Jerawat adalah masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Kondisi ini umumnya ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada. Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat. Faktor internal di antaranya karena perubahan hormon, kondisi stres, dan kekurangan vitamin A. Sedangkan faktor eksternal meliputi produksi minyak berlebih di wajah, adanya sel kulit mati yang tidak dapat mengelupas sempurna, penyumbatan kotoran di wajah, pola makan tidak sehat, dan iritasi wajah.

Sebagaimana disampaikan Farah Khilma Yustica, mahasiswa UII yang kini tengah meneliti khasiat lengkuas merah untuk meredakan jerawat. Bersama dua orang rekannya, yakni Nur Intan Widiastuti dan Nava Sapitri, mereka berhasil membuat cream antibakteri dari minyak atsiri lengkuas merah. Penelitian yang kemudian diikutkan PKM bidang penelitian tersebut dibimbing oleh dosen Dhina Fitriastuti, S.Si., M.Sc.

Ditambahkan Farah Khilma Yustica, ide awalnya bermula pada saat praktikum minyak atsiri. Ia menyadari bahwa minyak atsiri memiliki banyak manfaat sehingga terbesit pikiran membuat cream acne yang berbahan dasar minyak atsiri.

“Lengkuas merah memiliki 2 senyawa utama yaitu senyawa β-Sesquiphellandrene dan β-Bisabolene. Kedua senyawa tersebut merupakan golongan terpenoid yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab acne. Sejauh ini masih belum ada yang membuat cream acne berbahan dasar minyak atsiri lengkuas merah” imbuhnya.

Ia tidak menampik bahwa jerawat selalu menjadi masalah klasik terutama pada wanita. “Jika tidak segera diatasi, timbulnya jerawat pada wajah tentu mengganggu penampilan. Bahkan jika jerawat semakin membesar akan sulit untuk ditutupi meskipun kamu memakai make up yang tebal. Namun ada cara ampuh dalam mengatasi jerawat yakni menggunakan lengkuas merah yang kami ekstrak menjadi cream acne”, terangnya.

Lengkuas merah mengandung terpenoid yang merupakan komponen obat herbal memiliki efek antibakteri. Sehingga efektif menghambat pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes dan Staphilococcus aureus serta mampu menghilangkan bekas jerawat. Cream ini juga diklaimnya lebih aman digunakan karena menggunakan bahan utama herbal yaitu lengkuas merah. (ESP)