang bersalah dari akademisi dan praktisi yang handal dan berpengalaman di Bidang Keuangan menjadi keunggulan prodi disamping pembentukan dan pengembangan softskills mahasiswa melalui kegiatan diluar kampus. Fasilitas pendukung yang diberikan berupa laboratoriummini bank, laboratorium pembiayaan, laboratorium investasi, laboratorium komputer dan pendukung lainnya.

Lulusan Prodi Bisnis Digital memiliki keahlian khusus di bidang bisnis digital. Lulusan dapat bekerja sebagai:

  1. Analis Pembiayaan pada bank dan non-bank seperti perbankan, pasar modal, asuransi, pegadian dan lembaga keuangan lainnya,
  2. Analis Risiko pada bank dan non-bank seperti perbankan, pasar modal, asuransi, pegadian dan lembaga keuangan lainnya,
  3. Analis Investasi Syariah pada bank dan Non-Bank seperti perbankan, pasar modal, asuransi, pegadian dan lembaga keuangan lainnya; dan,
  4. Enterpreneur

Seleksi Berbasis Rapor (Siber)
Siber adalah pola seleksi penerimaan calon mahasiswa melalui seleksi berdasarkan nilai rapor siswa (Semester 1, 2, 3, 4, dan 5) pada mata pelajaran AGAMA, MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA, dan BAHASA INGGRIS. Nilai yang digunakan adalah Nilai Pengetahuan.

Ketentuan syarat tahun kelulusan untuk pendaftar Siber:

  1. Siber dibuka untuk pendaftar yaitu lulusan SMA/SMK/MA/Pondok Pesantren tahun 2022 dan sebelumnya (tidak ada batasan tahun kelulusan).
  2. Pendaftar Siber yang merupakan lulusan Pondok Pesantren tidak dikenai kewajiban adanya surat keterangan sedang/telah melaksanakan pengabdian.

Pendaftar dimohon untuk mencermati persyaratan masuk Prodi terkait dengan asal jurusan SMA/SMK/MA dan persyaratan tidak buta warna pada laman pmb.uii.ac.id/persyaratan

Jadwal Seleksi

Masa Pendaftaran dan Pengisian Data*
Gelombang I 14 Desember 2021 – 16 Januari 2022
Gelombang II 17 Januari 2022 – 28 Februari 2022
Gelombang III 01 Maret 2022 – 17 April 2022
Gelombang IV 18 April 2022 – 31 Mei 2022
Gelombang V 01 – 30 Juni 2022
Gelombang VI 01 – 24 Juli 2022
Verifikasi Isian Data dan Pengumuman Hasil Paling lambat 7 (tujuh) hari kerja setelah pendaftar selesai mengisikan data dan mengunggah dokumen
Pembayaran Registrasi (Uang Kuliah Angsuran I)** Paling lambat 20 (dua puluh) hari kalender dari tanggal pengumuman
Key In Data dan Unggah Dokumen Registrasi*** Paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalender dari tanggal pembayaran registrasi.
Gelombang VI: Paling lambat 5 Agustus 2022
Batas Waktu Pengunduran Diri**** 20 Juli 2022

*Pendaftar yang telah melakukan pembelian formulir tetapi tidak mengisi data dan mengunggah dokumen dinyatakan TIDAK LOLOS VERIFIKASI sekaligus TIDAK DITERIMA.
**Pembayaran paket uang kuliah angsuran pertama. Informasi detail dapat diakses pada laman pmb.uii.ac.id/registrasi.
***Mengisi data key in dan unggah dokumen untuk dapat mencetak Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Proses ini dilakukan secara daring, informasi lengkap dapat diakses pada laman pmb.uii.ac.id/registrasi.
****Panitia PMB UII tidak melayani pengunduran diri calon mahasiswa baru yang melewati tenggat waktu tanggal 20 Juli 2022. Info detail di laman pmb.uii.ac.id/undurdiri.

