Sebanyak 22 mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) dari berbagai program studi nampak berbahagia. Pasalnya, mereka menjadi penerima Beasiswa Indonesia Cerdas BRI Tahun 2019. Penyerahan beasiswa senilai 105 juta dari bank plat merah tersebut berlangsung di Gedung Prof. Sardjito, kampus terpadu UII pada Senin (9/3). Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik & Riset UII, Dr. Drs. Imam Djati Widodo, M.Eng.Sc secara simbolis menerima plakat beasiswa dari Teguh Aribowo selaku Kepala Kantor Cabang BRI Cik Di Tiro Yogyakarta. Beasiswa diharapkan menjadi penyemangat untuk lebih berprestasi sekaligus memantik jiwa entrepreneur mahasiswa.

Imam Djati Widodo selain memberikan apresiasi kepada Bank BRI, juga menggarisbawahi pentingnya beasiswa untuk meringankan proses belajar mengajar mahasiswanya. Ia menyebut saat ini setidaknya terdapat 1.300 mahasiswa UII penerima beasiswa setiap tahunnya.

Dari jumlah tersebut, 440 beasiswa bersumber dari dana internal universitas. Sementara sisanya berasal dari para mitra eksternal UII. Oleh karenanya, ia berharap semakin banyak mitra eksternal yang mempercayakan dana beasiswanya kepada UII.

“Untuk itu kami selalu mendorong agar berbagai beasiswa ini menjangkau lebih banyak mahasiswa UII sehingga menjadi pemicu untuk lebih berprestasi”, imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan Teguh Aribowo bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus menyalurkan dana CSR Bank BRI secara berkesinambungan dalam bentuk beasiswa. “Semoga jumlahnya dapat terus meningkat setiap tahunnya”, ujarnya.

Di samping sebagai penyemangat belajar, ia ingin agar beasiswa semacam ini dapat menjadi “kail” yang memberdayakan mahasiswa penerima beasiswa. “Kami memiliki niatan agar beasiswa menjadi pemantik untuk menciptakan para sarjana yang berjiwa entrepreneur. Sehingga ketika lulus nanti mereka dapat berkarya, menciptakan lapangan kerja, memiliki kemandirian, serta kemapanan ekonomi”, pesannya.

Harapan itu bukan sekedar slogan, sebab Bank BRI menurutnya juga menciptakan inkubator bisnis bagi mahasiswa yang tertarik berwirausaha. “Bank BRI sedang serius mengembangkan Rumah Kreatif yang nantinya juga dapat diakses oleh mahasiswa penerima beasiswa serta para pelaku UMKM untuk meningkatkan kapasitasnya”, pungkasnya.

Di akhir acara, seluruh penerima beasiswa berfoto bersama pimpinan UII, Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan UII, serta perwakilan Bank BRI Yogyakarta.