Bangkitkan Semangat Cinta Tanah Air Lewat Tarian Nusantara

Mahasiswa Universitas Islam Indonesia yang tergabung dalam delegasi Provinsi Yogyakarta berhasil meraih Juara 1 Lomba Line Dance Parade Cinta Tanah Air (PCTA) Tingkat Pusat yang berlangsung pada (4-8/9) di Kantor Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Jakarta. Delegasi tersebut diwakili oleh Syahdan Dwi Rohmatulloh (UII), Irwan Hafid (UII), Sangga Hadi Pratama (UGM), Nabila Disya Paramesti (SMAN 8 Yogyakarta), dan Vainesha Dea Arianti (SMAN 8 Yogyakarta) yang merupakan pemenang PCTA pada tingkat provinsi.

Kegiatan tersebut diikuti serta dihadiri oleh perwakilan mahasiswa, pelajar SLTA/Sederajat, guru pembimbing, dan ketua alumni PCTA dari seluruh provinsi se-Indonesia. Adapun acara tersebut terdiri dari beberapa kegiatan, seperti lomba diskusi (bidang akademik), lomba line dance (bidang keterampilan/minat dan bakat), pengarahan Menteri Pertahanan RI, serta wisata Bela Negara.

Plt. Sekjen Kemhan, I Letjen TNI, Dr. I Wayan Midhio, M.Phil (mewakili menhan) dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan PCTA ini sudah rutin dilaksanakan oleh Kemhan setiap tahunnya sebagai upaya memberikan pemahaman terhadap generasi muda untuk lebih cinta tanah air dan mampu membela negara.

“Melalui kegiatan ini, semangat generasi muda Indonesia diharapkan mampu mengatasi pengaruh radikalisme, pengaruh negatif media sosial, dan ancaman Narkoba sebagai bagian cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, dan kemampuan awal bela Negara”, pungkasnya.

Ditambahkan amanat Isteri Menhan RI, Drg. Nora Tristyana, MARS., bahwa dewasa ini, perkembangan sosial media sangat mempengaruhi pola pikir dan perilaku anak muda Indonesia. Sehingga perlu ditanamkan kembali rasa cinta tanah air untuk memupuk semangat membela bangsa dan negara .

“Ibu mendoakan kalian para pemuda terpilih ini akan menjadi generasi penerus bangsa, pancasilais sejati, dan menjadi pemuda yang unggul yang dapat membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa pemenang,” tuturnya.

Sementara Irwan Hafid selaku perwakilan tim menyampaikan bahwa kegiatan PCTA ini sangat inspiratif dan bagus untuk diikuti oleh kalangan generasi muda dalam memberikan pemahaman cinta tanah air sejak dini kepada pelajar maupun mahasiswa.

“Dalam kegiatan ini kami menampilkan aneka ragam budaya tarian dan pakaian adat nusantara sebagai salah satu kebudayaan Indonesia yang patut dijunjung tinggi dan dilestarikan keberadaannya, diantaranya tarian ondel-ondel yang merupakan kebudayaan betawi”, papar Irwan Hafid kepada Humas UII. (IHD)