Syarat Pendaftaran

  1. Melakukan proses pendaftaran secara online di laman admisi.uii.ac.id. Proses ini dapat dilakukan di mana saja (tidak harus datang ke lokasi tes):
    • Bagi pendaftar yang belum memiliki Nomor Induk Utama (NIU), diwajibkan key in untuk memperoleh NIU UII. Pendaftaran NIU dapat dilakukan pada laman daftar.uii.ac.id.
    • Mengakses laman admisi.uii.ac.id untuk memilih pola seleksi Siber pada Menu “Beli Formulir”;
    • Memilih program studi (maksimal 3 Prodi);
    • Mendapatkan nomor tagihan.
  2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran Siber sesuai dengan nomor tagihan. Pembayaran formulir dapat dilakukan di semua kanal yang dilayani (kantor cabang, ATM, internet banking, atau mobile banking) oleh Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank BPD DIY, Bank Muamalat, dan Bank Bukopin. Informasi terkait pembayaran dapat diakses pada laman pmb.uii.ac.id/pembayaran-via-bank.
  3. Melakukan log in di admisi.uii.ac.id untuk mengisi data nilai rapor Semester 1, 2, 3, 4 dan 5 (Nilai Pengetahuan) untuk mata pelajaran yang disyaratkan. Pada tahap ini pendaftar juga wajib mengunggah scan halaman nilai rapor Semester 1, 2, 3, 4 dan 5 dalam format PDF, JPEG, PNG.
  4. Setelah pendaftar menyetujui komitmen atas kebenaran data yang diisikan dan dokumen yang diunggah, Panitia PMB UII akan melakukan tahap verifikasi atas isian data dan dokumen yang diunggah. Tahap verifikasi isian data sekaligus pengumuman hasil seleksi membutuhkan waktu paling lama 7 (tujuh) hari kerja setelah pendaftar selesai mengisikan data dan mengunggah dokumen.
  5. Pendaftar dapat melihat dan mengunduh pengumuman hasil seleksi Siber di laman admisi.uii.ac.id:
    • Bagi pendaftar yang tidak lolos tahap verifikasi isian data (ada kesalahan dalam mengisikan data nilai rapor atau pada dokumen yang diunggah) maka dinyatakan tidak lolos verifikasi dan tidak diterima.
    • Bagi pendaftar yang lolos tahap verifikasi dan dinyatakan diterima (skor seleksi memenuhi passing grade Prodi pilihan) dapat mencetak Surat Keputusan Rektor dan melanjutkan ke tahap Registrasi.
    • Bagi pendaftar yang lolos tahap verifikasi namun dinyatakan tidak diterima (skor seleksi tidak memenuhi passing grade Prodi pilihan) akan diberi rekomendasi Prodi-Prodi yang memiliki passing grade sesuai dengan penghitungan skor nilai rapor. Jika pendaftar memilih salah satu Prodi di fitur rekomendasi maka dapat melanjutkan ke tahap Registrasi. Rekomendasi ini merupakan tawaran dan bersifat optional (tidak wajib untuk diterima oleh pendaftar).

Komponen dan perkiraan biaya studi masih sama dengan biaya didiploma tiga, hanya saja untuk semester 7 dan 8 masih menunggu keputusan dari tim PMB Pusat.

Kerjasama dengan The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) Southeast Asia Technical and Vocational Education (SEA-TVET) dan Politeknik Negeri Sembilan (PNS) Malaysia yang ditindaklanjuti dengan adanya student exchange, Magang Internasional, seminar internasional, guest lecture dan Kegiatan internasional lainnya

Email: analisiskeuangan[at]uii.ac.id
Instagram: [at]analisiskeuanganfbeuii,
Kunjungi situs web Program Studi Analisis Keuangan Program Sarjana Terapan, klik di sini.

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 1 program diploma (D3), 3 program sarjana terapan, 26 program sarjana, 13 program magister, 5 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2022/2023 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
STr. E. – Sarjana Terapan
Durasi Studi
8 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Gedung Muhammad Adnan
Kampus Terpadu
Jalan Kaliurang KM 14,5
Sleman, Yogyakarta 55584
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯  A*

Akreditasi Internasional :
❯  –

*Alih status akreditasi dari Program Studi Perbankan & Keuangan Program Diploma (D3)

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below:

Gedung GBPH Prabuningrat (Rektorat)
Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia
Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

Telepon: +62 274 898444
Faks: +62 274 898459
Email: info[at]uii.ac.id

Akreditasi Institusi Unggul. Universitas Islam Indonesia telah mendapatkan Akreditasi Institusi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2021.