Universitas Islam Indonesia (UII) menerima kunjungan dari Flinders University pada Rabu (10/7), di Gedung GBPH Prabuningrat UII. Dalam kunjungan tersebut, Flinders University dipimpin oleh Professor Vanessa Lemm selaku Vice President and Executive Dean of the College of Humanities, Arts and Social Sciences (HASS) Flinders University dengan tujuan untuk membicarakan rencana kerjasama internasional antara kedua institusi.

Kunjungan kali ini disambut hangat oleh Wakil Rektor Bidang Networking & Kewirausahaan UII, Ir. Wiryono Raharjo, M.Arch., Ph.D. Dalam sambutannya Wiryono Raharjo menyampaikan UII sebagai perguruan tinggi swasta nasional tertua di Indonesia selalu berupaya meningkatkan kerjasama hingga tingkat global sebagai langkah dalam internasionalisasi universitas. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan cara meningkatkan mobilitas akademisi ke berbagai negara.

Dengan adanya kunjungan ini, Wiryono Raharjo berharap dapat terjalin kerja sama yang dapat berlangsung dalam jangka panjang dan menghasilkan lulusan yang kompeten. “Merupakan suatu kehormatan bagi UII, menjalin kerjasama dengan Flinders University. Semoga dari diskusi kali ini dapat menghasilkan poin-poin penting dalam rencana kerja sama nantinya,” ungkapnya.

Kunjungan ke UII merupakan pengalaman pertama bagi Professor Vanessa Lemm. Ia mengungkapkan bahwa Flinders University merupakan salah satu universitas terbaik di Australia. Selain itu, Flinders University juga memiliki sejarah panjang dan menarik dengan Indonesia seperti diajarkannya Bahasa Indonesia kepada mahasiswa. “Hampir 40 tahun kami telah mengajarkan Bahasa Indonesia di kampus, bahkan kami memiliki pendopo yang sering digunakan mahasiswa dari Indonesia,” tuturnya.

Pertemuan dilanjutkan dengan sesi diskusi membahas rencana kerjasama, seperti program double degree, pertukaran mahasiswa hingga program pelatihan antar institusi.Ikut serta dalam diskusi kali ini yakni Senior Lecturer, College of HASS, Dr. Priyambudi Sulistiyanto, Direktur Direktorat Pemasaran, Kerjasama dan Alumni UII, Hangga Fathana, S.IP., B.Int.St., MA., Sekretaris Program Studi Hubungan Internasional UII, Karina Utami Dewi, S.I.P., M.A.

Selain itu juga tampak hadir Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni Fakultas Teknologi Industri, Dr. R.M Sisdarmanto Adinandra, S.T., M.Sc., Ketua Jurusan/Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Irma Windy Astuti, S.S., M.Hum., Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni Fakultas Psikologi dan Sosial Budaya, Dr.Phil. Dra. Emi Zulaifah, M.Sc., Owner Joglo Ayu Tenan, Yayuk Sukardan.

Usai pertemuan dengan pimpinan Universitas, Profesor Vanessa Lemm juga berkesempatan memberikan kuliah umum dengan tema Nietzsche and Politics. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Audiovisual Gedung GBPH Prabuningrat ini dihadiri kurang lebih 50 mahasiswa UII. (ENI/RS)