Sarjana Terapan Bisnis Digital

Fakultas Bisnis dan Ekonomika
Program Studi Bisnis Digital Program Sarjana Terapan

Sinergi Ilmu Bisnis dan Teknologi untuk Calon Professional dan Wirausahawan Muda

Program Studi Bisnis Digital adalah salah satu Program Sarjana Terapan di Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia, merupakan pendidikan vokasi yang memberikan keahlian khusus dalam rangka mendukung transformasi digital di bidang. Prodi Bisnis Digital memiliki kurikulum vokasi berbasis pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dengan berbagai metode pembelajaran seperti project-based learning, product-based learning, problem-based learning, case-based learning, dan lainnya. Kurikulum ini menjadi acuan dalam implementasi kurikulum yang mengedepankan kebaruan teknologi dan inovasi. Lulusan Prodi Bisnis Digital dipersiapkan untuk menjadi para profesional yang berpotensi siap kerja dan siap dikembangkan, dibekali dengan kompetensi dan keterampilan kewirausahaan, serta sertifikasi kompetensi berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Staf pengajar Prodi Bisnis Digital berasal dari akademisi dan praktisi yang berpengalaman dan tersertifikasi di bidangnya. Selain itu, fasilitas pendukung seperti galeri investasi dan laboratorium terintegrasi menjadi penunjang proses pembelajaran (Lab Ritel Syar’e Mart, Lab Business Game, dan Lab Sistem Informasi Manajemen), serta tersedianya berbagai macam beasiswa, baik internal maupun eksternal.

Lulusan Prodi Bisnis Digital memiliki keahlian khusus di bidang bisnis digital. Lulusan dapat bekerja sebagai:

  1. Manajer Fungsional Bisnis berbasis Digital pada bidang Pemasaran, Sumber Daya Manusia (SDM), Keuangan, dan Operasional pada sektor manufaktur, jasa, ritel, dan instansi serta perusahaan berbasis e-commerce yang berAkhlaqul karimah, Kreatif, melek Teknologi, Inovatif, dan KomunikatiF (AKTIF).
  2. Analis Bisnis Digital yang mampu mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi bisnis agar manajemen dapat beroperasi secara efektif dan efisien yang berAkhlaqul karimah, Kreatif, melek Teknologi, Inovatif, dan KomunikatiF (AKTIF).
  3. Wirausahawan Bisnis Digital yang mampu menciptakan bisnis solutif bagi masyarakat dan lingkungan yang berAkhlaqul karimah, Kreatif, melek Teknologi, Inovatif, dan KomunikatiF (AKTIF).

PENDAFTARAN & SELEKSI

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Indonesia untuk Program Sarjana (S1), Sarjana Terapan (D4), dan Diploma (D3) diselenggarakan melalui tiga pola seleksi yaitu: Computer Based Test (CBT), Seleksi Berbasis Rapor (Siber), dan Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB).

Informasi lengkap tentang persyaratan dan prosedur pendaftaran pola seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII dapat dilihat di situs web pmb.uii.ac.id

Perkiraan biaya studi untuk program Sarjana (S1), Sarjana Terapan (D4), dan Diploma (D3) pada Penerimaan Mahasiswa Baru UII Tahun Akademik 2024/2025 dapat dilihat di bawah ini:

Tabel perkiraan biaya studi memuat informasi perkiraan komponen biaya pendidikan dengan catatan sebagai berikut:

  1. Peringkat dana Catur Darma ditentukan berdasarkan hasil seleksi. Semakin tinggi peringkat dalam hasil seleksi, maka Dana Catur Darma yang dibebankan akan semakin rendah.
  2. Perkiraan biaya maksimal adalah hasil perhitungan dari nilai Dana Catur Darma tertinggi pada program studi terkait ditambah nilai Uang Kuliah (Tetap dan Variabel) pada program studi tersebut.
  3. Nilai Dana Catur Darma yang tercantum pada tabel tidak berlaku bagi pendaftar yang mengambil jalur seleksi Siber Kedokteran Mandiri dan CBT Kedokteran Mandiri.
  4. Prediksi Masa Studi Non Eksakta 3,5 tahun dan Eksakta 4 tahun.
  5. Uang Kuliah (Tetap dan Variabel) dibayar setiap tahun dan diangsur 4 kali
  6. Perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya Tugas Akhir, Pendadaran, PKL (D3), KKN (D4 & S1), dan Pendidikan Klinik Kedokteran.
  7. Tarif Tugas Akhir, Pendadaran, PKL (D3), KKN (D4 & S1), dan Pendidikan Klinik dihitung sesuai dengan tarif yang berlaku pada tahun pelaksanaan.

Beasiswa

Informasi lengkap tentang persyaratan dan prosedur pendaftaran beasiswa di Universitas Islam Indonesia dapat dilihat di situs web pmb.uii.ac.id/psb

Kerjasama dengan University Technology MARA (UiTM), Malaysia. Kerjasama ditindaklanjuti dengan beberapa kegiatan seperti seminar pemasaran, lecturers exchanges, dan Invention and Desain Competition (INDES).

Email: bisnisdigital[at]uii.ac.id
Instagram: [at]bisnisdigitalfbeuii,
Kunjungi situs web Program Studi Bisnis Digital Program Sarjana Terapan, klik di sini.

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 1 program diploma (D3), 3 program sarjana terapan, 26 program sarjana, 16 program magister, 6 program doktor, dan 4 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2024/2025 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
STr. – Sarjana Terapan
Durasi Studi
8 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Gedung Muhammad Adnan
Kampus Terpadu
Jalan Kaliurang KM 14,5
Sleman, Yogyakarta 55584
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯  Unggul*

Akreditasi Internasional :
❯  –

*Alih status akreditasi dari Program Studi Manajemen Program Diploma (D3)

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: