Website ibarat jendela bening sebuah rumah. Ketika orang lalu lalang melewatinya, mereka dapat melihat dengan jelas apa saja yang terdapat di dalam rumah itu. Begitu pun si empu rumah yang juga dapat memperlihatkan apa saja yang bisa ia tawarkan kepada khalayak di dalam rumahnya. Oleh karena itu, keberadaan website sangatlah penting dalam menampilkan sekaligus menjaga citra institusi saat ini.

Hal inilah yang digarisbawahi Rektor UII, Prof. Fathul Wahid, Ph.D ketika memberikan sambutan dalam helatan Virtual Awarding UII Website Appreciation 2020 yang disiarkan melalui kanal YouTube Universitas Islam Indonesia sejak Jum’at (13/11). UII Website Appreciation 2020 merupakan ajang apresiasi bagi para pengelola website di lingkungan UII. Event tersebut mulai digagas oleh Bidang Humas, Sekretariat Pimpinan UII di tahun ini. Penjurian berlangsung dari 20 Agustus-20 Oktober 2020.

Ditambahkan Fathul Wahid, kualitas website menjadi sangat penting, terlebih ketika pandemi mobilitas fisik menjadi serba terbatas. Untuk itu, ia memberikan apresiasi yang tinggi kepada pengelola website di lingkungan UII yang tak kenal lelah dalam membuat serta memutakhirkan konten di dalamnya.

“Selamat kepada semua pemenang UII Website Appreciation 2020, semoga Allah memberikan balasan terbaik dan meridhoi UII”, ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas UII, Ratna Permata Sari, MA menyampaikan lewat event ini pihaknya ingin memberikan apresiasi pada pengelola website di lingkungan UII yang telah membantu mempertahankan citra positif universitas.

“Semoga bisa memberikan inspirasi, semangat dan juga membuka perhatian bersama mengenai pentingnya kemutakhiran website sebagai garda depan perguruan tinggi”, imbuhnya.

Di sisi lain, ia juga menyebut bahwa pengelolaan dan pemutakhiran konten website bukanlah perkara mudah. Ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan pengelola website seperti pembaruan informasi dan juga artikel berita mengenai event yang akan dan telah berlangsung secara konsisten. “Selain itu, penataan tampilan muka website juga perlu menjadi perhatian khusus tak lain agar pembaca bisa lebih tertarik dan nyaman saat mengakses laman wesbite”, jelasnya.

Terdapat empat kategori penilaian yang diperlombakan di UII Website Appreciation 2020. Pada kategori penilaian website paling banyak dikunjungi, dibagi menjadi tiga sub kategori. Di sub kategori fakultas, predikat bronze winner diraih oleh Fakultas Kedokteran (FK), disusul oleh Fakultas Teknologi Industri (FTI) sebagai silver winner, dan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) sebagai gold winner.

Sedangkan di sub kategori jurusan dan prodi, gold winner diraih oleh Prodi Kimia S1, diikuti silver winner oleh Jurusan Teknik Industri, dan bronze winner oleh Jurusan Informatika. Selanjutnya di sub kategori unit, posisi bronze winner disabet oleh Direktorat Layanan Akademik (DLA), silver winner oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM), dan gold winner oleh Direktorat Pembinaan dan Pengembangan Agama Islam (DPPAI).

Kategori penilaian lainnya yakni website unit terfavorit. Posisi bronze winner diperoleh Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan, silver winner oleh DLA, dan gold winner oleh Badan Sistem informasi (BSI).

Adapun kategori website pembaruan konten terbanyak, Prodi Ilmu Komunikasi berhasil meraih gold winner, diikuti silver winner oleh Prodi Statistika, dan bronze winner oleh Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE).

Kategori penilaian terakhir yakni website dengan visual desain paling kreatif. Predikat gold winner dimenangkan Jurusan Informatika, silver winner oleh FBE, dan bronze winner oleh Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP).