UII Sambut Mahasiswa Mancanegara dalam International Students Welcome Days 2025

Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menyambut 32 mahasiswa internasional dalam acara “International Students Welcome Days 2025” yang digelar pada Senin-Selasa (25-26/08) di Gedung Kuliah Umum, Prof. Dr. Sardjito, Kampus Terpadu UII. Acara yang turut dihadiri oleh jajaran pimpinan universitas dan fakultas mengusung tema Yogyakarta sebagai Kota Pelajar sebagai bentuk pengenalan kepada mahasiswa internasional akan budaya dan kehidupan sosial di Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Rektor UII, Fathul Wahid menyambut hangat mahasiswa internasional yang sekarang sudah menjadi bagian dari keluarga besar UII. Fathul berharap dengan hadirnya mahasiswa internasional mampu menjadikan UII sebagai tempat bersemainya beragam kebudayaan baik dari Indonesia dan mancanegara.

“Bagi saya ini krusial karena di masa depan ketika batas-batas di antara negara hilang, pemahaman lintas budaya menjadi sangat penting. Saya berharap kita punya kesempatan di UII untuk membuka diri dalam menerima dan memperluas wawasan, sehingga bisa lebih siap untuk menjadi warga global,” harap Fathul Wahid.

Lebih lanjut, di hadapan mahasiswa internasional, Rektor UII Fathul Wahid menjelaskan fungsi utama pendidikan sebagai upaya memberikan pemahaman yang akan mendukung proses pembelajaran mereka di UII. Fathul menekankan fungsi pertama pendidikan adalah kualifikasi yang membekali mahasiswa dengan kecakapan dan kompetensi yang diperlukan agar bisa berkontribusi nyata di tengah masyarakat.

“Fungsi kedua adalah sosialisasi. Pendidikan harus memberikan kita kesempatan untuk bersosialisasi, mengetahui lebih baik tentang norma, nilai, tradisi, konteks sosial dan politik yang berlaku. Dengan memahami konteks ini, kita dapat memperkuat empati, memperbaiki kemampuan komunikasi,dan lain sebagainya,” ungkap Rektor UII ini.

Kemudian, diteruskan lagi oleh Fathul Wahid, fungsi ketiga pendidikan sebagai bentuk subjektifikasi dengan menjadikan manusia sebagai aktor otonom yang mampu mengambil keputusan dengan semua pilihan yang sudah dipilih.

“Dengan semua kompetensi yang kita butuhkan, pendidikan akan membuka pintu untuk sosialisasi, untuk mengetahui lebih baik terkait konteks kehidupan, dan akhirnya pendidikan akan membuat kita sebagai aktor yang independen,” tegas Fathul Wahid

Kegiatan hari pertama Welcome Days 2025 ini dilanjutkan dengan info session sebagai penunjang mahasiswa internasional dalam proses pembelajaran untuk empat tahun ke depan. Sesi pertama diisi dengan materi sistem informasi dan akun surat elektronik mahasiswa yang disampaikan oleh staff IT Support Badan Sistem Informasi (UII), Reyhandri Muhammad Naufal, S.Kom. Sesi kedua terkait layanan akademik oleh Direktur Layanan Akademik (DLA) UII, Hudori, S.T., M.T., Ph.D.

Sesi selanjutnya disampaikan oleh Latifatul Laili, S.Psi., M.Psi., Psi terkait layanan pengembangan diri dan aktivitas mahasiswa. Kemudian, sesi informasi program mentoring dan aktivitas pengembangan agama Islam oleh Ust. Ahmad Sadzali, Lc., M.H. dan sesi terakhir disampaikan oleh Dr.rer.nat Dian Sari Utami, S.Psi., M.A sebagai Direktur Kemitraan/Kantor Urusan Internasional (DK/KUI) terkait kurikulum mahasiswa internasional dan aktivitas DK/KUI.

Tak kalah menarik, rangkaian Welcome Days 2025 pada hari kedua mahasiswa internasional mengikuti workshop terkait kebudayaan Indonesia khususnya Yogyakarta dan dilatih untuk melakukan percakapan sehari-hari dengan bahasa Indonesia oleh mentor dari Centre Learning Culture (CLC) UII.

Setelahnya, mereka diajak untuk berkeliling kampus UII dan menjelajahi kota Yogyakarta. Jelajah kota kali ini mereka berkeliling Malioboro, Benteng Vredeburg, Alun-alun Utara, dan Kraton Yogyakarta. Untuk menjadikannya lebih seru, mereka harus memecahkan beberapa teka-teki dan permainan tradisional yang mengasah ketangkasan dan konsentrasi.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa internasional bisa beradaptasi dengan  baik sehingga mereka dapat menempuh pendidikan secara maksimal sekaligus menjalani kehidupan sosial dengan lancar. (AHR/RS)